Struktur Anatomi Mulut Manusia

3 min read

Struktur Anatomi Mulut Manusia

Struktur Anatomi Mulut Manusia – Mulut adalah salah satu anggota tubuh manusia yang memiliki peranan penting bagi kita. Dimana mulut ini merupakan rongga yang berada diantara bibir, pipi, lidah, tenggorokan serta langit-langit mulut. Jika kita amati mulut juga menjadi jalur keluar masuknya udara dan suatu pintu utama bagi makanan dan minuman yang akan masuk ke dalam tubuh. mulut dapat juga disebut sebagai rongga mulut yang berperan dalam aktivitas kita setiap harinya, utamanya untuk makan dan juga berkomunikasi. Mulut dapat berfungsi dengan baik atas bantuan bagian-bagian mulut yang dimulai dari giigi, bibir, lidah, langit-langit mulut dan juga pipi. Dikarenakan peran mulut cukup penting, maka tidak ada salahnya apabila mempelajari tentang Struktur Anatomi Mulut Manusia.

Anatomi Mulut

Sebenarnya apabila berbicara mengenai anatomi mulut, maka faktanya mulut dibagi menjadi dua bagian, yaitu mulut bagian depan (vestibule) dan mulut bagian belakang (posterior). Penjelasan dari masing-masing bagian akan diulas dibawah ini:

1. Anatomi Mulut Bagian Dalam

Rongga mulut bagian depan terletak diantara bibi, pipi, rahang dan gigi. Sekilas struktur mulut bagian depan ini hampir mirip seperti tapal kuda. Anda bisa dengan mudah melihatnya ketika bercermin. Maka ketika diamati elemen-elemen mulut yang terletak pada bagian depan, diantaranya bibir, gigi, gusi, dan juga lidah bagian depan. Bahkan dalam proses kerjanya rongga mulut pada bagian depan ini dilengkapi dengan otot yang disebut sebagai orbicularis oris. Otot tersebut membuat mulut dapat digerakkan dengan baik ketika dibuka ataupun ditutup, digerakkan kesamping kanana maupun kiri.

Baca Juga :   14 Fungsi Otak Pada Manusia Beserta Penjelasannya Terlengkap

2. Anatomi Mulut Bagian Belakang

Sementara Struktur Anatomi Mulut Manusia bagian belakang (posterior) terdiri dari beberapa bagian, yaitu langi-langit mulut, lidah, pipi, dan kelenjar ludah. Pada mulut manusia bagian belakang hampir sebagian besarnya diisi oleh lidah.

• Langit-langit mulut

Langit-langit mulut merupakan bagian rongga mulut yang terletak pada bagian belakang, terdiri dari langit-langit lunak (soft palate) dan langit-langit keras (hard palate). Langit-langit dengan tekstur yang keras memiliki fungsi untuk memisahkan rnongga mulut dengan rongga pernafasan. Pada bagian ini ditutupi oleh murkosa pernafasan dan murkosa mulut.
Sedangkan langit-langit yang memiliki tekstur lunak adalah perpanjangan dari langit-langit keras. Langit-langit lunak ini adalah suatu otot yang memiliki fungsi sebagai katup untuk menututpi oropharyngeal isthmus, pemisah rongga hidung bagian belakang (nasopharynx) dari bagian rongga pada saluran pencernaan dan pernafasan (oropharynx).

• Dasar mulut

Dasar mulut ini mempunyai beberapa struktur otot, yakni:

  1. Mylohyoid merupakan otot yang memiliki fungsi untuk mengangkat laring ketika menelan makanan.
  2. Geniohyoid adalah suatu otot yang memiliki fungsi sama dengan mylohyoid, yaitu mengangkat laring pada saat menelan makanan.
  3. Lidah merupakan organ yang dihasilkan oleh jaringan epitel, jaringan ikat, saraf serta otot rangka. Pada bagian lidah ini dilengkapi dengan bintik-bintik kecil yang disebut sebagai Papillae. Papillae berfungsi untuk merekatkan makanan pada saat dikunyah serta berfungsi sebagai indera perasa. Dimana terdapat rasa asam, manis, pedas dan pahit.
  4. Kelenjar liur/ludah merupakan kelenjar yangmemiliki fungsi untuk memproduksi air liur. Air liur/ludah merupakan cairan yang mempunyai tugas untuk melembabkan mulut dan membantu melumat makanan agar mudah untuk dicerna dan masuk ke dalam saluran pencernaan.

• Pipi

Pipi merupakan strukur rongga mulut pada bagian belakang yang terletak disamping kanan dan kiri rongga mulut. Bagian pipi ini diselimuti oleh selaput lendir. Dimana selaput lendir membuat pipi selalu basah dan juga licin.
Apabila diamati pipi terbentuk dari otot yang bernama buccinators. Otot buccinators tersebut yang ada pada pipi juga mempunyai peran penting yaitu menggerakkan bibir dan juga pipi. Ketika anda mengunyah makanan maka otot tersebut akan mengalami kontraksi. Dimana aktivitas ini mempunyai tujuan untuk menjaga makanan agar tetap berada diantara gigi pada saat sedang dikunyah.

Baca Juga :   Syndrome : Pengertian, Macam Macam dan Cirinya Lengkap

Sistem Saraf Mulut

Umumnya apabila berbicara mengenai anatomi mulut, maka tidak akan lepas dari pembahasan tentang sistem saraf yang ikut andil didalamnya. Hal ini dikarenakan apabila tidak ditunjang oleh beberapa saraf maka fungsi rongga mulut beserta isinya tidak akan berjalan secara optimal. Secara sensorik, rongga mulut didukung oleh saraf bernama trigeminal (CN V). dimana pada langit-langit mulutnya terdapat saraf CN V2 yang terdiri atas:

  1. Nasopalatine dan palatin (langit-langit keras)
  2. Serta lesser palatine pada langit-langit lunak.

Sedangkan lidah didukung oleh dua jenis saraf, yaitu saraf lingual dan saraf chorda tympani. Saraf lingual berperan dalam menjalankan fungsi ketika berbicara. Sedangkan chorda tympani berperan ketika menjalankan fungsi deteksi rasa. Saraf lingual menjadi bagian dari saraf trigeminal dan chorda tympani meruakan cabang dari saraf wajah atau disebut dengan CN VII.
Bagian mulut lainnya seperti pipi, akan ditunjang oleh saraf yang bernama saraf buccal. Saraf buccal adalah bagian dari saraf trigeminal, sama seperti saraf lingual.

Penyakit Mulut

Seperti halnya anggota tubuh lain apabila tidak dijaga kebersihannya maka dapat menimbulkan beberapa penyakit. Terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat mengintai mulut, dari yang bersifat ringan hingga berat bahkan daoat mengancam nyawa. Berikut beberapa penyakit mulut yang patut untuk diwaspadai adalah sariawan, infeksi mulut (herpes, oral thrush, dll), bibir peca-pecah, radang lidah, lichen planus, psoriasis, tumor lidah, serta kanker lidah.
Maka dari itu, harus dilakukan pembersihan mulut secara rutin agar terhindar dari berbagai macam penyakit tersebut. dengan cara rajin menggosok gigi sebanyak 2 kali sehari sehabis makan, ganti sikat gigi secara berkala, hindari rokok, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai Struktur Anatomi Mulut Manusia yang dapat kita pelajari agar menambah pengetahuan. Selain itu, untuk menghargai dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut agar terhindar dari penyakit.

Baca Juga :   5 Fungsi Kelenjar Getah Bening dan Pengertiannya Terlengkap

Baca juga:

Mempelajari Struktur Dan Fungsi Mata Secara Mudah

Pengertian Sukrosa