Proses Terbentuknya Asam Amino dan Penjelasannya

2 min read

Proses Terbentuknya Asam Amino dan Penjelasannya

Proses Terbentuknya Asam Amino dan Penjelasannya – Asam amino merupakan bahan penyusun protein. Keseluruhannya bersatu dengan bentuk rantai guna membentuk lahirnya suatu yang hidup. Hal tersebut memiliki 2 proses yakni mereka akan berkumpul kemudian membentuk peptida (polipeptida), nah pada pengelompokan tersebutlah protein bisa dibuat.

Ada 20 macam asam amino pembentuk protein. Sementara itu, Asam amino ialah senyawa yang akan membentuk protein. Setidaknya 20% tubuh manusia merupakan protein. Peran protein sangat penting bahkan hampir seluruh proses biologi serta asam amino merupakan sebagai bahan penyusunnya.

Pada umumnya sel-sel dalam tubuh, otot maupun jaringan terdiri atas asam amino. Itu artinya, mereka melakukan begitu banyak fungsi penting didalam tubuh kita. Misalnya memberikan bentuk pada sel, produksi enzim, lalu memproduksi hormon, hingga neurotransmiter. Sekaligus berperan untuk transportasi maupun penyimpanan nutrisi.

Pada dasarnya asam amino punya pengaruh dalam fungsi tubuh seperti organ, kelenjar, tendon maupun arteri. Disamping itu, asam amino juga penting dalam penyembuhan luka serta memperbaiki jaringan, khususnya pada otot, tulang, rambut, dan kulit. Bahkan berfungsi dalam menghilangkan seluruh jenis limbah sisa metabolisme tubuh.

  1. Manfaat Asam Amino

Terdapat penelitian akhir akhir tahun ini yang menyatakan jika asam amino berguna untuk melawan beberapa jenis penyakit seperti diabetes, osteoporosis, masalah jantung, persoalan metabolisme, disfungsi ereksi, menopause, dan anti-penuaan.

Baca Juga :   Sintesis Protein : Pengertian, Tahapan dan Prosesnya Terlengkap

Pesan tersebut berasal dari simposium internasional Society for Applied Amino Acid Research in Treatment and Practice held tahun 2005 yang dihadiri hingga seratus ilmuwan mewakili enam negara.
Walaupun studi telah menyatakan jika efek asam amino positif bagi tubuh, tapi mereka masih tak betul betul diakui dibidang kedokteran di negara Eropa. Sebab asam amino diperlukan dalam pembentukan struktur protein misalnya kolagen, enzim, antibody, mekanisme pembekuan, molekul transportasi, hormone Dan otot.

2. Jalur metabolik utama dari asam amino

Adapaun jalur metabolik yang utama dari asam amino ialah pertama, berupa produksi asam amino yang berasal dari proses pembongkaran protein dalam tubuh, digesti protein diet dan sintesis asam amino dalam hati.
Yang kedua ialah pengambilan nitrogen yang berasal dari asam amino. Sementara yang ke 3 ialah katabolisme asam amino jadi energi lewat siklus asam dan siklus urea menjadi proses pengolahan produksi sampingan pemecahan dari asam amino. Yang keempat ialah sintesis protein yang berasal dari asam-asam amino. fungsi asam laktat juga dapat dijadikan untuk informasi tambahan.

Pada tubuh mahluk hidup juga ditemukan asam amino, sedangkan asam-asam amino tersebut terdiri dari:

  • Produksi asam amino yang berasal dari proses pembongkaran protein dalam tubuh, lalu digesti protein diet maupun sintesis asam amino dalam hati.
  • Proses pengambilan nitrogen yang berasal dari asam amino.
  • Kemudian katabolisme asam amino dalam tubuh menjadi energi lewat siklus asam dan siklus urea sebagai sebuah proses pengolahan produksi sampingan atas pemecahan asam amino sendiri.
  • Proses Sintesis protein yang berasal dari asam-asam amino.

Disamping itu, asam amino pun akan mengalami katabolisme. Tahap katabolisme asam amino terjadi atas 2 tahapan yakni: Transaminasi & Pelepasan amin yang berasal dari glutamat yang akan menghasilkan ion ammonium.
Semua jaringannya berkemampuan dalam men-sintesiskan zat asam amino non-esensial, lalu melakukan remodeling, maupun merubah rangka karbon non asam amino hingga menjadi asam amino maupun turunan lainnya yang didalamnya mengandung kandungan nitrogen.

Baca Juga :   14 Fungsi Otak Pada Manusia Beserta Penjelasannya Terlengkap

Pada keadaan surplus diet, zat nitrogen toksik potensial yang berasal dari asam amino akan dikeluarkan lewat transaminasi, deaminasi serta pembentukan urea. Adapaun rangka karbon biasanya dirubah menjadi zat karbohidrat lewat jalur glukoneogenesis, ataupun menjadi asam lemak lewat jalur sintesis dari asam lemak.

Pengelompokan Asam amino

Berhubungan dengan hal itu, asam amino dapat dikelompokkan kedalam 2 jenis yakni:

1. Asam Amino Esensial

Termasuk asam amino yang tak bisa disintesiskan oleh tubuh dengan begitu harus ada pada makanan yang dimakan. penyebab rasa yang hambar asam manis dalam buah dapat dijadikan untuk informasi tambahan.

2. Asam Amino Non-Esensial

Termasuk asam amino yang bisa disintesiskan oleh asam amino yang lain. Masing masing asam amino tersebut juga bisa mengalami biosintesis.

Jenis Asam Amino

Zat asam amino dalam tubuh menusia bisa dibedakan kedalam 2 macam, yakni asam amino esensial dengan asam amino non-esensial. Yang dimaksud dengan asam amino esensial ialah asam amino yang bisa disintesis, sementara asam amino non-esensial ialah asam amino yang tak bisa disintesiskan. Setiap asam amino tersebut juga terdiri dari berbagai jenis. Inilah jenis-jenisnya:

Asam amino esensial terdiri atas :

a. Triptofan

Triptofan berfungsi dalam meningkatkan efesiensi pada vitamin B kompleks di tubuh kita. Sementara itu, triptofan juga berguna dalam menjaga kesehatan syaraf maupun menyeimbangkan emosi. Asam ini bisa ditemukan dalam makanan seperti telur, susu, keju, pisang, dan daging.

b. Melatonin

Melatonin bertugas dalam menjaga kesehatan hati, menghindari alergi, menghindari osteoporosis, membuat syaraf yang tegang jadi tenang serta mencegah munculnya penggumpalah darah. Umumnya bisa ditemukan dalam buah-buahan, maupun daging diantaranya daging ayam, sapi, ikan, maupun berbagai sayuran serta kacang-kacangan.

Baca Juga :   Cara Kerja Telinga Seperti Berikut Mekanismenya

c. Fenilalanin

Fenilalanin berperan penting untuk menghasilkan tiroksin dalam kelenjar tiroid untuk mencegah munculnya penyakit gondok. Disamping itu, juga bisa berguna dalam mencegah obesitas. Fenilalanin juga bisa ditemukan dari makanan seperti ikan, kedelai maupun telur.

Itulah pembahasan tentang Proses Terbentuknya Asam Amino dan Penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Peredaran Darah Pada Serangga Beserta Gambarnya

Kelebihan Perkembangbiakan Vegetatif di Bandingkan Generatif pada Tumbuhan