Proses dan Klasifikasi Pertumbuhan Tanaman Pisang Mulai Dari Tunas

2 min read

Proses Pertumbuhan Tanaman Pisang Mulai Dari Tunas

Proses Pertumbuhan Tanaman Pisang Mulai Dari Tunas – Siapa yang tidak familiar dengan buah satu ini, buah berbentuk panjang dan berwarna kuning ketika sudah matang ini seakan tidak memiliki haters sama sekali. Ya, pisang adalah jenis buah favorit hampir semua orang di dunia.

Proses dan Klasifikasi Pertumbuhan Tanaman Pisang Mulai Dari Tunas

Apalagi kalau bukan karena rasanya yang enak, mudah didapat dimana saja, dan ternyata kandungan vitamin nya juga sangat banyak dan pastinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.
Pisang salah satu tanaman yang sangat mudah kita jumpai. Tanaman yang mempunyai ciri khas berdaun lebar ini kebanyakan dibudidayakan dengan cara vegetatif atau tunas anakan. Negara yang membudidayakan tanaman ini adalah Indonesia. Di mana Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai varian atau jenis pisang yang cukup banyak.

Tanaman pisang digolongkan ke dalam kelas monokotil atau tanaman berbiji tunggal. Untuk lebih jelasnya tentang klasifikasi tanaman pisang Anda bisa simak dibawah ini :

Klasifikasi tanaman Pisang (Musa parasidica)

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Liliopsida (monokotil)
Sub Kelas : Commelinidae
Ordo : Zingiberales
Famili : Musaceae (suku pisang-pisangan)
Genus : Musa
Spesies : Musa paradisiaca

Selain karena manfaat buah pisang yang melimpah, buah pisang juga populer karena buah ini bersifat multiguna artinya banyak berbagai jenis menu makanan menggunakan pisang sebagai bahan dasar utama ataupun pendampingnya.

Di Indonesia sendiri pisang biasanya dihidangkan sebagai makanan ringan pendamping ketika sedang santai, biasanya diolah dengan cara digoreng ditemani kopi hangat dan kita semua pun akan dapat membayangkan kenikmatannya.

Baca Juga :   5 Peran Cahaya Dalam Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman "Lengkap"

Setiap tempat di belahan dunia ini, buah pisang memiliki nama yang berbeda-beda, seperti di India misalnya nama lokal pisang disana adalah Kela (Hindi), di inggris disebut banana.
Lalu bagaimanakah proses pertumbuhan tanaman pisang mulai dari tunas hingga berbuah?. Pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi serta pengetahuan bagi Anda tentang Proses Pertumbuhan Tanaman Pisang Mulai Dari Tunas. Berikut adalah penjelasan selengkapnya untuk Anda simak.

1. Mengenal Lebih Dekat Pohon Pisang

Pohon pisang adalah salah satu nama yang biasanya digunakan untuk menjelaskan ataupun menggambarkan jenis dari sebuah tanaman raksasa. Di mana tanaman raksasa tersebut memiliki tulang daun yang memanjang dan berasal dari suku musacae. Tanaman ini menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi, bukan hanya buahnya saja pohon dari tanaman ini juga bisa dikonsumsi oleh manusia.

Tanaman pisang merupakan tanaman berdaun lebar, panjang daun bisa mencapai 2 meter dengan lebar 40-50cm, dengan dipisahkan dengan tangkai daun, posisi tangkai daun membelah daun menjadi 2 bagian, daun pisang mempuyai sebuah garis-garis yang berada ditepian daun sehingga daun pisang sangat mudah sekali robek.

Tanaman pisang memiliki tinggi 2-3 meter tergantung jenis pisang, batang langsung terhubung dengan akar dan bonggol pisang, bentuk batang bulat dengan dilapisi pelepah dibagian batangnya, batang pisang mempunyai kadar air yang tinggi sehingga mudah untuk ditebas.

Pada umumnya buah pisang, tersusun secara rapi dan bertingkat yang disebut dengan tandan. Tidak hanya itu, buah ini tersusun rapi dan juga menjajar rapi, sehingga susunan ini sering disebut dengan sisir.
Secara umum, buah pisang memiliki warna hijau ketika masih mentah dan akan berubah menjadi warna kuning ketika sudah menjadi matang. Tetapi disamping itu, ada juga warna lainnya yaitu seperti merah, jingga, ungu, dan juga hitam sesusai dengan jenis tanaman pisang tersebut.

Baca Juga :   2 Proses (Fase) Pertumbuhan Tanaman Kacang Tanah Paling Lengkap

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pisang adalah salah satu tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan salah satunya adalah dari Indonesia. Tanaman Pisang sering sekali kita jumpai di daerah yang beriklim tropis seperti iklim di Negara kita, yaitu Indonesia.

Di Negara Indonesia, tanaman pisang sudah banyak di budidayakan oleh para petani. Sehingga, wajar saja jika Indonesia merupakan salah satu negara penghasil pisang terbesar di Asia Tenggara.

2. Proses Pertumbuhan Pisang Mulai dari Tunas Hingga Berbuah

Tanaman pisang adalah salah satu jenis tanaman yang berkembangbiak dengan cara vegetatif, yaitu menghasilkan anak pisang atau yang lebih sering kita sebut dengan tunas. Pada umumnya, tunas dari tanaman ini tidak akan tumbuh jauh dari pohon induknya.

Tunas pisang yang masih baru sering disebut dengan individu yang baru. Di mana yang nantinya tunas tersebut akan tumbuh menjadi pohon pisang dewasa. Secara umum, tunas ini berasal dari tunas ketiak yang berada di dalam tanah yang tidak jauh dari akar pohon pisang yang dewasa.

Setelah tunas pisang tumbuh menjadi tanaman pisang dewasa, maka tanaman pisang ini akan mengeluarkan jantung pisang. Di mana dari jantung pisang tersebut akan mulai muncul sisir-sisir buah pisang dengan satu per satu. Lalu nantinya akan membentuk menjadi tandan. Lalu tandan tersebut akan bertambah besar, begitu pula dengan buah pisang yang terdapat pada setiap sisirnya.

Setelah itu buah pisang bertambah besar setiap sisirnya, barulah buah pisang tersebut akan menguning dan inilah yang disebut dengan pisang yang matang. Kemudian, barulah muncul tunas yang baru untuk menggantikan tanaman pohon pisang yang sudah tua.

Demikianlah informasi serta pengetahuan tentang Proses Pertumbuhan Tanaman Pisang Mulai Dari Tunas yang bisa kami bagikan melalui artikel singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberi pengetahuan serta wawasan bagi Anda. Terima kasih dan selamat berkebun.

Baca Juga :   Hormon Vernalin Pada Tumbuhan - Pengertian, Fungsi, Letak dan Interaksinya

Baca juga:

Tulang Belakang Lumbar : Penjelasan dan Fungsinya Lengkap

Proses Penyembuhan Luka Sesuai Kondisi Biologis Tubuh Lengkap