Sistem Pernapasan Pada Ikan – Pengertian, Bagian, Bentuk, Fungsi dan Cara Kerja

2 min read

Sistem Pernapasan Pada Ikan dan Penjelasannya Lengkap

Sistem Penapasan Pada Ikan dan Penjelasannya – Sietem pernapasan dimiliki oleh semua makhlk hidup, tidak terkecuali dengan organisme air. Setiap makhluk hidup tentunya akan beradaptasi dengan lingkungan yang mereka tempati. Habitat ikan yaitu perairan serta menurut evolusi, perairan merupakan habitat pertama kali terbentuknya semua kehidupan. Seperti halnya organisme lain ikan harus memenuhi kebutuhan energy untuk melengkapi metabolisme di dalam tubuhnya. Organisme yang satu ini, yaitu ikan merupakan organisme aerob yang mana membutuhkan oksigen dalam proses pembentukan energy (respirasi aerob). Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai Sistem Penapasan Pada Ikan dan Penjelasannya.

Sistem Pernapasan Pada Ikan - Pengertian, Bagian, Bentuk, Fungsi dan Cara Kerja

System pernapasan yang terdapat pada ikan sering kita kenal sebagai insang. Insang yang dimiliki oleh ikan mempunyai fungsi sebagai pengikat oksigen dan mengaluarkan karbondioksida sebagai proses respirasi. Organ insang ini berhubungan langsung dengan pembuluh darah yang mana memungkinkan terjadinya pertukaran langsung antara oksigen dan karbondioksida. Letak insang pada ikan yaitu berada di dua sisi tubuh ikan bagian depan. Insang ini merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh ikan yang terdiri dari gill filament atau lembaran insang yang terstruktur serta mempunyai permukaan yang luas untuk menyerap oksigen.

Transfer gas pernafasan yang terdapat pada ikan dilakukan melalui epitel khusus yaitu lamella dan filament insang yang epithelium respiratorik. Epitrium sangatlah tipis dengan ukuran yang dapat menyesuaikan. Biasanya ada 4 lembar insang yang terdapat pada setiap sisi tubuh, bahkan terdapat beberapa spesies yang memiliki 6-7 lembaran insang.

Baca Juga :   Jenis Hewan yang Memiliki Sidik Jari Seperti Manusia

Bagian-Bagian Insang

Terdapat beberapa bagian yang umumnya menyusun insang ikan, diantaranya yaitu:

  1. Lengkung insang tersusun dari tulang rawan
  2. Rigi-rigi insang yang letaknya di depan lengkung insang. Rigi insang ini tersusun oleh beberapa tulang dan berfungsi untuk menyaring air.
  3. Susunan yang ketiga yaitu lembaran insang yang terletak dibelakang bagian lengkung insang. Lembaran ini umumnya berwarna merah dikarenakan mengandung pembuluh darah. Pada setiap lembaran insang memiliki filament dan setiap filamennya terdiri dari banyak lebaran tipis atau disebut lamella.

Bentuk Insang

Pada umumnya terdapat dua macam bentuk insang pada ikan yang disesuaikan dengan jenisnya:

  1. Insang dengan operculum atau tutup insang. Insang jenis ini umumnya ditemui pada ikan bertulang sejati (Osteichthyes) misalnya seperti gurame, bandeng dan lain sebagainya. Operculum itu sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu Opercle, interopercle, preopercle dan subopercle. Dalam menjaga air dan oksigen agar tidak keluar kembali pada saat proses respirasi serta untuk menjaga tekanan air diperankan oleh bagian posterior operculum.
  2. Insang tanpa tutup atau operculum. Insang jenis ini umumnya dimiliki oleh ikan bertulang rawan atau condrichthyes seperti hiu dan juga pari. Pada jenis insang ini terdapat suatu struktur khusus yang biasa disebut dengan septum interbranchiale. Septum ini merupakan jaringan ikat dan otot yang terletak diantara tiap lembaran insang.

Fungsi Insang

Umumnya insang berperan langsung dalam proses respirasi sebagai alat pertukaran oksigen dan karbondioksida. Namun, perlu anda ketahui bahwa selain sebagai fungsi sebagai alat pertukaran insang juga memiliki beberapa fungsi diantaranya:

  1. Berperan dalam mengatur keseimabangan asam basa
  2. Mengatur regulasi ion
  3. Eksresi nitrogen
  4. Menyaring makanan

Ketika air tercemari oleh polutan lingkungan seperti ammonia, logam berat, nitrit, pestisida, atau zat berbahaya lainnya akan mengganggu proses pernapasan pada ikan. Bahkan ada juga yang mengakibatkan tubuh ikan teracuni yang kemudian ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia. Selain itu insang pada ikan juga dapat terkontaminasi oleh bakteri yang dapat merugikan manusia.

Baca Juga :   Sistem Pernapasan pada Ikan Bertulang Sejati dan Penjelasannya

Cara Kerja Insang

Selain System Penapasan Pada Ikan Dan Penjelasannyaberikut ini cara kerja insang yang perlu diketahui:

  1. Proses pernapasan pada ikan di awali dengan membukanya mulut ikan yang kemudian tertutupnya operculum. Air yang kaya akan oksigen akan terdorong ke dalam mulut ikan dan masuk melalui insang.
  2. Molekul-molekul oksigen akan ditangkap oleh haemoglobin pada jaringan pembuluh darah dalam insang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh ikan.
  3. Karbondioksida dan buangan dari hasil respirasi lainnya juga akan dilepaskan melalui insang.
  4. Selanjutnya ikan akan menutup mulutnya dan membuka tutup insang kemudian air akan mengalir melalui insang.

Alat Bantu Pernapasan Pada Ikan

Terdapat beberapa ikan yang mempunyai alat bantu pernapasan, yaitu sebagai berikut:

1. Labirin

Labirin merupakan salah satu jenis alat bantu pernapasan pada ikan yang mana tidak dimiliki oleh semua ikan. Labirin dapat diartikan sebagai perluasan insang pada bagian atas yang memiliki bentuk lipatan serta membentuk rongga yang tidak beraturan. Contoh ikan yang memiliki labirin, yaitu ikan lele dan ikan gabus.

2. Arborescene

Arborescene merupakan struktur tambahan yang terdapat pada ikan lele, gurame atau ikan nila yang memiliki warna merah dengan bentuk seperti bunga karang. Struktur ini dapat membantu ikan untuk bernapas pada lingkungan yang memiliki kadar oksigen rendah.

3. Diverticula

Struktur tambahan ini dimiliki oleh ikan yang hidup di daerah tropis yaitu ikan gabus (Channa striata) yang umumnya terletak pada daerah pharynx.
Beberapa jenis ikan mempunyai alat bantu pernapasan yang disebut dengan gelembung renang kecuali ikan hiu, dan ikan yang hidup di arus deras.

Demikian pembahasan mengenai Sistem Penapasan Pada Ikan dan Penjelasannya. Dengan begitu kita dapat mengetahui bahwa insang merupakan bagian tubuh terpenting pada ikan. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi.

Baca Juga :   Reptil Klasifikasi Lebih Rendah : Pengertian, Ciri dan Klasifikasinya Lengkap

Baca juga:

Senyawa Tumbuhan Untuk Bahan Obat farmasi

Proses Pertumbuhan Tanaman Padi Mulai Dari Penyebaran Benih