Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Melati Dan Penjelasannya

2 min read

Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Melati Dan Penjelasannya

Proses pertumbuhan tanaman bunga melati dan penjelasannya – bunga melati ialah salah satu jenis tanaman hias yang berbentuk perdu berbatang tegak serta hidupnya menahun. Melati sendiri masih tergolong dari genus semak serta tanaman yang merambat dalam keluarga zaitu. Berikut ini penulis akan membahas seputar Proses pertumbuhan tanaman bunga melati dan penjelasannya.

Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Melati Dan Penjelasannya

Sama halnya dengan tanaman lain, untuk bisa bertumbuh dengan optimal maka bunga melati memerlukan cahaya matahari banyak, sebab tanaman tersebut cocok bila di tanam pada tempat yang terbuka dengan tingkat kelembaban udara mencapai 50 – 80 derajat celsius di malam hari.

Untuk media pertumbuhannya, tanaman bunga ini cocok sekali bila ditanam di jenis tanah yang latosol serta andosol. Tanah latosol ialah tanah yang banyak kandungan zat besi serta alkuminium. Jenis tanah tersebut mempunyai tingkat kesuburan dengan lebih rendah sebab sudah tua sekali. Proses pertumbuhan tanaman bunga mawar dapat dipakai menjadi informasi tambahan.

Sementara iklim yang cocok guna pertumbuhannya ialah iklim dengan jarak 2 – 3 bulan bisa kering serta 5 – 6 bulan basah. Tanaman melati akan tumbuh serta mempunyai produktivitas yang baik jika ditanam di lingkungan yang sesuai. Dataran rendah hingga dataran yang tinggi dengan mencapai ketinggian 10 – 1.600 meter di atas permukaan laut (dpl) yakni ketinggian yang ideal.

Walau demikian, namun setiap jenis melati mempunyai kemampuannya sendiri sendiri guna tumbuh di daerah ketinggian khusus. Misalnya seperti melati putih (jasminum sambac) atau idealnya ini di tanam di dataran rendah sampai di ketinggian 600 m dpl. Sementara untuk melati star jasmine ini bisa tumbuh serta beradaptasi secara baik di daerah dataran rendah sampai di ketinggian 1.600 m dpl.

Baca Juga :   Tumbuhan Tingkat Tinggi - Pengertian, Contoh Soal Dan Pembahasannya Lengkap

Proses pertumbuhan yang dialami dalam bunga melati ini diantaranya berikut ini :

1. Tahap awal pertumbuhan

Ketika air masuk di dalam biji, sejumlah enzim mulai aktif jadi bisa menghasilkan beragam jenis reaksi kimia. Kerja enzim ini diantaranya bisa mengaktifkan metabolisme di dalam biji dengan cara mensintetis cadangan makanan menjadi persediaan cadangan makanan di waktu perkecambahan melangsungkan diri untui dipakai sebagai berkecambah.

2. Perkecambahan

Perkecambahan ialah munculnya plantula (tanaman kecil) di dalam biji yang termasuk hasil pertumbuhan serta perkembangan embrio. Di dalam perkebangan embrio ketika berkecambah, bagian plumula tumbuh serta berkembang sebagai bagian batang, sementara untuk radikula sebagai akar.

3. Pertumbuhan primer

Sesudah dalam fase perkecambahan diikuti dengan pertumbuhan 3 sistem jaringan meristem primer yang letaknya di akar serta batang. Di dalam fase tersebut tumbuhan akan membentuk akar, daun dan batang. 3 sistem jaringan primer yang bentuknya berikut ini :

  1. Protiderm yakni lapisang paling luar yang nantinya membentuk jaringan epidermis
  2. Meristem dasar akan berkembang sebagai jaringan dasar yang akan mengisi lapisan korteks di akar anatar lain epidermis dan style
  3. Prokambium yakni lapisan dalam yang nantinya akan berkembang sebagai silinder pusat yakni xilem dan floem
  4. Pertumbuhan primer dalam akar
  5. Akar mudah yang keluar ini berasal dari biji yang akan segera masuk di dalam tanah, kemudian membentuk sebuah sistem perakaran tanaman. Di ujung akar yang masih muda ada 4 daerah pertumbuhan.
    Daerah pertumbuhan di ujung akar ini yang masih muda, diantaranya :
    • Tudung akar (kaliptra)
    Tudung akar atau dikenal dengan kaliptra fungsinya menjadi pelindung dari benturan fisik ujung akar dari tanah sekeliling pertumbuhan. Fungsi lain dari ujunng akar, yakni memudahkan akar menembus tanah sebab tudung akar akan lengkap dengan sekresi cairan polisakarida.
    • Meristem
    Meristem adalah bagian dari ujung akar yang selnya akan senantias melakukan pembelahan dengan mitosis. Meristem tersebut letaknya ada di belakang tudung akar. Di dalam pertumbuhan dikotil, sejumlah sel tudung akar yang rusak ini akan digantikan oleh sejumlah sel baru yang di hasilkan oleh sejumlah sel meristem primer terhadap perkembangan sejumlah sel meristem apikal.
    • Daerah diferensiasi
    Di daerah tersebut, sejumlah sel letaknya ada di belakang daerah meristem. Sejumlah sel dari hasil pembelahan meristem tumbuh dan juga berkembang dengan memanjang di daerah tersebut. Kegiatan pertumbuhan serta perkembangan memanjang dari sel memicu pembelahan sel pada daerah tersebut sehingga menjadi lebih lambat terhadap bagian lain. Pemanjangan sel ini perannya penting guna membantu daya tekan akar serta proses pertumbuhan memanjang akar.
    • Daerah diferensiasi
    Di daerah tersebut, sejumlah sel hasil pembelahan serta pemanjangan akan berkelompok sesuai dengan samanya struktur. Sejumlah sel yang mempunyai kesamaan struktur, lalu akan mendapatkan tugas yang membentuk jaringan khusus.
Baca Juga :   Fungsi Klorofil Pada Proses Fotosintesis

4. Pertumbuhan primer dalam batang

Pertumbuhan serta perkembangan primer di batang ini mencakup daerah pertumbuhan (titik tumbuh), daerah pemanjangan serta daerah diferensiesi. Meristem apikal dalam batang dibentuk oleh sejumlah sel yang senantiasa akan membelah di ujung tunas yang biasa dikenal dengan nama kuncup.
Di dalam kuncup, maka ruas batang serta tonjolan daun kecil (primordia) mempunyai jarak pendek sekali sebab jarak intermodus (antar ruas ) pendek sekali. Pertumbuhan, pembelahan serta pemanjangan sel mengalami ddi dalam intermodus.

5. Pertumbuhan seknder

Sesuah meristem primer ini membentuk sebuah jaringan yang permanen, lalu meristem sekunder akan terjadi pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan sekunder Cuma terjadi dalam tumbuhan dikotil, yakni pembentukan kambium yang bentuknya dari kolenkim dan parenkim.
Demikianlah tadi informasi mengenai Proses pertumbuhan tanaman bunga melati dan penjelasannya. Media pertumbuhan bunga melati ini cocok sekali ditanam jenis tanah latosol serta andosol. Selamat mencoba dirumah dan Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Kamboja Dan Penjelasannya

Ciri Hewan Karnivora Herbivora Omnivora Terlengkap