Sendi Gerak : Pengertian, Struktur, Fungsi Dan Kelainan

2 min read

Sendi Gerak : Pengertian, Struktur, Fungsi Dan Kelainan

Sendi gerak : pengertian, struktur, fungsi dan kelainan – disini kita masih membahas seputar kesehatan ya sobat. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai sendi putar dan sendi mati. Tentunya dengan pembahasan sebelumnya kalian sudah mendapatkan ilmu yang banyak. Selanjutnya disini akan kami bahas mengenai Sendi gerak : pengertian, struktur, fungsi dan kelainan.

Sendi Gerak

Nah, kalian semua pasti disini sudah tidak asing mengenai sendi gerak. Sementara sendi disini ialah penghubung diantara tulang, jadi tulang bisa digerakkan. Hubungan diantara tulang inilah yang dikenal dengan nama artikulasi atau persendian. Adapun fungsi dari persendian dalam manusia ini pada umumnya ialah untuk memberikan sebuah fleksibilitas serta pergerakan pada tempatnya pula. Selain tersebut, sendi pun fungsinya untuk poros dari anggota gerak terhadap seluruh komponen dari tubuh manusia. Oke sobat itulah semua fungsi dari sendi pada umumnya!

Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan menyampaikan mengenai sendi gerak. Karena seperti yang telah kita tau bahwa ada banyak sekali jenis sendi yang terdapat di dalam tubuh kita. Akan tetapi, kali ini penulis akan menyampaikan khusus mengenai hal hal yang berkaitan dengan sendi gerak. Berikut ini ulasan secara lengkapnya untuk kalian semua!

Pengertian Sendi Gerak

Sendi gerak ini merupakan sendi hubungan dari tulang penyusun rangka manusia dimana tulang itu ialah jenis tulang yang bisa digerakkan secara bebas dan tidak ada hambatan, terkecuali bila memang telah mengalami masalah. Sehingga, sesuai dari namanya bahwa sendi gerak ini sendi yang bisa digerakkan.

Baca Juga :   7 Fungsi Utama Uterus Pada Wanita

Struktur Sendi Gerak

Selain membahas tentang definisi dari sendi gerak itu, kalian pun harus memahami pula struktur yang ada di dalam sendi gerak. Tujuannya supaya lebih detail dalam pelajaran kali ini. Adapun strukturnya dari sendi gerak itu sendi terdiri dari sejumlah bagian, diantaranya seperti bantalan dari tulang rawan, lalu selaput sendiri (sinovial), cairan sendi (sinovial), pembungkus sendi dengan menghubungkan antara tulang satu dengan tulan yang lain.

Fungsi Sendi Gerak

Sesuai dari namanya, bahwa fungsi dari sendi pada umumnya ini khusus dari sendi gerak memiliki fungsi guna menyeimbangkan fungsi gerak di setiap sendi manusia, dimana dengan adanya sendi gerak tersebut manusia dapat menggerakkan otot dan juga tulangnya, selain tersebut sendi gerak ini memiliki fungsi menjadi penyeimbang gerak terhadap seluruh komponen dari tubuh kalian.

Kelainan Sendi Gerak

Nah, ini yang tak kalah penting yang perlu kalian tau bahwa sendi gerak tersebut mempunyai kelainan yang akan dialami di dalamnya. Jika terdapat gangguan maupun kelainan terhadap sendi gerak tersebut memang ini akan menggangu kondisi dari sistem gerak serta fungsinya pun akan terganggu pula. Untuk sementara ini manusia akan terganggu aktivitasnya. Adapun untuk jenis kelainan yang kerap terjadi dalam sendi gerak tersebut ialah sebagai berikut :

  • Mikrosefalus, adalah kelainan dalam pertumbuhan tengkorak. Jadi bentuknya ini kepala akan mengecil.
  • Hidroselfalus, adalah kelainan yang dikarenakan oleh adanya pengumpulan cairan spiral serta pelebaran dari rongga otak. Jadi kepala akan menjadi besar sehingga ini merupakan kebalikan dari mikrosefalus.
  • Kelainan dalam tulang belakang
  • Kelainan yang terbawa sudah semenjak lahir yang hubungannya ada pada sendi gerak itu sendiri.
  • Kelainan yang ada di dalam otot sendi gerak itu sendiri
  • Osteopororis (pengeroposan tulang)
  • Tetanus
  • Rakhitis
Baca Juga :   Penderita Leukemia : Pengertian, Ciri, Gejala dan Terapi Biologinya Lengkap

Komponen Pembentuk Sendi

Ada sejumlah komponen pembentuk maupun komponen menjadi penunjang sendi, antara lain :

  • Ligamen ialah sebuah jaringan yang mempunyai bentuk seperti pita, tersusun dari serabut liat dengan mengikat antar tulang di bagian sendi dan menjadi penjaga supaya tidak mengalami perubahan tempat pada waktu sendi serta tulang terjadi pergerakan.
  • Kapsula sendi : adalah berbentuk lapisan yang bentuknya serabut dengan melapisi sendi. Di bagian dalam kapsula sendi berbentuk rongga. Kapsul sendi tersebut mempunyai fungsi menjadi penghubung diantara dua tulang dalam sendi.
  • Tulang rawan hialin atau kartilago hialin ialah jaringan tulang rawan dengan menutupi kedua ujung tulang. sementara untuk fungsinya bisa menjaga dari benturan.
  • Cairan sinovial bisa menjadi pelumas dalam kapsula sendi
    Walaupun fungsinya menjadi penghubung antar tulang, namun sendi bentuknya tidak seperti cairan lem. Satu hal pasti bahwa sendi mirip dengan bantalan yang ada di dalam tulang kita. Dan ini sama dengan tulang, bentuk dari sendi pun berbeda-beda. Sebab sendi kita ini mengikuti bentuk tulang.

Macam Macam Sendi Gerak

Berikut ini adalah macam-macam arah sendi gerak, diantaranya :

  1. Sendi geser (plane)
    Sendi geser ialah sendi yang kira-kira gerakan antar tulang satu mesengger lainnya.
  2. Sendi engsel (hinge)
    Sendi engsel adalah sendi yang kira-kira mengalami pergerakan satu arah saja.
  3. Sendi gulung (condylar)
    Sendi gulung ialah sendi yang kira-kira mengalami gerak rotasi dalam porosnya, namun gerakannya ini terbatas.
  4. Sendi putar (pivot)
    Sendi putar ialah sendi yang gerakan satu ujung tulangnya ini memutari/ sehingga membuat gerakan memutar di ujung tulang.
  5. Sendi peluru (ball and socket)
    Sendi peluru ialah sendi yang dapat bergerak di segala arah.
  6. Sendi pelana (saddle)
    Sendi ini bisa membuat dua arah, yakni arah kesamping serta kedepan.
Baca Juga :   Anatomi dan Fisiologi Bola Mata : Pengertian, Bagian Serta Fungsinya Lengkap

Nah, gimana sobat? Apakah penjelasan ini sudah jelas ya. Jadi, Sendi gerak ini memiliki fungsi menjadi penyeimbang gerak terhadap seluruh komponen dari tubuh kalian. Semoga dengan pembahasan kali ini tentang Sendi gerak : pengertian, struktur, fungsi dan kelainan bisa bermanfaat untuk kalian.

Baca juga: