Teknik Dasar Senam Akrobatik, Penjelasan Lengkap

2 min read

Teknik Dasar Senam Akrobatik, Penjelasan Lengkap

Teknik Dasar Senam Akrobatik – pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai teknik dasar senam akrobatik yang akan dibahas secara lengkap dan juga jelas. Oleh sebab itu untuk lebih lengkapnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Senam Akrobatik

Senam akrobatik merupakan salah satu dari jenis senam yang mempunyai unsur-unsur keindahan di dalam gerakannya. Akrobatik sendiri berasal dari kata Yunani yaitu akrobateo yang memiliki arti berjalan berjinjit, menopang. Gerakan di dalam senam akrobatik memang penuh dengan unsur-unsur keseimbangan sehingga akrobatik menampilkan gerakan-gerakan yang sangat indah.

Agar dapat lebih mudah untuk memahaminya, maka Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa dari teknik dasar senam akrobatik.

Teknik Dasar Senam Akrobatik

Ayunan

Di dalam senam akrobatik banyak dipakai teknik ayunan yang tentunya begitu indah. Ayunan sendiri merupakan gerakan yang berbentuk lingkaran yang porosnya berada di luar area statis atlet senam. Ayunan dalam senam akrobatik ditentukan oleh seberapa besar tenaga oleh penyebaran berat badan di sekitar poros.

Putaran

Teknik dasar dalam senam akrobatik yang berikutnya yaitu adalah putaran, putaran merupakan suatu gerakan yang melingkar hanya saja porosnya internal. Gerakan putaran dalam senam akrobatik dapat dibedakan Yaitu sesuai dengan jenis porosnya, yaitu poros transversal, poros longitudinal dan juga poros medial. Semakin jauh gaya yang terjadi dari putaran dari porosnya, maka akan semakin lemah gaya putaran yang dihasilkannya.  putaran adalah salah satu dari teknik dasar yang paling sering digunakan dalam senam akrobatik.

Baca Juga :   Macam – Macam Gerakan Dasar Dalam Senam Irama

Pendaratan

Teknik pendaratan itu adalah teknik yang dipakai pada saat berhenti dari gerakan yang sebelumnya. Pendaratan dapat dilakukan dengan cara menggunakan kedua kaki,  tangan ataupun bagian tubuh yang lainnya. Terdapat dua hal penting yang perlu untuk diperhatikan di dalam melakukan proses pendaratan titik yang pertama yaitu adalah, pendaratan harus dilakukan dengan momentum yang mana waktu diserap hingga selama mungkin. Dan yang kedua itu adalah momentum pendaratan juga harus diserap dengan menggunakan bagian tubuh yang dominan dipakai ketika pendaratan.

Statis

Berikutnya itu adalah teknik dasar dari senam akrobatik yang selanjutnya yaitu teknik posisi statis. Posisi statis dapat dilakukan dengan cara berdiam diri supaya keseimbangan pada tubuh dapat tetap terjaga dengan baik :  posisi statis dapat dilakukan dengan menggantungkan ataupun bertumpu. Dalam melakukan teknik ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu diantaranya adalah:

  • Titik berat tubuh dengan tumpuan harus berada dalam jarak yang sedekat mungkin.
  • Ukuran dari dasar tumpuan harus cukup besar supaya semakin seimbang.
  • Titik pusat tubuh harus berada tepat pada pusat dasar tumpuan.

Tolakan

Untuk teknik tolakan dapat dilakukan dengan cara yaitu melontarkan tubuh atau diri ke udara. Teknik Ini kebanyakan dilakukan dengan menggunakan kekuatan kaki, akan tetapi ada juga yang dibantu dengan menggunakan ayunan tangan serta tubuh ke udara.  teknik tolakan akan dilanjutkan kemudian dengan teknik pendaratan.  Teknik ini juga harus sering dikombinasikan dengan gerakan-gerakan lain seperti berputar.

Demikian artikel kali ini yang menjelaskan mengenai teknik dasar senam akrobatik. Perlu Anda ingat bahwa senam akrobatik memerlukan latihan yang sangat ketat dan juga rutin agar dapat menghasilkan gerakan gerakan yang indah dan juga sempurna.  walaupun cukup sulit kamu akan tetapi senam ini masih sangat diminati sampai sekarang ini.

Baca Juga :   Macam – Macam Senam Lantai Yang Sering Dilakukan

Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna di dalam menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua jangan lupa untuk menyimak artikel bermanfaat yang lainnya Ya terima kasih.

Baca Juga :