Posisi Daerah Pergantian Pelari Pada Lari Estafet Yang Perlu Diketahui

1 min read

Posisi Daerah Pergantian Pelari Pada Lari Estafet Yang Perlu Diketahui

Posisi daerah pergantian pelari estafet – pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai posisi daerah pergantian pelari pada lari estafet yang perlu diketahui terutama bagi Anda yang yang ingin menjadi atlet dari lari estafet ini. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Satu regu dalam lari estafet yaitu berjumlah 4 orang pelari di dalam satu regu titik pada lari estafet terdapat beberapa kali pemberian serta penerimaan tongkat oleh para pelari dengan kata lain dapat dikatakan bahwa keempat pelari tersebut akan melakukan lari dengan membawa tongkat secara bergantian dengan menuju garis finish.

Lalu Bagaimanakah dengan posisi dari masing-masing pelari tersebut baik itu pelari ke-1, ke-2, ke-3 ataupun pelari keempat? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Berdasarkan pada peraturan yang telah ditetapkan oleh IAAF yang merupakan selaku Induk organisasi atletik dunia yang juga menaungi dari cabang-cabang olahraga atletik nomor lari sambung atau yang biasa disebut dengan lari estafet. Dalam peraturannya telah dijelaskan bahwa saya di dalam lari estafet setiap masing-masing pelari akan diwajibkan untuk melakukan lari sebanyak 1 kali dengan cara bergantian dengan membawa tongkat menuju garis finish.

Posisi Pelari Estafet Dan Lintasannya

Setiap pelari estafet harus tetap berada pada lintasan baik itu sebelum lari ataupun sesudah berlari. Oleh sebab itu diatur lah posisi pelari estafet yang sesuai dengan posisi dan juga lintasannya. Berikut ini adalah posisi posisi dari pelari estafet dan juga lintasannya.

  • Pelari ke-1, ditempatkan pada daerah start pertama dengan lintasan yang berada di tikungan.
  • Pelari ke-2,ditempatkan pada daerah start kedua dengan lintasan yang lurus.
  • Pelari ke-3, ditempatkan pada daerah start ke-3 dengan lintasan di tikungan.
  • Pelari ke-4, ditempatkan pada daerah start ke-4 dengan lintasan yang lurus serta berakhir di garis finish.
Baca Juga :   √ Senam Aerobik │ Gerakan Dasar Senam Aerobik Yang Harus Di Ketahui

Dengan melalui pembagian tersebut, maka pada masing-masing pelari di saat berlari tidak boleh keluar dari jalur lintasan nya masing-masing.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai posisi daerah pergantian pelari estafet, semoga Informasi yang disampaikan mudah untuk dipahami dan juga dapat bermanfaat di dalam menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda semua. Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel-artikel tentang olahraga yang lainnya, terima kasih dan salam olahraga.

Baca Juga :