Sendi Mati : Pengertian, Struktur, Fungsi Dan Kelainannya Lengkap

2 min read

Sendi Mati : Pengertian, Struktur, Fungsi Dan Kelainan

Sendi mati : pengertian, struktur, fungsi dan kelainan – kesehatan memang penting untuk tubuh, oleh karena itu kita perlu menjaganya agar terhindar dari beragam penyakit. Di dalam tubuh kita ada sendi sendi berbagai jenis yang membantu menggerakkan tubuh. Namun, kali ini kita akan fokus membahas tentang sendi mati : pengertian, struktur, fungsi dan kelainan.

Sendi Mati

Pada umumnya, persendian manusia ini adalah sebuah struktur khusus misalnya seperti ruangan yan memiliki fungsi menjadi penghubung diantara tulang supaya bisa bergerak. Adapun fungsi sendir pada umumnya ini untuk memberikan fleksibilitas serta pergerakan di tempatnya, yan menjadi poros anggota peras.
Sendi ini adalah bagian dari tubuh yan mana dua maupun lebih tukang bertemu sebab memunkinkan adanya gerakan. Setiap tulang yang ada di dalam tubuh kita ini kecuali gguna tulang hiloid di tenggorokan bertemu dengan setidaknya satu tulang dengan lainnya di satu sendi.

Pengertian Sendi Mati

Sesudah kalian membahas tentang sendi dan sebelum kalian menenal namanya sendi putarm sendir gerak, maupun sendi engsel berikutnya kita akan membahas tentang sendi mati. Nah, apa sih yang dimaksud dengan sendi mati ini? Sendi mati ialah jenis persendian yang tak bisa digerakkan.
Sendi mati ialah sendi yang tidak bisa digerakkan. Sendi mati yang fakum maupun tidak dapat digerakkan sama sekali oleh tubuh. Secara umum, tulang-tulang dari persendian tersebut disatukan serabut jaringan ikat maupun tulang rawa hialin. Contohnya seperti sendi yang ada diantara tulang tenkorak.

Baca Juga :   Sistem Pernapasan Manusia (Urutan dan Gambarnya) Lengkap

Struktur Sendi Mati

Komponen dari pembentukan sendi ini bersatu bersama dengan didukung oleh sejumlah pita keras di jaringan ikat yang bernama ligamen. Otot melekat di tulang tebal, pita keras jaringan ikat bernama tendon. Selain tersebut sendi mati ini pun didukung oleh adanya bagian dari kantung kantung kecil bernama burse.

Fungsi Sendi Mati

Secara umum fungsiny dari sendi mati ini dalam tubuh manusia sendiri ialah jenis sendi yang mengakibatkan kaitannya antar tulang jadi kuat dan kadang memiliki fungsi guna melindungi sejumlah alat tubuh yang paling penting, misalnya seperti sendi mati dengan melindungi tulang tengkorak kepala.

Kelainan Pada Sendi Mati

Selain definisi sendi mati, struktur dan juga fungsinya, ada yang tak kalah penting yang perlu kalian tau. Yakni mengenai kelainan yang terdapat di sendi mati itu. Adapun kelainan dari sendi mati ini antara lain :

  1. Arthritis, yakni peradangan yang mengakibatkan kekakuan serta nyeri di bagian sendi (rheumatoid arthritis/ asam urat) maupun degenerasi (osteoarthritis).
  2. Tendonitis, adalah peradangan, iritasi serta pembengkakan tendon yang melekat di bagian sendi
  3. Bursitis, yakni radang kandung berlendir (isinya kantung berupa cairan menjadi bantal serta landasan tulang)
  4. Infeksi sendi, yakni sejenis kelainan yang dialami tulang yang berkaitan dengan sendi mati.

Berdasarkan Strukturnya

Dalam hal tersebut terdapat sejumlah sendi strukturnya antara lain :

  1. Sendi fibrosa yaitu sendi yang tidak mempunyai tulang rawan, antara satu tulang dan tulang yang lain disambungkan dengan jaringan ikat fibrosa yang sekarang banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya seperti di susunan tulang tengkorak.
  2. Sendi kartilago adalah sendi di bagian ujung ujung tulangnya dengan dihubungkan oleh kartilago, dan diantu dengan ligamen, sendi kartilago yang diklasifikasikan lagi jadi 2 bagian, yakni :
    a. Sinkondrosis adalah sebuah sendi yang semua persendiannya ini mencakup oleh tulang rawan. Misalnya seperti sendi sendi kostokondral.
    b. Simfisis adalah sendi yang tulang tulangnya mempunyai kaitannya dengan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin dengan menyelimuti permukaan sendi. Contohnya seperti bagian dari simfisis pubis.
Baca Juga :   13 Fungsi Otak Kanan Manusia - Pengertian, Dampak Kerusakan dan Cara Mengembangkan Otak Kanan

Sendi sinovial, adalah sendi yang mempunyai ruang antar sendi jadi memungkinkan kalian mengalami banyak gerakan, ujung ujung di bagian tulangnya ini dilapisi oleh tulang rawan hialin dengan tipis guna menjaga benturan serta gesekan antar tulang. misalnya seperti pada gerakan lutut.

Proses Terjadinya Gerakan

Otot, sendi dan juga tulang akan saling bekera sama di dalam proses kita bergerak. Misalnya seperti yang sudah kita pelajari bahwa otot ini lekat di bagian tulang serta otot bisa berkontraksi atau tertarik, di bagian otot tersebut ini akan melekat di bagian sisi sisi sendi di dalam tubuh kita. Sehingga, pada waktu mengalami gerakan, otot di bagian sisi khusus di sendi akan menyesuaikan perintah dari yang kita berikan guna menggerakkan tulang jadi kita pun dapat tergerak. Untuk menyesuaikan dari sebuah gerakan yang seperti kita inginkan ini maka otot akan berkontraksi serta sendi akan membantu menggerakkan tulang.

Sendi mati ini bisa digerakkan sebab terbentuk dari hubungan antar tulang dengan berkaitan erat dan tidak mempunyai celah sendi. Hubungan antar tulang tersebut dihubungkan oleh jaringan ikat lalu mengeras jadi tulang dan sama sekali tak dapat digerakkan. Tulang tulang di persendian ini dipersatukan serabut jaringan ikat maupun tulang rawa lain. Seperti contoh sendi yang dibagian tulang tengkorak. Sendi ini adalah sendi mati manusia sebab mempunyai fungsi guna mencegah ppergerakan sedikitpun. Jadi melindngi tulang tengkorang kepala serta sejumlah organ penting yang ada di dalamnya, misalnya otak.

Sekian dulu informasi tentang sendi mati : pengertian, struktur, fungsi dan kelainan. Jadi, sendi mati ini adalah sendi yang fakum atau tidak dapat digerakkan, contohnya ada di antar tulang tengkorak. Semoga bermanfaat bagi kalian dan menambah ilmu wawasannya.

Baca Juga :   Proses Terbentuknya Asam Amino dan Penjelasannya

Baca juga: