Proses Munculnya Lendir Dari Tubuh Bekicot Secara Alami dan Manfaatnya

3 min read

Proses Munculnya Lendir Dari Tubuh Bekicot Secara Alami

Proses Munculnya Lendir Dari Tubuh Bekicot Secara Alami – Bekicot atau dapat juga disebut sebagai siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae merupakan hewan yang berasal dari Afrika Timur dan telah menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia. Moluska ini telah menyebar akibat terbawa dalam perdagangan. Maka tidak heran apabila hewan ini telah terdapat di Indonesia bahkan beberapa orang mengkonsumsinya. Bekicot dapat anda jumpai di tempat yang lembab, baik di parit, sungai, rawa, hingga di daratan.

Bekicot atau siput darat memiliki tubuh yang lunak, berlendir, bermantel dan dilindungi oleh cangkang yang terbuat dari zat kapur. Sekarang ini bekicot telah susah ditemukan disebabkan banyak diburu oleh manusia. Selain itu, banyaknya berbagai kerusakan alam seperti kemarau panjang serta banyaknya lahan yang dijadikan perumahan membuat hewan ini tidak memiliki tempat tinggal.

Proses Munculnya Lendir Dari Tubuh Bekicot Secara Alami

Hewan ini merupakan salah satu contoh hewan molusca yang sering mengeluarkan lendir dari mulutnya, lendir tersebut bersifat basah, licin, tebal dan agak lengket. Lendir dari bekicot dapat dihasilkan sepanjang waktu sebagai senjata untuk mempertahankan diri dari gangguan untuk menjauhi serangga.

Tidak hanya itu, ternyata lendir tersebut juga digunakan untuk mempermudah pergerakan hewan tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Proses Munculnya Lendir Dari Tubuh Bekicot Secara Alami berikut ini penjelasannya.

  • Bekicot mempunyai banyak selaput lendir atau kelenjar mukosa besar yang terletak di bawah mulut dan dekat dengan kaki bagian depan. Dalam kelenjar tersebutlah lendir diproses dan dihasilkan. Kelenjar mukosa ini berupa sebuah lapisan-lapisan sel yang terhubung langsung dengan dunia luar. Setiap bekicot mampu menghasilkan lendir dalam jumlah yang cukup banyak dalam setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar setiap harinya tubuh tersebut tetap lembab dan membantu mempermudah pergerakan dengan mengurangi gesekan.
  • Kelenjar mukosa bekerja dengan cara menangkap berbagai partikel dari sekitar dan protein dari tubuhnya yang selanjutnya melarutkannya. Sebagian dari protein dan juga partikel yang dilarutkan tersebut mengalir ke dalam otak bekicot. Setelah itu otak bekicot akan menterjemahkan informasi yang diterimanya.
  • Hewan moluska ini memiliki dua sel otak yang berfungsi mengatur seluruh aktifitas dalam organnya. Menurut beberapa penelitian, meskipun bekicot mempunyai otak yang hanya ber-sel dua, namun otak bekicot mampu menerima serta mengolah informasi. Kemudian mengambil dan menghasilkan keputusan dengan cepat. Setelah informasi diterima oleh otak, kelenjar tersebut akan menghasilkan lendir dan dikeluaaskan melewati mulut hewan molusca ini.
  • Proses Munculnya Lender Dari Tubuh Bekicot Secara Alami selanjutnya yaitu bahan utama terbentuknya lendir bekicot adalah protein. Selain itu, juga terdapat karbohidrat dan jaringan-jaringan sel yang membentuk lendir. Moluska ini mendapatkan bahan pembuat lendir dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Nyatanya bekicot menyukai berbagai jenis makanan yang mengandung protein seperti jamur, tomat, apel, wortel, pisang, serta sayur-sayuran. Di Indonesia orang yang membudidayakan bekicot sering memberikan makan berupa daun talas. Dari makanan-makanan tersebutlah didapatkan protein untuk bahan dasar pembuatan lendir.
  • lendir yang terbentuk tersebut memiliki berbagai kandungan di dalamnya, antara lain antioksidan, protein tinggi, serta asam hyaluronic yang memiliki manfaat untuk melembabkan tubuh. Selain itu, juga bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan dan untuk mencegah bahaya sinar matahari secara langsung.
  • Pada saat musim kemarau atau musim dingin yang panjang, bekicot akan berhibenasi dan melapisi tubuhnya dengan lendir, sehingga tetap bisa dalam kondisi lembab. Pasokan makanan akan didapat dari cadangan lemak di dalam tubuhnya.
Baca Juga :   Bahaya Air Liur Hewan Komodo Secara Biologi

Manfaat Lendir Bekicot Untuk Kesehatan

Dengan berbagai kandungan tersebut, ternyata bekicot mempunyai manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya daging bekicotnya sendiri yang memiliki manfaat, namun lendir yang dianggap jijik oleh sebagian orang tersebut nyatanya bermanfaat untuk kecantikan. Berikut beberapa manfaat lendir bekicot bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Melembabkan kulit

Terdapat kandungan berbagai senyawa dalam lendir siput darat ini yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi epidermis kulit. Sehingga kulit akan tetap terjaga kelembapannya. Banyak produk perawatan dari lendir bekicot yang diklaim dapat menghidrasi kulit dengan baik.

2. Dapat mengatasi jerawat

Jerawat yang timbul di wajah merupakan akibat dari infeksi bakteri. Sehingga dengan melakukan perawatan dengan lendir dapat sedikit mengatasi masalah tersebut. Hal ini disebabkan terdapat kandungan antimikroba pada lendir bekicot yang dapat mengatasi peradangan akibat bakteri. Selain itu lendir tersebut juga dapat mencegah jerawat datang kembali.

3. Mempercepat penyembuhan luka.

Lendir siput darat dapat bekerja sebagai antiinflamasi pada kukit manusia.

4. Menyamarkan bekas luka

Senyawa dalam lendir bekicot dapat memicu produksi kolagen, elastin fibers, serta fibronectin, berkaitan dengan proses regeneraasi kulit. Perawatan yang tepat serta regenerasi kulit yang berjalan dengan baik dapat membuat kulit lebih sehat. Selain itu, noda hitam dan bekas luka juga dapat teratasi.

5. Mencegah penuaan dini

Perawatan wajah dengan menggunakan bekicot dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah penaan dini. Sebagian produk dari bekicot dapat menyamarkan garis halus yang sudah terlanjur muncul di wajah. Hal ini juga masih berhubungan dengan manfaat lendir bekicot yang dapat memperlancar regenerasi kulit.

Selain bermanfaat untuk kecantikan, bekicot juga bermanfaat untuk kesehatan. Bagi sebagian orang yang tidak merasa jijik dapat memanfaatkan lendir bekicot sebagai obat beberapa penyakit. Penyakit tersebut diantaranya TBC, hingga gagal ginjal. Namun cara penggunaannya masih dengan cara yang tradisional dapat belum terdapat penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya.

Baca Juga :   Sistem Pernapasan pada Ikan Bertulang Sejati dan Penjelasannya

Nah, demikian pembahasan menganai Proses Munculnya Lendir Dari Tubuh Bekicot Secara Alami. Jadi, kita dapat mengetahui ternyata lendir bekicot meskipun agak menjijikkan ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga uraian tersebut dapat memberikan manfaat dan informasi.

Baca juga: