Proses Pertumbuhan Tanaman Gulma Dan Penjelasannya

2 min read

Proses Pertumbuhan Tanaman Gulma Dan Penjelasannya

Proses pertumbuhan tanaman gulma dan penjelasannya – gulma merupakan tumbuhan pengganggu yang bisa menurunkan hasil tanaman yang dibudidayakan jika tak dikendalikan dengan efektif. Selain tersebut, gulma pun sebagai salah satu faktor biotik yang memicu kehilangan hasil panen berikut ini akan kami jelaskan seputar Proses pertumbuhan tanaman gulma dan penjelasannya.

Gulma menyaingi tanaman dari pengambilan unsur hara, ruang, air, dan cahaya. Pada lahan irigasi, persaingan gulma menggunakan padi bisa menurunkan hasil padi 10 hingga 40 % yakni bergantung dengan spesies serta kepadatan gulma, jenis tanah, kondisi iklim dan pasokan air.

Proses Pertumbuhan Tanaman Gulma Dan Penjelasannya

Perilaku gulma dengan mengganggu tanaman pada pertumbuhan serta perkembangan tanaman budidaya mengakibatkan tanaman gulma dipakai menjadi musuh para petani sebab dengan adnaya gulma dengan otomatis menurunkan hasil terhadap produksi pertanian.

Disamping itu, gulma juga punya sifat mudah berkembang di berbagai tempat. Dari mulai tempat termiskin nutrisi hingga yang kaya nutrisi. Sifat tersebutlah yang menjadi pembeda melalui cara vegetatif. Luasnya penyebaran sebab daun bisa dimodifikasikan, demikian juga di bagian-bagian lainnya. Itulah yang memungkinkan gulma unggul di dalam persaingan dengan tanaman budidaya.

Dikarenakan daun bisa dimodifikasi inilah sehingga membuat di bagian bagian yang lain memungkinkan gulma bisa unggul di dalam persaingan bersama tanaman budidaya.
Di sisi lain gulma pun bisa membentuk biji dengan jumlah yang banyak. Hal ini jugalah yang memungkinkan gulma bisa berkembang biak secara cepat pula. Gulma pun ada yang bisa memberikan bau dan rasa yang masih kurang sedaap, bahkan bila mengeluarkan zat yang ada di sekeliling tempat tumbuhnya yang bisa meracuni tumbuhan lain (kejadian allelopati).

Baca Juga :   Tumbuhan Tingkat Tinggi - Pengertian, Contoh Soal Dan Pembahasannya Lengkap

Berdasarkan fisiknya, gulma bersaing bersama dengan tanaman budidaya untuk ruang, cahaya beserta kimiawi untuk nutrisi, air, sejumlah gas penting serta dalam peristiwa allelopati.
Persaingan bisa berlangsung jika komponen yang diperlukan ini baik gulma atau tanaman budidaya ada di jumlah yang memang patut untuk diperebutkan.

Sifat Sifat Gulma

Gulma ialah tumbuhan yang memiliki sifat serta ciri khas khusus yang pada umumnya berbeda dengan tanaman pokok maupun tanaman budidaya. Sejumlah sifat gulma ini diantaranya :

  • Gulma gampang tumbuh di setipa tempat maupun daerah yang berbeda – beda, mulai di tempat yang miskin nutrisi hingga tempat yang kaya akan nutrisi.
  • Gulma bisa bertahan hidup serta tumbuh di daerah kering yang masih lembab bahkan pula bergantung dengan yang maish bisa bertahan
  • Kemampuan gulma guna mengadakan regenerasi maupun perkembangbiakan memperbanyak diri besar sekali, terutama di gulma perennial. Gulma perennial. Gulma perennial atau dikenal sebagai gulma yang hidupnya menahun ini bisa juga menyebar luas melalui cara perkembangbiakan vegetatif selain itu pula dengan generatif. Kelebihan dari perkembangbiakan vegetatif daripada generatif ini dapat kalian jadikan sebagai sumber informasi tambahan.
  • Gulma pun bisa menghasilkan biji dengan jumlah yang banyak sekali, dan ini juga yang memungkinkan gulma bisa cepat berkembang biak.

