Macam – Macam Senam Lantai Yang Sering Dilakukan

2 min read

Macam – Macam Senam Lantai Yang Sering Dilakukan

Senam Lantai Yang Sering Dilakukan – pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai macam-macam senam lantai yang sering dilakukan. Untuk informasi lebih lengkapnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti.

 

Senam Lantai

Senam lantai merupakan salah satu dari cabang senam yang banyak dipopulerkan. Sama seperti dengan namanya, senam lantai ini memang dilakukan diatas lantai atau matras yang ditunjukkan agar dapat mengurangi terjadinya cidera. Terdapat beberapa macam dari senam lantai yang gerakannya sering dipakai yaitu diantaranya adalah sebagai berikut.

Roll ke depan

Salah satu dari gerakan senam lantai yang sering dilakukan itu adalah gerakan roll ataupun berguling ke depan. Agar dapat melakukan gerakan ini, maka bisa dimulai dengan menggunakan dua posisi yaitu berdiri dan juga jongkok.

Untuk posisi berdiri , Letakkan kedua tangannya Lurus di samping badan serta dengan pandangannya tegak lurus ke arah depan. Lalu Angkatlah kedua tangan ke arah depan serta bungkukkan badan. letakan Kedua telapak tangan di bagian atas matras.

Ikuti dengan gerakan bahu ke arah bawah sehingga menyentuh matras kemudian gulingkan badan ke depan. Melipat kedua lutut pada saat berguling ke arah depan dengan dagu yang dilipat sampai menempel ke dalam. Rangkul lutut dengan kedua tangan supaya gerakan menjadi lebih stabil. Dan untuk gerakan akhirnya itu adalah dengan posisi jongkok dan berdiri tegak.

Baca Juga :   Macam - Macam Senam Ritmik Menggunakan Alat Yang Perlu Diketahui

Sedangkan untuk posisi jongkok, cara dalam melakukannya itu adalah gerakan dimulai dengan cara membuka kedua tangan hingga selebar bahu lalu letakkan di atas matras. Luruskan kaki lalu tekuk siku sedikit serta mulai gulingkan badan ke arah depan dengan diikuti oleh gerakan kepala yang dilipat ke arah dalam. Yang terakhir yaitu adalah berada dalam posisi jongkok serta kemudian berdiri kembali.

Roll ke belakang

Jongkok dengan cara membelakangi matras dengan kedua kaki yang didapatkan serta tumit yang sedikit diangkat. Lipatlah kepala hingga dagu menempel pada bagian dada. Lalu posisikan tangan ke atas kemudian Arahkan ke belakang untuk bersiap-siap melakukan roll.

Ikuti gerakan badan dengan cara menjatuhkan bokong secara terlebih dahulu serta tolak badan ke arah belakang sampai berguling. Kemudian tariklah lutut segera serta kembali dalam posisi jongkok kemudian baru berdiri.

Lompatan harimau

Berdiri tegak lurus dengan Arah pandangan ke arah depan. Lalu mulailah berlari ke arah papan tolakan serta Letakkan kedua tangan pada bagian atas papan tolakan lalu menyusul dengan melentingkan badan ke udara. Luruskan kedua kaki sebelum mendarat lalu mendarat dengan posisi yang jongkok kemudian baru berdiri tegak.

Lompat kangkang

Untuk melakukan lompat kangkang ini yaitu lakukanlah dengan berdiri tegak lurus dengan posisi kedua tangan yang berada di samping badan. Fokuskan Arah pandangan ke arah depan, lalu mulailah berlari menuju ke papan tolakan. Di saat mendekati papan,  maka Arahkan tangan lurus ke arah depan untuk bersiap dalam melompati papan.

Letakkan Kedua telapak tangan di permukaan papan, melakukan tolakan dengan cara menggunakan kedua kaki supaya badan agar bisa terangkat ke arah atas. Tahan badan dengan menggunakan dua tangan serta Buka kedua kaki hingga selebar mungkin. Pada saat kaki telah melewati papan, Maka angkat tangan serta bersiap untuk berdiri. Tegakkan badan serta Letakkan kedua tangan di bagian samping.

Baca Juga :   Teknik Dasar Senam Akrobatik, Penjelasan Lengkap

Demikian penjelasan mengenai gerakan senam lantai yang sering dilakukan. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat yang lainnya, terima kasih.

Baca Juga :