Sistem Saraf Pusat Manusia Dan Fungsinya

2 min read

Sistem Saraf Pusat Manusia Dan Fungsinya

Sistem saraf pusat manusia dan fungsinya – sistem saraf merupakan sebuah struktur yang terdiri atas sejumlah komponen neutron (sel saraf). sistem saraf dengan sistem hormone fungsinya saling memelihara fungsi tubuh. secara umum sistem saraf fungsinya mengatur, kontraksi otot, perubahan alat tubuh bagian dalam yang secara cepat berlangsung dengan kecepatan sekresi sejumlah kelenjar endoktrin. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai Sistem saraf pusat manusia dan fungsinya.

Pengertian Sistem Saraf

Sistem saraf ialah sebuah struktur yang terdiri atas sejumlah komponen neuron. Sistem saraf manusia mempunyai sifat untuk mengatur secara kompleks dan khusus. Sistem saraf dapat menerima jutaan rangsangan yang asalnya dari beragam organ. Seluruh rangsangan ini akan menyatu agar bisa menentukan respon apa yang diberikan tubuh. rangsangan ada yang asalnya dari luar tubuh yakni cahaya, suhu, gravitas, panas dan dingin. Sementara untuk yang asalna dari dalam tubuh misalnya rasa haus, nyeri, sakit, dan sebagainya.

Bagian Sistem Saraf

Sistem saraf terdiri atas jaringan saraf yang bersel padat serta ketat dan saling berhubungan. Walau menyeluruh, jaringan saraf Cuma terdiri atas dua jenis sel khusus, yakni neuron dan neuroglia.

1. Sel saraf neuron

Sel saran neuron ini merupakan sejumlah sel menyeluruh. Walau beragam sekali strukturnya, namun semua sel asaraf memiliki badan sel yang berfungsi penting sekali dalam sistem kerja saraf. neuron terdiri atas :

  1. Badan sel
    Badan sel disebut soma badan. Ukuran diameternya yakni 5 hingga 140 um.
  2. Dendrit
    Dendrit ialah perpanjangan maupun percabangan badan sel. Fungsinya menerima rangsangan , meluaskan area menerima signal sel saraf lain.
  3. Akson
    Akson akan diselubungi myelin. Akson fungsinya dapat mengantarkan ransgang dari maupun badan sel.
Baca Juga :   4 Bagian Bagian Telinga Luar Dan Fungsinya Lengkap

2. Fungsi saraf neuron

  • Neuron sensorik
    Neuron ini fungsinya menghantarkan impuls listrik mulai dari reseptor kulit, indera, organ, maupun saraf organ internal menuju ke CNS.
  • Neuron motoric
    Neuron ini fungsinya menyampaikan impuls dari CNS menuju efektor.
  • Interneuron
    Fungsinya untuk menghubungkan neuron sensorik serta motoric.

3. Badan saraf neuroglia

  • Astrocytes
    Sama dengan namanya, sel tersebut bentuknya mirip dengan bintang jadi mempunyai percabangan banyak. Astrocytes fungsinya untuk mengatur extracelluer neuron.
  • Microglia
    Microglia ini sel pendukung yang berukuran kecil sekali akan tetapi jumlahnya banyak di CNS. Sel tersebut sifatnya phagosit yang dapat memakan microorganism pengganggu serta sel saraf yang sudah mati.
  • Ependymal
    Ependymal ada di bentricle otak serta spinal cord.
  • Oligodendrit
    Oligodendrit mempunyai bentuk mirip dengan astrocytes, akan tetapi percabangannya cenderung seidkit. Fungsinya untuk membentuk selubung myelin di susunan saraf tepi.
  • Satelit sell
    Yakni sel pendukung yang ada di sekitar badan sel di susunan saraf tepi.
  • Schwan sell
    Fungsinya mempercepat penghantar signal di axon. Sambungan diantara dua sel schwan bernama nodes of ranvier.

4. Sistem saraf pusat

Ini isinya besar hingga sistem saraf terdiri atas otak serta sumsum tulang belakang. Dengan bersama sistem saraf parifer mempunyai peran fundamental di dalam control tingkah. SSP ialah yang terkandung di dalam dorsal rongga, otak dalam rongga tengkorak serta tulang belakang rongga.
Otak sumsum tulang belakang tersebut organ lunak sekali dan mempunyai fungsi penting di seluruh proses tubuh jadi memerlukan perlindungan. Selain dilindungai tengkorak serta ruas tulang belakang.

Lapisan Selaput Tulang Belakang

  1. Durameter
    Terdiri atas 2 lapisan paling luar akan menyatu dengan tengkorak menjadi endostium serta lapisan lainnya menjadi duramater mudah melepaskan dari tulang kepala. Diantara tulang kepala durameter ada rongga epidural.
  2. Arachnoidea mater
    Dikenal demikian sebab berbentuk mirip sarang laba-laba. Di dalamnya ada caoran yang bernama liquor cerebrospinalis, sejenis cairan limfa yang isinya sela membrane araknoid. Fungsi selaput ini menjadi bantalan dalam melindungi otak terhadap bahaya kerusakan mekanik.
  3. Piameter
    Lapisan paling dalam yang memiliki bentuk sesuai lipatan permukaan otak.
Baca Juga :   Hormon Kortikosteroid : Pengertian dan Fungsi Beserta Penjelasannya Lengkap

Saraf Otak

Otak ialah organ penting sekali dan mempunyai fungsi menyeluruh, misalnya kesadaran, kecerdasan, ingatan serta masih banyak lagi lainnya. besar otak ini sekitar dua genggam tangan beratnya kurang lebih 1500 g.

Bagian Saraf Otak

Adapun bagian dari saraf otak antara lain :

  1. Cerebrum
  2. Brainstem
  3. Dienchepalon
  4. Cerebellum

Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang ialah lanjutan dari medulla oblongata. Bagian tersebut akan terus melanjut di belakang hingga tulang belakang. Panjang sumsum tulang belakang kurang lebih 42 cm hingga 43 cm.
Sumsum tulang belakang terlindung oeh rongga tulang belakang serta terlapisi meninges. Ada 31 psang saraf spinal cord dibedakan mejadi 8 serviks, thoracic 12, lumbar 5, sacral 5 dan 1 di coccygeal.

Sistem limbic

Sistem ini letaknya ada dibagian otak tengah, yakni thalamus, celebral cortex, dan hypothalamus. Komponen limbic diantaranya thalamus, amigdala, hipotalamus, korteks limbic dan hippocampus.
Fungsinya menghasilkan perasaan, mengatur hormone, homeostasis, memelihara, rasa lapar, rasa haus, dorongan seks, metabolisme dan pusat rasa senang serta memorinya jangka panjang.

Itulah mengenai Sistem saraf pusat manusia dan fungsinya. selain diatas tadi masih ada dua lagi lainnya yakni Sistem saraf tepi dan sistem saraf otonom. Sistem saraf tepi adalah kumpulan saraf lanjutan dari otak seta spina cord. Sementara sistem saraf otonom dibagi menjadi dua saraf parasimpatik dan simpatik. Ia bisa bekerja yang membuat jantung serta pencernaan dll untuk dapat bekerja normal. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Macam-Macam Sel Saraf Dan Fungsinya

Pembahasan Penting Seputar Plotoplasma