Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Kamboja Dan Penjelasannya

2 min read

Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Kamboja Dan Penjelasannya

Proses pertumbuhan tanaman bunga kamboja dan penjelasannya – bunga kamboja atau nama latinnya ialah “plumeria L cv. Acutifolia, ialah bunga yang berasal dari daerah amerika tropik dan afrika. Pohon tersebut tergolong tanaman hias yang masuk family dalam apocynaceae.
Bunganya terdiri atas beberapa jenis diantaranya : merah dan putih atau jepang. Batangnya berkayu keras dengan ketinggian mencapai 6 meter, bercabang banyak, batang utamanya besar dan mempunyai cabang muda lunak, batangnya dominan bengkok serta bergetah. Proses pertumbuhan tanaman bunga melati pun bisa dipakai menjadi informasi tambahan.

Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Kamboja Dan Penjelasannya

Untuk proses pertumbuhannya misal tak jauh bedanya dengan bunga bunga lainnya. Berikut ini pembahasan lengkapnya :

1. Tahap awal pertumbuhan

Ketika air masuk di dalam biji, maka sejumlah enzim aktif jadi bisa menghasilkan beragam reaksi kimia. Kerja enzim tersebut diantaranya; mengaktifkan metabolisme di dalam biji secara mesintesis cadangan makanan menjadi persediaan cadangan makanan di waktu perkecambagan melangsungkan diri sehingga digunakan untuk berkecambah.

2. Perkecambahan

Perkecambahan ialah munculnya plantula (tanaman kecil) mulai dari biji dalam yakni sebagai hasil pertumbuhan serta perkembangan embrio. Di waktu perkembangan embrio ketika berkecambah, maka bagian plumula akan tumbuh serta berkembang embrio. Di waktu perkembangan embrio ketika berkecambah, maka bagian plumula tumbuh serta berkembang sebagai batang, sementara radikula ini sebagagi akar serta jaringan penyusun akar.

Baca Juga :   6 Mahkota Bunga - Pengertian, Variasi, Karakteristik dan Fungsinya

3. Pertumbuhan primer

Sesudah fase perkecambahan, maka akan diikuti pertumbuhan 3 sistem jaringan primer yang letaknya di akar dan batang. Di fase tersebut tumbuhan akan membentuk akar, lalu batang, serta daun. 3 sistem jaringan primer ini bentuknya antara lain berikut ini :

  • Protoderm yakni lapisan paling luar yang nantinya akan membentuk jaringan epidermis
  • Meristem dasar yang nantinya akan berkembang sebagai jaringan dasar yang akan mengisi lapisan korteks di akar antara lain epidermis dan style
    Prokambium yakni lapisan dalam yang nantinya akan berkembang sebagai silinder pusat, yakni xilem dan floem.
  • Pertumbuhan primer dalam akar
  • Akar mudah yang keluar pada biji akan segera masuk di dalam tanah, kemudian akan membentuk sisteem perakaran tanaman. Di bagian ujung akarnya ini masih mudah ada 4 daerah pertumbuhan berikut ini :
    1. Tudung akar (kaliptra)
    Tudung akar atau dikenal dengan nama kaliptra ini fungsinya menjadi pelindung dari benturan fisik akar dari tanah sekeliling pertumbuhan. Fungsi lain dari ujung akar, yakni memudahkan akar ketika menembus tanah sebab tudung akar dilengkapi dengan sekresi cairan polisakarida.
    2. Meristem
    Meristem ialah bagian ujung akar yang selnya selalu melakukan pembelahan dengan mitosis. Meristem ini letaknya di bagian belakang tudung akar. Di dalam tumbuhan dikotil, sejumlah sel tudung akar yang rusak akan diganti oleh sejumlah sel baru yang akan dihasilkan oleh sejumlah sel meristem primer terhadap perkembangan sel sel meristem apikal.
    3. Daerah pemanjangan sel
    Daerah pemanjangan sel letaknya di bagian belakang daerah meristem. Sejumlah sel hasil pembelahan meristem tumbuh serta berkembang memanjang di daerah ini. Kegiatan pertumbuhan serta perkembangan memanjang terhadap sel akan memicu pembelahan sel pada daerah tersebut sehingga menjadi lebih lambat terhadap bagian lainnya. Pemanjangan sel ini perannya akan penting sekali guna membantu daya tekan akar serta proses pertumbuhan memanjang akar.
    4. Daerah diferensiase
    Di daerah tersebut, sejumlah sel hasil pembelahan serta pemanjangan akan mengelompok sesuai kesamaan struktur. Sejumlag sel ini mempunyai kesamaan struktur, lalu akan mendapatkan tugas membentuk jaringan khusus.
Baca Juga :   Bunga , Karakteristik dan Fungsi Terlengkap.

4. Pertumbuhan primer dalam batang

Pertumbuhan serta perkembangan primer dalam batang mencakup pertumbuhan (di titik tumbuh). Di daerah pemanjangan serta daerah diferensiase. Meristem apikal dalam batang akan dibentuk oleh sejumlah sel yang senantias akan membelah di ujung tnas yang kadang dikenal dengan nama kuncup.
Di dalam kuncup, tonjola daun kecil (primordia) dan ruas batang mempunyai jarak pendek sekali sebab jarak intermodus (antar ruas) pendek sekali. Pertumbuhan, pembelahan serta pemanjangan sel mengalami di dalam intermodus..

5. Pertumbuhan sekunder

Sesudah meristem primer telah membentuk jaringan permanen, lalu meristem sekunder akan terjadi pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan skunder Cuma dialami oleh tumbuhan dikotil, yakni pembentukan kambium yang bentuknya berasal dri parenkim maupun kolenkim.

6. Lingkaran tahun di batang dikotil

Bila sel kambium ini membelah di arah luar maka akan membentuk sel gloem dan sebaliknya bila selnya kambium ini membelah di arah ke dalam akan membentuk xilem.
Xilem dan floem ini yang berwujud dari kegaitan kambium bernama zilem sekunder dan floem sekunder. Pertumbuhan xilem dan floem ini mengakibatkan batang bertambah besar dan membentuk lingkaran tahun yang mendapat pengaruh oleh kegaitan di musim kemarau serta musim penghujan.

Manfaat bunga kamboja

Bunga kamboja atau dikenal dengan nama plumeria memang terkenal menjadi bunga mistis di indonesia. Namun bunga ini mempunyai berbagai manfaat, antara lain :

1. Obat

Bunga kamboja mempunyai senyawa yang berkhasiat untuk obat, diantaranya lupeol, triterprenoid, dan fulvoplumierin. Zat tersebut sifatnya antipiretik/ menurunkan panas demam, mngurangi inflamas/ peradangan dan mampu meredakan rasa sakit.

2. Makanan

Caranya mudah, yakni melumuri bunga kamboja dengan bumbu lumatan bawang putih, merica, garam serta dicampur tepung yang terdiri atas baking pwoder. Kemdian lumuri dan goreng garing sama dengan kerupuk.

Baca Juga :   Struktur Batang Pada Tumbuhan Bagian Dalam dan Bagian Luar

Nah, itu tadi mengenai Proses pertumbuhan tanaman bunga kamboja dan penjelasannya. Ada 3 tahapan dalam proses pertumbuhannya yang tak jauh berbeda dengan bunga lainnya. Bunga ini juga memiliki manfaat, salah satunya obat dan makanan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Ciri Hewan Karnivora Herbivora Omnivora Terlengkap

Daur Hidup Virus Terlengkap Beserta Penjelasannya