Sistem Hormon pada Mamalia

2 min read

Sistem Hormon pada Mamalia

Sistem Hormon pada Mamalia – Tak jauh berbeda dari manusia, hewan juga tentunya memiliki berbagai jenis hormon dalam tubuhnya dan yang juga memiliki sistem tersendiri. Nah, adapun materi yang akan kita bahas pada postigan kali ini yaitu mengenai Sistem Hormon pada Mamalia. Berikut ini adalah penjelasannya yaitu.

1. Apa Itu Hewan Mamalia

Hewan mamalia merupakan sejenis hewan vertebrta yang memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya serta juga mengasuhnya dalam waktu tertentu sebelum nantinya akan memiliki kehidupan sendiri. Mamalia ini merupakan hewan yang tertinggi tingkatannya dibandingkan dengan hewan yang lainnya. Tubuhnya sendiri tertutup oleh rambut kulit banyak mengandung kelenjar ( sebasea / kelenjar minyak , sudorifera / kelenjar keringat , bau dan juga susu / glandula mammae ) yang bermanfaat untuk peranan mamalia bagi kehidupan.

Mamalia memiliki empat anggota gerak yang berupa kaki untuk masing – masing kaki memiliki jari 5. Lalu memiliki jantung yang terdiri atas empat ruang yang sempurna. Pernapasanya juga berlangsung dengan menggunakan paru – paru. Sistem eksresi menggunakan ginjal, kulit dan juga paru – paru. Untuk hewan jantan memiliki alat popilasi berupa penis dan wanita memiliki vagina.

2. Sistem Hormon Pada Mamalia

Di dalam tubuh mamalia terdapat begitu banyak jenis hormon. Hormon atau kelenjar seperti hipofisis memiliki peran sebagai kelenjar penguasa karena kelenjar hipofisis ini mampu mengkoordinasikan berbagai fungsi kelenjar endokrin yang lainnya.

Baca Juga :   Alat Pernapasan Kepiting Paling Lengkap

Kelenjar pineal merupakan struktur atau kelenjar kecil yang ada pada otak hewan vertebrata yang akan menghasilkan beberapa hormon seperti melatonin. Melatonin merupakan suatu turunan dari asam amino tryptophan. Sedangkan pada masa kehamilan hewan mamalia ini, plasentanya juga bertindak sebagai suatu kelenjar endokrin yang konon sebagai penghasil hormon pada umumnya.

3. Pengelompokan Hewan Mamalia

Hewan mamalia diklasifikasi kedalam beberapa ordo, diantaranya sebagai berikut :

– Ordo Marsupialia

merupakan hewan mamalia yang betinanya memiliki kantung (marsupium) pada bagian perutnya. Kantung tersebut digunakan ialah sebagai tempat menyimpan anak yang baru lahir ke muka bumi terutama bagi yang lahir dalam keadaan yang prematur. Contoh hewan mamalia yang termasuk kedalam ordo Marsupialia adalah kangguru (Dendrolagus sp), opossum (Didelphia marsupialia), kuskus (Phalanger sp), dan koala (Phascolarctus sp).

– Ordo Insektivora

merupakan golongan mamalia yang menjadikan hewan serangga sebagai makanan utamanya. Hewan tersebut juga bisa memakan cacing ataupun biji-bijian. Ciri dari hewan ordo ini yaitu memiliki mata yang tertutup, mempunyai cakar yang besar, dan telapak kaki pada bagian depannya lebih lebar. Contoh hewan mamalia dalam ordo ini adalah Scalopus sp, Echinosorex albus, dan Scapanus sp.

– Ordo Dermoptera

merupakan hewan mamalia yang memiliki parasut berbulu (patagium) pada sela – sela empat kakinya. Hewan yang masuk kedalam ordo ini merupakan contoh dari hewan herbivora yang makan buah ataupun dedaunan. Contoh dari hewan di ordo ini adalah Gakopithecus sp.

– Ordo Chiroptera

merupakan hewan mamalia yang dapat terbang, dibagian kaki depan dan belakang terdapat membran interdigital, meskipun ukuran kaki dibagian belakang lebih kecil. Biasanya mereka tergolong hewan nokturnal artinya hanya aktif pada malam hari. Ciri dari hewan dalam ordo ini ialah suka makan buah juga terbang dan juga mencari makan pada malam hari (nocturnal). Contoh hewan mamalia yang masuk ordo ini adalah Desmodus sp (vampire), Pteropus edulis (kalong Jawa), dan Myotes sp.

Baca Juga :   7 Proses Perubahan Kulit Bunglon Beserta Fakta Uniknya Lengkap

– Ordo Primata

merupakan hewan mamalia yang mempunyai tangan besar dan jari yang digunakan sebagai penunjang kebiasaannya dalam memanjat pohon, hewan yang termasuk kedalam golongan herbivora, karnivora, ataupun omnivora. Contoh hewan primata ini antara lain adalah Kera, Orang utan, Monyet, dan Lutung.

– Ordo Rodentia

merupakan hewan mamalia yang tidak memiliki taring sehingga biasanya mereka hidup sebagai pengerat. Ciri hewan yang termasuk kedalam ordo ini yaitu dengan gigi seri yang tebal juga besar, serta dapat hidup disegala macam habitat. Contoh hewan pada ordo ini adalah Rattus sp (tikus), Sciurus sp (tupai pohon), Erethyson sp (landak), Marmota sp (marmut), dan Mus musculus (mencit).

– Ordo Carnivora

merupakan ordo mamalia yang menjadikan daging sebagai makanannya. Ciri-ciri hewan yang termasuk ordo ini yaitu memiliki gigi taring yang tajam dan cakar yang runcing yang fungsinya sebagai alat untuk berburu juga mengoyak daging buruannya. Contoh hewan mamalia yang masuk dalam ordo ini adalah Felis leo (singa), Canis lupus (serigala), Felis tigris (harimau), Zalophus sp (singa laut), Eumetopias jubata (anjing laut), Felis catus (tikus rumah), dan Canis familiaris (anjing).

– Ordo Laghomorpha

Merupakan kelompok ordo mamalia yang memakan tumbuh-tumbuhan. Contohnya adalah kelinci (Oryctologus cuniculus).

– Ordo Cetacea

Yang termasuk kedalam golongan ordo ini adalah mamalia yang hidupnya berada di laut. Contohnya yaitu Dolphinus delvis (dolpin laut), Phalenoptera musculus (paus biru).

– Ordo Proboscidea

Yang termasuk kedalam ordo proboscidae ini adalah semua jenis gajah yang disemua penjuru bumi. Contohnya adalah Loxodonta africana (gajah Afrika), Elephas maximus (gajah di India dan Indonesia).

– Ordo Perissodactyla

merupakan hewan mamalia ini memiliki jumlah jari kaki yang ganjil. Contoh hewan yang termasuk kedalam golongan ini adalah keledai (Equus asinus), kuda (Equus caballus), dan tapir (Tapirus indicus).

Baca Juga :   Hormon Tiroksin Pada Hewan : Pengertian, Karakteristik dan Contohnya Lengkap

– Ordo Artiodactyla

Ciri dari golongan ordo ini yaitu mempunyai jari kaki yang berjumlah genap. Contoh dari hewan yang masuk kedalam golongan ini adalah Antilocarpa sp (antelope), Cervus sp (kijang), Bos sondaicus (banteng), Aries sp (kambing), Giraffa sp (jerapah), Camelus sp (unta), Bos indicus (sapi putih).

Itulah pembahasan tentang Sistem Hormon pada Mamalia. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bagian Paru-Paru Pada Manusia

7 Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan Sekitar