Siklus Hidup Trichuris Triciura : Pengertian dan Morfologi Terlengkap

2 min read

Pengertian dan Morfologi Siklus Hidup Trichuris Triciura

Siklus hidup trichuris triciura terlengkap – siklus hidup disini tak jauh berbeda dari daur hidup maupun yang dikenal seperti siklus hidup tumbuhan angiospermae, daru hidup semangka dan lainnya. Trichuris trichiura terkenal dengan cacing cambuk. Berikut ini akan kami bahas seputar siklus hidup trichuris triciura terlengkap.

Siklus Hidup Trichuris Triciura

Siklus Hidup Trichuris Triciura Terlengkap

Untuk satu ini, siklus hidup dari trichuris trichiura hubungannya dengan jenis penyakit infeksi. Infeksi ini senang dalam kondisi yang lembab dan panas. Hingga saat ini sudah lebih dari 20 spesies, akan tetapi yang bisa menginfeksi manusia Cuma trichuis triciura. Cacing ini bisa menginfeksi manusia dan mengakibatkan gangguan kesehatan organ tubuh. Di daerah tropisa dan subtropis bisa menjadi ladang berkembangnya parasit ini dalam tanah.

Siklus hidup trichiura awalnya dari telur yang keluar bersamaan dengan tinja yang kemudian terjadi pematangan dalam tanah. Di dalam proses pematangan telur akan membutuhkan waktu 3 minggu sampai 5 minggu. Telur yang matang sifatnya infektif. Telur infektif ini kemudian bisa meninfeksi manusia.

Prosesnya bisa lewat vektor mekanik maupun benda lain yang sudah terkontaminasi. Seperti tanah yang terkontaminasi bersama tinja manusia, dengan kandungan telur cacing cambuk maupun sayuran dengan menyemprotkan memakai feses. Infeksi bisa terjadi jika kebetulan telur cacing sudah matang/ siap menetas dengan tak sengaja. Telur yang tertelah manusia akan masuk usus dan menetas didalamnya.

Dalam proses penetasannya, maka larva akan keluar lewat dinding telur dan akan masuk di bagian usus halus. Kemudian jadi dewasa, nah sesudah dewasa ini cacing distal usus menuju daerah colon. Masa pertumbuhan sejak usia telur hingga cacing dewasa kira-kirang selama 30 hari hingga 90 hari. Cacing dewasa jantang serta betina menjalankan kopulasi jadi cacing betina terjadi gravid. Pada waktunya nantinya cacing betina bertelur dan mencampurkan dengan feses usus besar. Telur ini nantinya akan keluar bersama feses ketika manusia BAB.

Baca Juga :   Daur Hidup Kupu-Kupu dan Penjelasannya Terlengkap

Kemudian telur ini akan terjadi pematangan dengan waktu kiran-kira 6 minggu. Proses pematangan berjalan dalam lingkungan yang selaras yakni tanah lembab dan tempat teduh. Maksudnya dari hospes maupun inang dari trichuariasis ialah manusia. Siklus hidup trichuris berhubungan dengan apa yang telah dikonsumsi manusia dan fesesnya manusia.

Morfologi Cacing Cambuk

Telurnya berukuran kurang lebih 50 x 25 mikron, berbentuk mirip biji melon. Di kedua ujung telur mempunyai tonjolan jernih bernama mucoid plug. Tonjolan yang ada di kedua kutub kulit ini bagian luar warnanya kekuningan dan dalamnya jernih. Di tingkat sudah matang kadang kutubnya nampak mirip larva cacing.

Cacing dewasa bentuknya dominan seperti cambuk, di bagian antarior adalah 3/5 bagian tubuh bentuknya langsing mirip ujung cambuk, sementara 2/5 bagian postterior lebih tebal seperti gagang cambuk. Ukuran antara cacing jantam dengan betina ini cenderung besar betina.

Cacing ini ada diseluruh dunia khususnya didaerah yang iklimnya panas nan lembab, bila kalian ada dilingkungan lembab, maka hati hatilah dengan risiko ini. Akan tetapi frekuensi tinggi dijumpai pada daerah dengan curah hujan tinggi. Curah hujan tinggi mengakibatkan tanah jadi lembab dan ini sesuai tempat pematangan telur cacing. Untuk daerah jenis tanaman/ pertanian berbentuk sayuran kadang kotoran manusia dimanfaatkan sebagai penyemprotan tanaman jadi waspadalah terhadap konsumsi sayuran sebelum kalian cuci.

Bila seseorang mengidap infeksi berat bisa menunjukkan gejala berikut ini :

  • Anemia
  • Diare dan feses dengan bercampur daraj
  • Sakit perut, mual dan muntah
  • Berat badan menurun
  • Mengalami prolapsus rectum sebab keseringan mengejan
  • Mukosa rektum akan terjadi prolapsus recti sebab mengejan sering saat defekasi. Cacing tersebut memasukkan kepalanya dalam mukosa usus, jadi bisa mengalami trauma sehingga memicu iritasi serta inflamasi dalam mukosa usus. Selain tersebut, cacing itu menghisap darah hospesnya manusia jadi bisa mengakibatkan anemia.
Baca Juga :   Ciri Ciri Hewan Insecta Terlengkap Beserta Penjelasannya

Karena siklus hidup dari trichuris trichiura tersebut mempunyai andil besar dalam penyebab infeksi dalam tubuh manusia, maka pencegahan penyakit dari trichuriasis bisa dijalankan dengan (meminimalisir kemungkinan mengalami daur hidup trichuriasis dalam tubuhnya kita). Cucilah tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir sebelum kita makan maupun sesudah beraktifitas memakai tangan, berhati-hatilah ketika mengkupas, mencuci bersih serta memasak sayuran serta buah buahan yang akan dimakan. Ajarkan pula kebiasaan ini kepada anak anak mengenai bahayanya bila bermain dengan tanah langsung, khususnya tanah yang mengandung banyak kotoran manusia.

Menurut data WHO sejak tahun 2008, diperoleh kurang lebih 500 juta penduduk yang terinfeksi dengan trichuris trichiura. Ini berarti bahwa ia akan sangat mengancam. Sehingga, hal ini harus dilakukan pencegahan mengingat pentingnya kesehatan. Kalian perlu selalu menjaga diri lewat kebersihan dan juga kebiasaan hidup yang sehat. Harus kalian ketahui bahwa ciri ciri dari lingkungan sehat ini dan juga tak sehat disekitar kita.

Jadi, Nyatanya selain dari siklus hidup dari trichuris trichiura yang nyatanya paling berkaitan dengan penyebab dari penyakit infeksi, ada sejumlah daur hidup maupun siklus hidup cacing lainnya yang berhubungan pula dengan bahayanya. Antara lain seperti : daur hidup cacing perut, daur hidup cacing kremi, daur hidup cacing tambang, daur hidup cacing hati serta daur hidup dari taenia saginata. Bila kalian tahu lebih banyak mengenai daur hidup cacing yang mengancam bahaya untuk manusia, maka akan lebih mudah untuk kalian dalam melakukan pencegahan. Semoga pembahasan mengenai siklus hidup trichuris triciura terlengkap bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

Baca juga:

Baca Juga :   10 Contoh Hewan Amfibi Terlengkap Beserta Penjelasannya