Peraturan Posisi Offside Dalam Permainan Sepakbola

1 min read

Peraturan Posisi Offside Dalam Permainan Sepakbola

Peraturan Posisi Offside – pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai peraturan posisi offside terbaru di dalam permainan sepak bola untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini secara seksama agar mudah dipahami dan dimengerti.

Di dalam permainan sepakbola kita tentunya sering mendengar atau mengenal istilah offside. Apabila anda merupakan seorang pemain sepak bola ataupun pecinta sepakbola sejati tentunya Anda harus memahami dan juga mengerti benar mengenai istilah offside dalam sepak bola ini. Secara umum posisi offside mempunyai pengertian yaitu posisi pada saat seorang pemain berada paling dekat dengan garis gawang lawan dibandingkan bola serta pemain lawan terakhir kedua.

Peraturan posisi offside sendiri telah diatur dalam Laws of the game FIFA No 11 di dalam peraturan tersebut telah dijelaskan bahwa offside merupakan pada saat seseorang pemain sepak bola tersentuh bola ataupun menerima umpan bola dari rekan satu timnya. Dengan keadaan pemain tersebut yang berada dengan mendahului pemain paling belakang dari tim lawan serta Jika pemain tersebut berada lebih dekat dengan garis gawang lawan setelah kiper.

Pada saat berada di dalam posisi offside, terdapat tiga hal pokok yang tidak bisa dilakukan oleh seorang pemain sepak bola diantaranya itu adalah:

  • Terlibat di dalam permainan.
  • terlibat dengan seorang pemain lawan.
  • Memperoleh keuntungan dengan Berada di posisi offside.

Di tahun 2013 FIFA melakukan sidang IFAB yang diadakan di edinburgh, Dan hasilnya itu adalah FIFA melakukan sebuah perubahan pada peraturan offside. Salah satunya itu adalah dengan menambahkan istilah “deliberate Play” dalam keterangan point mengenai “memperoleh keuntungan dengan berada pada posisi offside”.

Baca Juga :   √ Bola Basket │ Cara Menangkap Bola Basket Dengan Baik dan Benar

Secara harfiah Keterangan tersebut telah menjelaskan bahwa seseorang pemain yang berada di dalam posisi offside ketika menerima bola dari lawan yang dengan sengaja memainkan bola tersebut terkecuali ketika melakukan penyelamatan, maka tidak dihitung mendapatkan sebuah keuntungan.

Terperangkap tidaknya seseorang pemain di dalam posisi offside hal ini sangat ditentukan oleh kejelian serta ketepatan dari seorang hakim garis. Dikarenakan offset bukanlah suatu pelanggaran, maka banyak sekali dari tim-tim yang menggunakan peraturan offside ini sebagai strategi dalam permainan nya baik itu ketika mereka bertahan atau pun ketika mereka menyerang.

Demikianlah pembahasan kali ini yang telah menjelaskan mengenai peraturan posisi offside dalam permainan sepak bola. Semoga informasi yang diberikan mudah untuk dipahami dan juga dapat bermanfaat di dalam menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda semua, Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel artikel bermanfaat yang lainnya, terima kasih dan salam olahraga.

Baca Juga :