Proses Pertumbuhan Tanaman Tomat Paling Lengkap

2 min read

Proses Pertumbuhan Tanaman Tomat Paling Lengkap

Proses pertumbuhan tanaman tomat paling lengkap – meski sering dianggap oleh kalangan masyarakat sebagai sayuran, namun tomat termasuk kelompok buah-buahan. Si buah yang kadang warnanya orange atau merah tersebut dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Manfaatnyauntuk kesehatan tubuh jua beranekaragam, mulai meliputi nutrisi tubuh sampai mencegah kanker. Nah, itu kesempatan kali ini akan kami paparkan mengenai Proses pertumbuhan tanaman tomat paling lengkap.

Proses Pertumbuhan Tanaman Tomat Paling Lengkap

Pertumbuhan serta perkembangan tanaman tomat mendapat pengaruh sejumlah faktor antara lain suhu, kelembaban serta ketinggian tempat. Jika lingkungan kurang mendukung dari pertumbuhan serta perkembangan tanaman tomat tersebut maka akan berpengaruh terhadap produktivitas tanaman tomat tersebut. Ketiga faktor diatas diantaranya mengatur beberapa proses pertumbuhan seerta perkembangan sampai mengalami polinasi fertilitasi dan pembentukan buah serta biji.

Tanaman tomat bisa tumbuh pada dataran rendah yang tingginya berkisar 200-500 m diatas permukaan laut (dpl). Para ahli botani menyatakan pendapat bahwa titik di pembentukan buah tomat ini suhnya malam hari.
Suhunya berkisar 15-200 CC, suhu malam hari rendah < 130 c is amenurunkan produksi serta viabilitas polen sementara untu suhu tinggi >320 c bersamaan dengan kelembaban yang rendah serta angina yang kencang bisa menghambat polinasi serta fentilasi jadi buah tidka bisa membentuk.

Baca Juga :   Sistem Transportasi Pada Tumbuhan (Tingkat Rendah dan Tinggi) dan Teorinya Lengkap

Seharusnya kelembaban udara tinggi akan mengakibatan tanaman tomat diserang banyak penyakit busuk daun.
Untuk melihat pertumbuhan serta perkembangan tanaman tersebut mulai dari awal pembentukan perkecambahan sampai tanaan tomat tersebut berbuah maka kami akan melakukan berbanyakan generative yakni dengan memakai biji. Pertumbuhan tanaman tomat tersebut dimulai dari semenjak dini disemaikan dalam tanah.

Proses Pertumbuhan Tanaman Tomat Paling Lengkap

Berikut merupakan hasil dari pengamatan penyemaian bijitomat sampai pemetikan buah tomat :

1. Minggu pertama

Pertumbuhan di minggu pertama telah menunjukkan banyak perkembangan. Mulai dari tumbuhnya batang, lalu daun, serta akar yang masih kecil. Tinggi tanaman di setiap minggu pertama kurang lebih 4 cm.

2. Minggu kedua

Pertumbuhan dan juga perkembangan tumbuhan telah mulai Nampak. Arah dari tumbuh batang tegak lurus serta mulai untuk tubuh daunnya. Duduk daun telah mulai menyebar. Di bagian batang serta daun telah mulai terlihat sejumlah rambut halus (trikomata).

3. Minggu ketiga

Bagian bagian batang yang telah mulai tumbuh dan membentuk cabang cabangnya inii, lalu daun tumbuh dengan membentuk daun majemuk besar sekali. Bentuk dari batangnya bulat dan di minggu ketiga ini panjang dari tanaman telah menjacapai kurang lebih 20 cm.

4. Minggu keempat

Batang akan terus mengalami pertumbuhan keatas, dan begitu juga dengan sejumlah cabangnya akan tumbuh dengan membentuk daun yang telah mulai membesar. Panjang tanaman telah mencapai kurang leih 45 cm.

5. Minggu kelima

Sudah mulai bermunculan bunga di bagian batang serta setiap percabangannya batang. Bunganya warna kuning dengan cahaya besar dan bunga ini tergolong sebagai bunga bisexualis.

6. Minggu keenam

Tanaman tomat di minggu yang ini telah mulai berbuah, namun masih kecil. Tanaman yang telah mulai berhenti pertumbuhannya dengan ketinggian kurang lebih 12 cm. seiring dengan pertumbuhannya buah ini, di sekeliling percabangan telah mulai banyak tumbuh bunga.

Baca Juga :   Ragam Tumbuhan Langka di Indonesia dan Di Dunia Terlengkap

7. Minggu ketujuh

Buah tomat akan mulai membesar. Dan warnanya buah ini merah mudah serta sebagiannya lagi buah yang masih mudah warnanya hijau muda. Pertumbuhan dan juga perkembangan buah ini aka terus berlansgung.

8. Minggu kedelapan

Tomat yang warnanya merah tua telah dapat dipetik. Dengan seiring pertumbuhan buah tomat, maka pertumbuhan dari bunga pun akan terus berlangsung. Pemetikan buah tomat yang dijalankan yakniada beberpaa tahapan. Bentuk dari buah tomat ini bulat lonjong, bulat saja, pipih dan juga oval. Untuk permukaannya buah tomat ini halusan dan mengkilap.

Supaya kualitas dari yang dihasilkan buah ini bisa bagus serta pertumbuhannya ini bisa cepat maka bisa dijalankan dengan memberikan pupuk yang sesuai degan tanaman tomat tersebut. Pemberian pupuk ini dijalankan dengan berkala. Dalam penanaman jumlah yang besar, maka akan dijalankan dengan pemberian anti hamanya juga. Hal tersebut dijalankan dengan tujuan yakni menghindarkan diri terhadpa serangan hama yang mengakibatkan buah tomat busuk dan juga kerdil.

Morfologi tanaman tomat

Berikut ini ada beberapa morfologi dari tanaman tomat, diantaranya :

1. Akar

Tanaman tomat atau dikenal dengan(solanum lycopersicum) mempunyai akar tunggang dengan tumbuh menembus didalam tanah serta serabut yang tumbuh diarah samping namun dangkal.

2. Batang

Batangnya berbentuk persegi empat sampai bulat, batangnya lunak namun kuat, berbulu/ berambut halus dan diantara bulu ini ada rambut kelenjar.

3. Daun

Daun tanaman ini bergerigi membentuk celah menyirip lumayan melengkung didalam. Warnanya hijau dan termasuk daun majemuk ganjil jumlahnya 5-7.

4. Bunga

Bunganya berdiameter 2cm serta warnanya kuning cerah. Kelopaknya bunga jumlahnya 5 buah dan warnanya hijau ada dibagian bawah maupun pangkal bunga.

Baca Juga :   2 Proses (Fase) Pertumbuhan Tanaman Kacang Tanah Paling Lengkap

5. Buah

Buahnya ini mempunyai warna bervariasi, yakni bergantung dengan jenisnya. Ada buah yang bentuknya bulat, agak lonjon, agak bulat, oval, dan bulat persegi.

Jadi, mungkin itu dulu yang bisa kami sampaikan informasinya mengenai Proses pertumbuhan tanaman tomat paling lengkap. Buah ini mempunyai kandungan yang baik bagi tubuh manusia. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah yang tingginya bisa mencapai 200-500 m diatas permukaan laut (dpl). Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi kalian dan bisa menambah ilmu pengetahuannya. Terima kasih.

Baca juga:

Daur Hidup Semangka, Jenis, Hama Dan Manfaatnya

Pengertian Taman Nasional dan Contohnya Terlengkap