Posisi Dan Tugas Pemain Bola Basket

2 min read

Posisi Dan Tugas Pemain Bola Basket

Posisi Dan Tugas Pemain Basket – pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai posisi serta tugas dari pemain bola basket.  untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Dalam permainan bola basket, disamping teknik dasar permainan yang wajib untuk dikuasai bagi para setiap pemain, tentunya juga terdapat hal-hal lain yang harus diketahui oleh para pemainnya, yaitu adalah tentang posisi dari pemain bola basket itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan itu posisi pemain bola basket sangat vital pengaruhnya terhadap kelangsungan pertandingan.

Untuk posisi pemain bola basket sendiri dapat berubah dengan sangat cepat pada saat permainan sedang berlangsung, dan hal tersebut juga tergantung dengan situasi yang sedang terjadi di lapangan pertandingan. Oleh sebab itu untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

Tugas Pemain Bola Basket

Pada pengaturan posisi pemain bola basket biasanya akan ditentukan berdasarkan dengan kemampuan dan juga postur tubuh dari para pemain basket. Pertimbangan ini dengan sengaja dibuat supaya para pemain mampu dalam bermain sesuai dengan kemampuannya masing-masing sehingga bagi setiap pemain bisa bermain secara maksimal.

Berikut ini adalah macam-macam dari jenis posisi pemain dalam pertandingan bola basket diantaranya.

Posisi Pemain Basket

Guard

Posisi guard ini dibagi menjadi 2 point guard serta shooting guard penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Point Guard atau PG

Posisi point guard ini dirasa akan lebih sangat efektif apabila dilakukan oleh para pemain yang memiliki kemampuan dribble bola basket dengan benar dan juga baik. Poin gold sendiri mempunyai fungsi yaitu sebagai pengatur Strategi permainan yang akan dipakai untuk mencetak skor ataupun Point. Disamping itu point guard juga mempunyai tugas yang membawa bola kemudian melakukan passing pada rekannya.

Baca Juga :   3 Cara Memegang Bola Bowling Yang Tepat Dan Benar

  • Shooting Guard atau SG

Shooting guard (SG)itu adalah posisi para pemain basket yang mana ditugaskan untuk menjadi seorang penembak utama titik seorang shooting guard tentunya harus bisa melakukan drive ke arah dalam. Posisi ini adalah posisi yang sangat menguntungkan, yaitu dikarenakan posisi ini sangat berkemungkinan untuk bisa menjadi small forward dengan kemampuan rebound  yang baik. Tentunya pemain yang sesuai dengan posisi ini yaitu adalah pemain yang memiliki postur tubuh yang tinggi besar dan juga mampu bergerak dengan lincah untuk mencari celah serta kesempatan di daerah lawan kemudian mencetak poin.

Forward

Dalam posisi forward terdapat dua posisi yaitu small forward dan Power forward berikut penjelasannya masing-masing:

  • Small forward atau SM

Small forward yaitu ditujukan pada pemain yang memiliki tugas untuk mencetak poin. Dengan posisi small forward ini maka diharapkan pemain tersebut mampu dalam menembus pertahanan lawan dan juga mencari celah untuk bisa mencetak poin. Posisi ini hanya diberikan pada pemain yang memiliki kemampuan dalam bermain bola basket dengan sangat baik dan juga jago di dalam teknik mencetak angka.

  • Power Foward atau PF

Power forward (PF)yaitu memiliki tugas untuk merebound bola. Rebound sendiri dilakukan and-1 untuk menjaga supaya bola tidak jatuh ke tangan musuh. Untuk power forward ini pada biasanya diberikan kepada pemain yang memiliki postur tubuh yang tinggi dan besar dengan kemampuan yang pandai dalam Melakukan lompatan yang tinggi dan juga mampu dalam beradu badan dengan lawan.

Center

Pemain center yaitu adalah pemain yang berada pada posisi tengah dalam permainan bola basket. Posisi ini pada umumnya ditugaskan kepada pemain yang memiliki kemampuan fisik yang kuat untuk beradu badan dengan lawan. Seseorang yang bertindak sebagai posisi senter ini harus mempunyai tanggung jawab dalam bermain di key hole serta melakukan rebound.

Baca Juga :   Basket : 5 Posisi Pemain Basket dan Tugasnya

Disamping itu, senter juga harus mampu dalam menghalau bola yang ditembakkan oleh musuh ke dalam ring supaya tim lawan gagal dalam mencetak poin. Selain itu juga seorang center harus mampu dalam membaca gerak-gerik lawan dan mencegah supaya lawan gagal dalam menembak bola ke ring.

Demikian artikel kali ini yang menjelaskan mengenai posisi dan tugas pemain basket, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna dalam menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda semua. Sekian dan terima kasih banyak atas kunjungannya, dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat yang lainnya terima kasih dan salam olahraga.

Baca Juga :