Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia

3 min read

Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia

Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia – Masing-masing anggota tubuh tentu saja memiliki oeran dan fungsinya masing-masing. Dan begitu banyaknya anggota tubuh yang terdapat pada manusia tersebut berperan penting dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk mendukung aktivitas tubuh secara keseluruhan. Salah satu yang perlu kita pelajari dan kita ketahui yaitu perbedaan fungsi dari otak kanan dan otak kiri manusia.

Memang semua orang mengetahui dan telah secara jelas terlihat bahwa otak kanan dan otak kiri memiliki fungsi yang berbeda. Namun, sebagian orang hanya mengetahui sekilas dan tidak terlalu memperdulikan fungsi dari kedua otak tersebut. Padahal mengetahui fungsi dan perannya penting untuk kita agar dapat lebih menghargai dan menjaga otak agar selalu dalam keadaan sehat. Penjelasan mengenai Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia lebih lengkapnya sebagai berikut:

Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri

Pada masing-masing setiap orang karakteristik, kemampuan dan juga sifatnya tentu saja berbeda. Hal ini dapat disebabkan karena perbedaan yang terjadi antara dungsi bagian otak kanan dengan otak bagian kiri. Perbedaan antara keduanya telah dikenal sejak tahun 1960, dikarenakan hasil dari sebuah penelitian seorang ilmuwan yang bernama Roger Sperry. Umumnya otak besar atau sering disebut dengan cerebrum adalah bagian yang memiliki pengaruh terhadap otak manusia secara keseluruhan. Karena cerebrum dikategorikan sebagai bagian terbesar dari otak.

Cerebrum berperan dalam membantu memproses seluruh kegiatan yang bersifat intelektual, diantaranya perencanaan mengenai masa depan, melakukann penalaran, mengingat, membayangkan suatu hal, dan kemampuan dalam berfikir. Nah, pada bagian otak besar inilah dibedakan menjadi dua bagian, yaitu otak bagian kanan dan otak bagian kiri. Pada msaing-masing bagian ini tentu saja mempunyai peran dan fungsi yang berbeda.

Baca Juga :   Tulang Gelang Panggul : Pengertian, Bagian - Bagian dan Fungsinya Terlengkap

Bagian otak kiri mempunyai fungsi yang berkaitan erat dengan hal rasio, kemampuan membaca, logika, kemampuan menulis, dan menjadi pusat kemampuan berhitung (matematika). Banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa otak kiri menjadi pusat dari intelligence Quotient (IQ). Sementara untuk bagian otak kanan mempunyai fungsi dalam proses tumbuh kembang emotional (EQ). Misalnya segala sesuatu yang berhubungan dengan sosialisasi, komunikasi, mengendalikan emosi, dan interaksi antara manusia satu dengan yang lainnya. Bagian otak kanan adalah tempat untuk kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, kemampuan memadukan dan juga kemampuan yang berhubungan dengan menyanyi, menari, melukis, dan kemampuan-kemampuan lainnya yang berhubungan dengan kreatifitas.

Perbedaan Fungsi Otak Kanan dan Kiri

Dibawah ini ulasan mengenai Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia yang perlu anda ketahui.

  • Perbedaan pertama sangat menonjol yaitu bahwa otak kanan lebih identic dedngan Emotional Quitent (EQ). Sementara otak kiri lebih identic untuk Intelligence Quotient (IQ).
  • Otak bagian kanan dimanfaatkan untuk proses pengontrolan seluruh bagian tubuh yang ada dibagian kanan. Begitupun sebaliknya otak kiri tentu saja dimanfaatkan untuk proses pengontrolan seluruh bagian tubuh yang ada disebelah kiri.
  • Perbedaan selanjutnya otak kanan digunakan untuk ketrampilan dalam bentuk 3 dimensi dan otak kiri untuk ketrampilan angka-angka.
  • Selain itu, otak kanan digunakan untuk ketrampilan selera seni dan ketrampilan music. Sementara otak kiri lebih mengarah kepada ketrampilan berhitung atau matematika serta karya ilmiah.
  • Otak kiri berfungsi sebagai peran untuk ketrampilan mengaalisa dan otak kanan untuk ketrampilan penyatuan.
  • Otak bagian kiri digunakan dalam hal-hal yang bersifat objektifitas. Sedangkan otak bagian kanan digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan sifat yang subjektifitas.
  • Otak kiri digunakan untuk kemampuan menulis, sedangkan otak kanan digunakan untuk kemampuan berimajinasi.
  • Perbedaan lainnya, otak kanan digunakan untuk kemampuan intuisi dan otak kiri digunakan untuk kemampuan berbicara.
  • Selanjutnya otak bagian kanan lebih mengarak digunakan untuk kemampuan kreatifitas. Sementara otak bagian kiri lebih digunakan untuk kemampuan logika.
  • Kemampuan untuk mengontrol emosi juga dierankan oleh otak bagian kanan. Sedangkan kemampuan untuk melakukaan pertimbangan dilakukann dan diperankan oleh otak bagian kiri.
  • Otak kanan akan cenderung mengalami fokus eksternal yang lebih besar dibandingkan dengan otak kiri. Sedangkan otak kiri akan cenderung mengalami fokus internalnya yang lebih besar.
  • Seuatu hal yang sifatnya spontan akan cenderung diperankan oleh otak kanan. Sedangkan sesuatu hal yang sifatnya berurutann secara detail akan diperankan oleh otak kiri.
  • Begitupun otak kanan akan lebih cnederung menginginkan suatu pendekatan yang tidak kenal batasan. Sementara otak kiri cenderung lebih menginginkan suatu hal yang terstruktur dan lebih terprediksi.
  • Perbedaan selanjutnya yang perlu diketahui adalah otak kanan lebih senang dengan suatu hal yang sifatnya acak. Sedangkan otak kiri kebalikannya, yaitu cenderung lebih senang dengan hal yang sifatnya berurutan.
  • Otak bagian kanan akan lebih menyukai belajar mulai dari keseluruhan baru kemudian mengarah pada bagian-bagian yang lebih detail. Berkebalikan dengan otak kiri dimana lebih menyukai dan nyaman belajar mulai dari bagian-bagian yang lebih detail, baru kemudian mengarah pada keseluruhannya.
  • Jika ingin melihat secara nyata, otak kaanan lebih menyukai hal yang berkaitan seperti menggambar, melukis, membuat diagram dan membuat grafik. Sementara otak kiri lebih menyukai hal-hal yang berhubungan dengan kata-kata symbol, dan huruf.
Baca Juga :   Sendi Gerak : Pengertian, Struktur, Fungsi Dan Kelainan

Perbedaan dari fungsi kedua bagian otak manusia tersebut ada yang dapat kita lihat secara langsung ada juga yang perlu mengamatinya. Namun, tidak mengubah kenyataan bahwa otak manusia bagian kiri dan bagian kanan memiliki perbedaan dan peranya masing-masing dalam hal mengendalikan dan mengontrol semua anggota tubuh lainnya. Demikian Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia yang perlu untuk kita ketahui. Sehingga dapat bermanfaat dan memberikan wawasan serta dapat digunakan sebagai referensi dikemudian hari.

Baca juga:

11 Contoh Hewan Porifera Terlengkap Beserta Ciri Dan Penjelasannya

Klasifikasi Tumbuhan Lumut (Bryophyta)