Proses pertumbuhan gulma

Waktu aplikasi serta dosisi herbisida ini mempengaruhi dari bobot kering gulma. Interaksi waktu aplikasi serta dosis herbisida akan mempengaruhi nyata dari bobot kering gulma di usia 42 hari sesudah tanam.
Sesudah usia 8 hari penyemprotan sejumlah daun gulma nampak menguning serta menunjukkan bahwa gejala chlorosis dan sesudah 14 hari penyemprotan hampir semua daun sudah mengering, sebagiannya ada yang gugur dan akan mulai terdekomposisi. Perbedaan warna serta daun akibat dari proses fotosintesis dapat dipakai untuk informasi tambahan kalian.

Baca Juga :   15 Tumbuhan Menyimpan Cadangan Makanan Beserta Contohnya Lengkap

Kondisi ini bisa terpatahkan. Hal tersebut sesuai dengan pendapat dari seorang ahli bernama lutman dan richardson (1977) bahwa awal dari proses penuaan daun dialami 14 hari sesudah penyemprotan pertama, sesuah itu bisa dilanjutkan ke penyemprotan selanjutnya.

Selain tersebut efektifitas pengendalian pun dipengaruhi dari kemampuan gulma yang tumbuh kembali saat menghadapi persaingan. Penyebab terjadinya gulma yang cenderung akibat dari potensi tumbuh dari gulma yang tumbuh secara bersama sama akan lebih mampu bersaing.

Hal tersebut sesuui dari pendapatnya lamid (1996), bahwa jenis gulma yang kompetitif sekali ini lebih dapat bersaing jika dibandingkan dengan yang non-kompetitit jadi dapat menguasai ruang tumbuh. Penurunan bobot kering gulma akan menunjukkan tingkat persaingan diantara gulma serta tanaman jagung manis yang lebih kecil.

Bobot kering gulma memperoleh pengaruh pula dari dosis herbisida. Di umurnya 42 hari ini sesudah masa tanam, perlakukan glifosat 3 l/ha akan menghasilkan bobot kering besar sekali dan tak jauh beda nyata dengan perlakukan dosisi glifosat 4.5 l/ha namun berbeda nyata dengan perlakukan yang lain.

Keadaan ini disebabkan adanya perbedaan dari banyaknya bahan aktif pada setiap tingkat dosis, sehingga dapat mempengaruhi efektifitas glisofat.
Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian oleh lamid et, all(1999) dan sutanto (1997), bahwa penurunan dari bobot kering gulma dalam persiapan lahan padi sawah TOT ditambah glyfosat 4.5 l/ha dengan lebih kecil (17.1%) jika dibandingkan dengan TOT ditambah glifosat 6 l/ha (50.6%).

Jenis jenis gulma

Menurut morfologinya, gulma dibagi berdasarkan gulma berdaun sempit (grasses), yakni daun serupa pita, batangnya beruas, tanamannya tumbuh tegak menjalar dan mempunyai pelepah. Kemudian satunya gulma berdaun lebar yakni bentuknya lebar, tanaman tumbuh tegak menjalar.
Sementara berdasarkan siklus hidup dibedakan gulma semusiman yakni gulma 2 musim dan tahunan.

Baca Juga :   Pembuahan Tunggal dan Ganda Pada Tumbuhan Terlengkap

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai Proses pertumbuhan tanaman gulma dan penjelasannya. Tanaman gulma memang kerap dikenal sebagai tanaman yang mengganggu tanaman lainnya. Namun, gulma unggul dalam persaingan pada tanaman budidaya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Komponen Sel Eukariotik serta Fungsinya (Nukleus Dan Sistem Endomembran)

Contoh Intensifikasi dan Ekstensifikasi Pertanian Paling Lengkap