Sebab Ilmiah Bunga Hanya Mekar Di Waktu Tertentu

2 min read

Sebab Ilmiah Bunga Hanya Mekar Di Waktu Tertentu

Sebab Ilmiah Bunga Hanya Mekar Di Waktu Tertentu – Bunga adalah salah satu tumbuhan yang sangat digemari oleh semua orang khususnya kaum hawa. Diantara mereka bahkan banyak yang hobi dalam memelihara dan melestarikan jenis bunga tertentu yang mereka sukai. Sehingga tidak heran apabila banyak penggemar bunga yang menyenanginya membuat beberapa jenis bunga tertentu memiliki nilai jual yang begitu fantastis. Tidak hanya itu, aroma dan kecantikan bunga dapat memberikan kesan tertentu dan menampilkan estetika yang begitu indah dipandang. Aroma harum dan wanginya memberikan kesan unik dan dapat menarik perhatian semua orang.

Fakta Tentang Bunga

Seperti penjelasan di atas, sebagian besar bunga mempunyai keunikan tersendiri mulai dari bentuk bunganya hingga aroma bunga yang dikeluarkannya yang sering menjadi ciri khas dari bunga tersebut. Sehingga semua orang dapat mengenali dan mengetahui karakteristik bunga kesukaannya. Selain itu, semua bunga memiliki kemampuan untuk mekar sesuai dengan ciri-ciri dan jenisnya.

Mekarnya bunga bisa anda nikmati selama berminggu-minggu atau bahkan hanya beberapa hari saja sebelum nantinya ia akan layu dan menguncup hingga kering. Jika anda perhatikan, mekarnya beberapa bunga hanya terjadi dibeberapa waktu tertentu saja yang artinya tidak setiap hari bunga tersebut bisa mekar. Untuk ulasan selanjutnya mengenai Sebab Ilmiah Bunga Hanya Mekar Di Waktu Tertentu, Yuk Simak.

Baca Juga :   Jaringan Palisade (Jaringan Tiang) pada Daun : Penjelasan Beserta Fungsinya Lengkap

Sebab-Sebab Ilmiah Bunga Dapat Mekar Di Waktu Tertentu Saja

Beberapa waktu yang lalu di kota Surabaya dihebohkan dengan mekarnya bunga tabebuya yang berada disekitar pinggiran jalan raya. Mekarnya bunga tersebut menambah kecantikan kota dan tampilannya hampir terlihat mirip dengan negeri sakura, yaitu Jepang. Akan tetapi kehadiran atau mekarnya bunga tabebuya tidak berlangsung begitu lama. Hal ini dikarenakan bunga cantik tersebut hanya mekar dua kali dalam setahun, yakni di bulan April dan November. Kenapa bisa demikian? Padahal keberadaan bunga tabebuya yang mekar tersebut dapat memberikan kesan indah pada tampilan kota. Nah, menjawab pertanyaan tersebut berikut ini alasan ilmiah yang perlu anda ketahui.

1. Adanya gen Apetala1

Gen apetala1 adalah suatu gen yang dapat membantu bunga dalam menentukan kapan akan mekar. Gen ini menjadi alasan paling utama mengapa bunga tersebut hanya bisa mekar pada waktu tertentu saja. Gen ini sendiri nantiny akan memicu perkembangan reproduksi setiap tanaman termasuk bunga tersebut dan diperlukan ketika tanaman sudah memasuki fase penumbuhan bunga.

Nantinya gen apetala1 inilah yang akan bertanggungjawab atau mengontrol kapan bunga tersebut akan mekar dan berkomunikasi dengan gen yang lainnya agar tanaman tersbut dapat tumbuh secara maksimal. Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan di Triniti College Dublin, menyebutkan bahwa apetala1 dapat menghasilkan protein yang bisa mengaktifkan lebih dari 1000 gen yang terlibat dalam proses pembungaan.

2. Adanya Flowering Focus Protein T atau disingkat dengan Protein FT

Protein FT merupakan sejenis zat yang terdapat pada tanaman dan berperan sebagai sinyal jarak jauh dari ujung daun tunas yang akan memberitahu kapan tanaman tersebut akan merekahkan bunganya. Protein ini diproduksi oleh daun yang dapat mengaktifkan gen yang lainnya, sehingga berpengaruh kepada bunga tersebut kapan akan mekar.

Baca Juga :   12 Manfaat Biologi di Bidang Industri Makanan dan Contohnya Lengkap

3. Pengaruh cuaca atau suhu

Sebab Ilmiah Bunga Hanya Mekar Di Waktu Tertentu, Yuk Simak yang berikutny adalah karena adanya faktor suhu serta cuaca. Adanya faktor tersebut ternyata jga dapat menjadi penyebab kenaa bunga hanya dapat mekar di waktu tertentu. Hal tersebut tentu saja berpengaruh pada waktu mekar karena disesuaikan dengan reproduksi dari bunga tersebut. sehingga iklim dan cuaca sangat berpengaruh pada kapan mekar dan kapan bunga melakukan pembuahan. Suhu, cuaca dan jumlah sinar matahari inilah yang nantinya akan membantu proses pembungaan. Sehingga berperan dan menjadi faktor yang menyebabkan bunga mekar di waktu tertentu.

Terkadang iklim global saat ini tidak menentu dan mulai tidak dapat dipastikan. Inilah yang dapat membuat tanaman lebih cepat atau bahkan lebih lambat untuk melakukan proses pembungaan.
Ketiga sebab ini sangat mungkin terjadi, karena mekarnya bunga hanya terjadi di waktu tertentu. Sebagai contoh, bunga pukul Sembilan seperti namanya juga hanya akan mekar ketika jam menunjukkan waktu pukul Sembilan.

Kemudian bunga yang memiliki ukuran besar dengan warna putih nan cantik yaitu bunga wijaya kusuma juga hanya mekar di malam hari saja dan hanya mekar setahun sekali. Terdapat begitu banyak keunikan yang khas dimiliki oleh berbagai macam bunga. Mulai dari bunga yang banyak ditemukan hingga bunga langka seperti bunga bangkai yang ada di Indonesia. Bunga tersebut hanya mekar sekali setiap 30 atau 40 tahun dengan bentuk yang unik dan berbeda dengan bunga cantik pada umumnya.

Terkadang mekarnya bunga dikaitkan dengan mitos yang dulunya telah berkembang di dalam masyarakat. Namun, terlepas dari itu semua kecantikan serta keunikan beberapa jenis bunga tetap dapat memikat hati para penggemarnya. Tidak hanya kaum hawa, mereka kaum adam pun ada juga yang menyukai keindahan dan keharuman bunga tertentu. Tidak heran apabila bunga sering diambil ekstaknya dan digunakan sebagai bahan parfum atau bahan campuran makanan untuk beberapa jenis bunga.

Baca Juga :   Pengertian Selom (Coelom)

Begitu banyak manfaat dan keunikannya dan menjadikan Sebab Ilmiah Bunga Hanya Mekar Di Waktu Tertentu menjadi lebih menarik dan baik untuk kita ketahui. Demikian ulasan dan penjelasan yang bisa kami sampaikan. Dengan begitu kita bisa mengetahui alasan sesungguhnya dan tidak selalu mengaitkannya dengan mitos-mitos, namun dilihat juga dari alasan ilmiahnya.

Baca juga:

6 Fungsi Asam Traumalin Pada Tumbuhan

Pemupukan Anorganik Dan Penjelasannya