Ternyata Manusia Masih Bisa Hidup Tanpa 7 Organ Dalam Ini

2 min read

Ternyata Manusia Masih Bisa Hidup Tanpa 7 Organ Dalam Ini

Manusia masih bisa hidup tanpa 7 organ dalam – mempunyai organ tubuh yang lengkap mulai kepala sampai kaki dan seluruh fungsinya normal pastinya sebuah anugrah dari sang maha kuasa yang wajib kita syukuri ya kawan, karena mempunyai mekanisme jam biologis dalam tubuh manusia di sepanjang hari dengan normal.
Nah, kalian pasti pernah berjumpa dengan seseorang yang masih dapat hidup tanpa kaki maupun tanpa tangan yang mana fungsi dari gerak bagian tubuh itu masih dapat digantikan perannya bagi bagian tubuh yang lain maupaun dengan menggunakan alat misalnya kursi roda, terapi biologi dll.

Ternyata Manusia Masih Bisa Hidup Tanpa 7 Organ Dalam Ini

Akan tetapi, bila manusia hidup dengan tanpa organ dalam misalnya hati, lambung, dll apakh ini masih bisa pula? Apa akan benar benar tak akan mengganggu siklus dari hidup manusia maupun tak akan memicu jenis hormon yang bisa menimbulkan stress pada manusia sebab fungsi dari organ tak tak normal? Maka pahami selengkapnya dalam artikel kali ini mengenai Manusia masih bisa hidup tanpa 7 organ dalam.

1. Limpa

Organ dalam yang ini terletak di bagian kiri perut ya kawan, lebih tepatnya ada di belakang bawah tulang rusuk kita. Sebab posisinya ini dekat dengan rusuk, manusia ternyata tetap dapat hidup dengan lumayan nyaman meski tanpa organ dalam limpa. Hal ini disebabkan organ dalam hati yang perannya dapat membantu fungsi imun tubuh, jadi perannya ini dapat digantikan oleh organ dalam lainnya.

Baca Juga :   Anatomi Dasar Dan Fisiologi Sistem Organ Tubuh Manusia

2. Lambung

Lambung manusia ini bisa diambil oleh dokter sebab efek dari kanker maupun trauma. Sebab lambung sudah diambil, sehingga dokter bedah ini akan menyambungkan bagian kerongkongan langsung menuju di usus kecil jadi manusia akan tetap dapat menjalankan kegiatan makannya serta mencernanya makanan.

3. Alat reproduksi

Organ dalam reproduksi wanita dan pria merupakan ovarium dan testis. Pengambilan organ dalam ini bisa disebabkan kanker maupun trauma yang lain. Tanpa organ dalam reproduksi yang ini, maka manusia baik wanita dan pria masih dapat hidup akan tetapi pastinya tak bisa menjalankan peran reproduksi maupun mempunyai keturunan.

4. Usus besar

Usus besar ini pastinya bisa menyerap air serta menyiapkan kotoran BAB sehingga menjadi padat ya kawan. Pengambilan usus besar ini misalnya seperti harus disertai dengan pola makan makanan dengan lembut jadi tak akan mengganggu proses saat kotoran BAB ini dikeluarkan.

5. Kantong empedu

Empedu diproduksi hati untuk dapat membantu memecahkan lemak. Empedu bisa saja diangkat saat manusia sudah menderita sakit mislanya seperti batu empedu dll, akan tetapi tidak ada kantong empedu itu. Hati masih dapat bekerja memecahkan lemak menggunakan organ dalam lainnya jadi manusia masih dapat hidup meskipun kantong empedunya ini sudah diambil.

6. Usus buntu

Di dalam sejumlah kasus penyakit, usus buntu pun perlu diangkat. Nah, kalian pasti sudha pernah mendengarkan tentang operasi usus buntu. Usus buntu ini bekerja menjadi tempat bakteri baik tersebut bila diambil tetap dapat memungkinkan manusia guna hidup karena bakteri baik yang terdapat di dalam tubuh dapat disimpan di dalam bagian usus lainnya.

7. Ginjal

Manusia normal pastinya memiliki 2 ginjal ya kawan, namun manusia tetap dapat hidup hanya dengan satu ginjal dan bahkan tidak menggunakan ginjal sama sekali. Ginjal manusia sudah gagal fungsinya, manusia masih tetap akan bisa hidup untuk menjalani dengan cuci darah dengan memakai mesin khususu serta dapat bertahan hidup kurang lebih 16 – 18 tahun ke depannya dan sesui dengan gaya hidup kesehariannya.

Baca Juga :   3 Proses Penyembuhan Luka (Inflamasi, Proliferasi dan Penyudahan) Beserta Penjelasannya Lengkap

Anatomi tubuh manusia

Anatomi tubuh manusia merupakan ilmu yang mengajarkan struktur tubuh manusia. Anatomi ini tersusun dari berikut ini :

1. Sistem rangka

Fungsi sistem rangka diantaranya untuk bergerak, menopang, lalu memberikan bentuk tubuh, melindungi sejumlah organ dan menjadi tempat melekatnya otot-otot.

2. Sistem otot

Sistem otot ini terdapat 3 jenis, yakni otot rangka terhubung tulang, otot polos dalam organ pencernaan, dan otot jantung dijantung perannya memompa darah.

3. Sistem peredaran darah

Sistem peredaran darah ini didukung jantung yang ukurannya sekepal tangan tertutup.

4. Sistem pencernaan

Sistem ini kelompok organ yang kerjanya menerima makanan, mengubah serta memroses makanan sebagai energi, menyerap zat gizi yang ada di makanan aliran darah dan membuang sisa makanan tersisa maupun tak bisa di cerna tubuh.

5. Sistem endoktrin

Sistem endoktrin ini yang akan mengeluarkan hormon di dalam darah. Kelenjar ini dikenadalikan dengan langsung ransgangan sistem saraf dan oleh reseptor kimiawi dalam darah serta hormon diproduksi kelenjar lain.

6. Sistem saraf

Organ ini bertangung jawab mengenai kendalinya tubuh serta komunikasi antara bagian lainnya.

7. Sistem pernapasan

Sistem ini menyediakan oksigen utnuk menuju sel tubuh sambil mengeluarkan karbondioksidan serta produk limbang yang dapat mematikan bila dibiarkan menumpuk.

8. Sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh ini menjadi pertahanan tubuh dari virus, bakteri serta patogen lainnya yang membahayakan dengan cara menjaga serta menyerang patogen itu.

9. Sistem limfatik
10. Sistem ekskresi dan ruinaria
11. Sistem reproduksi
12. Sistem integumen

Demikian tadi yang bisa penulis sampaikan, nyatanya banyak sekali ya keajaiban dari manusia sendiri. Manusia masih bisa hidup tanpa 7 organ dalam, salah satu contohnya adalah ginjal. Padahal ginjal ini penting sekali untuk tubuh kita. Oke kawan, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuannya, sampai jumpa.

Baca Juga :   Otot Jantung : Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya Terlengkap

Baca juga:

Ciri-Ciri Hewan Annelida Terlengkap Beserta Penjelasannya

5 Klasifikasi Teripang Secara Umum