Sebab Ilmiah Bangun Pagi Baik untuk Dilakukan, Berikut Penjelasannya

3 min read

Sebab Ilmiah Bangun Pagi Baik untuk Dilakukan, Berikut Penjelasannya

Sebab Ilmiah Bangun Pagi Baik untuk Dilakukan, Berikut Penjelasannya -Bangun pagi memang tak mudah dilakukan oleh semua orang, terlebih untuk orang yang memiliki kebiasaan untuk tidur terlalu malam. Padahal, bangun pagi memberikan efek yang luar biasa untuk kesehatan fisik dan mental.
Bangun pagi sebaiknya dimulai dari sebelum matahari terbit atau juga sekitar pukul 05.00. Adapun beberapa sebab ilmiah bangun pagi baik untuk dilakukan berikut ini penjelasannya :

Ilmiah Bangun Pagi Baik untuk Dilakukan

• Mendapatkan Kesempatan Mempersiapkan Aktivitas Dengan Baik

Pada saat anda bangun ( tidak mepet dengan jam aktivitas ), maka tentunya anda memiliki kesempatan untuk memikirkan apa yang akan anda lakukan untuk satu hari tersebut. Selain itu, anda juga bisa mempersiapkan sarapan yang tepat untuk anda yang tentunya memiliki nutrisi sebelum anda memulai aktivitas anda tersebut. Karena sarapan yang anda konsumsi pada pagi hari sangat menetukan energi anda dalam berpikir di sepanjang hari tersebut. bagian tubuh manusia yang tak berhenti tumbuh bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Baca Juga :   Struktur Anatomi Mulut Manusia

• Mempunyai Waktu untuk Berolahraga

Hal positif yang lainnya adalah anda bisa meluangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari. Jika anda merasa capek, tentunya anda bisa melakukan olahraga yang singan saja dan olahraga ini bisa mengembalikan kebugaran dalam tubuh anda.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan pada saat tubuh anda bugar, yakni pikiran dan semangat anda juga akan ikut bugar, sehingga hal ini tentunya akan berpengaruh positif bagi kelancaran aktivitas anda setiap harinya. dampak biologis olahraga terhadap kinerja otak bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

• Membuat Mood Lebih Baik

Hal ini dikarenakan orang orang yang mendapat sinar cahaya matahari pada pagi hari memiliki indeks massa tubuh ( BMI ) yang jauh lebih sehat dari pada mereka yang mendapatkan sinar matahari pada siang hari. Selain itu, paparan sinar matahari tersebut bisa meningkatkan pikiran positif bagi anda yang tentunya akan berpengaruh pada lancarnya aktivitas anda setiap harinya.

• Lebih Produktif

Kalian tentunya pernah mendengar perumpamaan “ di dalam tubuh yang sehat maka terdapat jiwa yang sehat “. Oleh karena pentingnya bangun pagi tersebut, maka hal ini akan berpengaruh pada aktiviatas kita setiap harinya. Sebut saja seperti lebih produktif saat melakukan aktivitas karena bisa berpikir konsentrasi.

• Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Jika anda bangun pagi, tentunya tidurnya tidak akan larut atau susah tidur ( insomia ) lagi. Sehingga bangun pagi ini bisa mengatur jam tidur anda lebih teratur.

Manfaat Bangun Pagi

Berikut ini juga ada beberapa manfaat dari bangun pagi yaitu:

1. Tubuh Segar

Saat kita mulai mencoba bangun di pagi hari maka tubuh akan terasa lebih segar. Hal ini karena tubuh menghirup udara segar yaitu oksigen yang belum tercampur polusi udara, seperti asap dari kendaraan atau limbah pabrik.

Baca Juga :   3 Proses Penyembuhan Luka (Inflamasi, Proliferasi dan Penyudahan) Beserta Penjelasannya Lengkap

2. Melancarkan Peredaran Darah

Udara segar yang masih kaya oksigen di pagi hari memiliki peran yang sangat penting bagi peredaran darah dalam tubuh. Karena akan menambah kadar oksigen dalam darah yang juga membuat aliran darah lancar.

3. Otak Berfungsi Maksimal

Aliran peredaran darah yang maksimal dan kandungan oksigen yang baik dalam darah akan mengalir ke otak sehingga akan membantu meningkatkan dan memaksimalkan fungsi otak.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Jika otak berfungsi secara maksimal maka memori otak akan meningkat juga. Dengan sering bangun pagi dan menghirup udara segar kemungkinan terkena gejala pikun akan lebih kecil dibandingkan dengan yang bangun siang hari.

5. Menyehatkan Paru-Paru

Jika kalian menghirup udara segar di pagi hari yang bersih dan belum terkena polusi pastinya sangat baik bagi organ tubuh terlebih lagi paru-paru.

6. Menyehatkan Jantung

Peredaran darah yang lancar dan tingkat oksigen dalam darah baik maka organ lainnya, seperti jantung akan lebih baik dan tidak terjadi akan gangguan. Dengan bangun di pagi hari dan menghirup udara segar maka jantung juga akan bekerja secara maksimal.

7. Sistem Imun Meningkat

Sistem imun atau kekebalan tubuh akan semakin meningkat jika rutin bangun pagi karena udara pagi sangat bagus untuk pembentukan antibodi yang maksimal.

8. Terhindar dari Penyakit Kuning

Pukul 5.30 hingga 9.00 pagi adalah jam yang baik dengan kualitas sinar matahari yang baik karena sinar matahari tersebut bagus untuk pembentukan vitamin D. Lewat dari jam 9 pagi maka sinar matahari sangat berbahaya bagi kesehatan permukaan kulit. Penyakit kuning ini bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin D di dalam tubuh.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Sinar matahari bukan juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan kalium sangat penting karena dapat menghindarkan Anda dari kerapuhan dan pengeroposan tulang. Karena itu berjemur pada pagi hari akan menghindari dari osteoporosis.

Baca Juga :   Glaucoma : Pengertian, Jenis, Pemeriksaan, Dan Pengobatannya

10. Kulit Awet Muda

Sinar matahari pagi yang membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh juga dapat memaksimalkan peremajaan kulit. Kandungan vitamin D2 dan D3 juga bisa mencegah gangguan pada kulit.

11. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Vitamin D mengandung kalium dan kalsitriol. Kandungan kalsitriol sangat bermanfaat dalam metabolisme tubuh dan memaksimalkan proses penyerapan kalsium pada tulang.

12. Menyembukan Penyakit Osteomalacia

Sinar matahari pagi bisa mengobati penyakit osetomalacia. Penyakit ini sama dengan osteoporosis. Osteomalacia adalah proses pembentukan lapisan mineral yang ada di dalam tulang. Perbedaannya dengan penyakit osteoporosis adalah jika osteoporosis biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia, osteomalacia banyak terjadi pada orang dewasa dengan usia 20 tahun ke atas.

Itulah penjelasan penting tentang Sebab Ilmiah Bangun Pagi Baik untuk Dilakukan, Berikut Penjelasannya. Dengan bangun pagi, pastinya kita bisa hidup lebih sehat dan lebih produktif. Semoga Bermanfaat.

Baca juga: