Cara Dan Teknik Menguasai Gaya Renang Meluncur Untuk Pemula

1 min read

Cara Dan Teknik Menguasai Gaya Renang Meluncur Untuk Pemula

Teknik Menguasai Renang gaya Meluncur – pada artikel kali ini admin akan memberikan informasi mengenai teknik menguasai renang gaya meluncur untuk pemula. Agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Renang adalah salah satu dari olahraga yang sangat disukai oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Seperti yang kita ketahui renang sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga disarankan untuk melakukan renang minimal seminggu sekali. Bagi Anda yang baru saja belajar berenang, maka gaya yang paling penting di dalam renang dan juga merupakan teknik dasarnya yaitu adalah gaya renang meluncur.

Gaya renang meluncur adalah salah satu dari gaya yang paling dasar serta wajib untuk dikuasai terlebih dahulu sebelum Anda mengenal mengenai teknik teknik ataupun gaya dalam renang yang lainnya. Agar lebih mudah untuk memahaminya, maka Berikut ini adalah beberapa Uraian singkat mengenai cara melakukan gaya renang meluncur.

  • Yang pertama itu adalah berdiri dengan menempel serta membelakangi dinding pada kolam dengan posisi badan yang tegak lurus.
  • Kemudian salah satu kaki serta tempelkan telapak kaki tersebut pada bagian dinding kolam. Gunakanlah kaki yang dominan dikarenakan akan dipakai sebagai penolak ketika akan melakukan luncuran.
  • Lalu luruskan lengan ke arah atas hingga sejajar dengan telinga.
  • Selanjutnya Anda harus menarik nafas dalam-dalam serta Contohkan badan agak sedikit ke arah depan untuk bersiap meluncur.
  • Lakukanlah tolakan dengan memakai kaki yang menempel pada dinding kolam sambil mengangkat sedikit bagian pantat serta disusul dengan naiknya telapak kaki yang lainnya agar dapat menambah kekuatan tolakan pada dinding kolam.
  • Tolong badan ke arah depan dengan kedua kaki yang memberi meluruskan kedua lengan ke depan layaknya seperti sebuah peluru yang meluncur.
  • Biarkan tubuh anda meluncur ke arah depan sampai berhenti.
Baca Juga :   4 Jenis Plasmodium Penyebab Malaria - Pengertian, Siklus dan Pencegahan Malaria

Sudah balik berhenti meluncur, maka anda bisa melanjutkan gerakan yang lainnya ataupun berhenti dengan menurunkan kaki serta berdiri di dalam kolam titik sedangkan bagi Anda yang ingin melanjutkan gerakan yang lainnya kamu maka Berikut ini adalah beberapa gerakan lanjutan dalam gaya renang meluncur.

  • Yang pertama itu gerakan kaki ke arah atas serta kebawah secara bergantian.
  • Kemudian gerakan kaki seperti harus dilakukan dari pangkal paha.
  • Pada saat melakukan gerakan kaki, maka lemas dan kaki serta jangan mengangkat kaki dengan terlalu tinggi.
  • Lalu gerakan lengan secara bergantian agar dapat mendorong air supaya badan tetap dapat bergerak ke arah depan.
  • Lalu tarik tangan kanan ke arah bawah seperti mendorong air ke arah belakang Lalu disusul dengan mengangkat tangan yang satunya lagi seolah-olah ingin mendorong udara di atas air.

Demikian artikel kali ini yang menjelaskan mengenai teknik menguasai renang gaya luncur. Gaya renang meluncur adalah salah satu dari gerakan yang menyeimbangkan koordinasi badan di dalam renang sehingga sangat penting untuk menguasai gaya ini secara terlebih dahulu Apabila dibandingkan dengan gaya renang yang lainnya. Dengan anda yang menguasai gaya ini maka keseimbangan tubuh anda pun akan menjadi pelatih dengan sangat baik.

Sekian artikel kali ini semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna di dalam menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua. Terima kasih banyak atas kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel artikel bermanfaat yang lainnya, sampai jumpa dan salam olahraga.

Baca Juga :

Baca Juga :   Peraturan Renang Gaya Dada Menurut FINA