Fungsi Dan Peran Penting Pengumpan Dalam Permainan Bola Voli

1 min read

Fungsi Dan Peran Penting Pengumpan Dalam Permainan Bola Voli

Peran pengumpan Dalam Bola Voli –pada artikel  kali ini admin akan menjelaskan mengenai fungsi dan juga peran penting dari seorang pengumpan dalam permainan bola voli. Untuk lebih lengkapnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Permainan bola voli merupakan permainan olahraga yang dimainkan secara beregu serta permainan ini mengandalkan kerjasama tim yang baik supaya bisa memenangkan pertandingan. Di dalam satu regu Terdapat 6 pemain yang memainkan perannya masing-masing.

Akan tetapi pada artikel kali ini, akan membahas mengenai posisi pemain bola voli yang cukup banyak memainkan perannya yaitu pengumpan. Pengumpan dalam permainan bola voli disebut juga dengan setter,  set Upper atau tosser. Tugas utama dari seorang pengumpan dalam permainan bola voli itu adalah memberikan umpan kepada rekan atau timnya dengan berbagai teknik ataupun gaya supaya lawan dapat terkecil sehingga sulit untuk memprediksi arah datangnya bola.

Posisi pengumpan adalah posisi yang sangat vital dalam permainan bola voli. Tidak mudah untuk menjadi seorang pengumpan. Banyak syarat yang harus dipenuhi supaya seseorang bisa terpilih menjadi seorang pengumpan. Seorang pengumpan tentunya harus mempunyai kemampuan yang baik dalam Mengendalikan bola supaya umpan yang diberikan bisa diterima dengan maksimal dan juga baik. Salah satu kemampuan yang dimiliki atau wajib dikuasai oleh seorang pengumpan yaitu adalah passing atas.

Agar dapat memperoleh kemampuan passing atas yang baik maka Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Melakukan passing atas dengan cara menggunakan bantuan tembok berkali-kali sehingga memperoleh bola yang pas pada telapak tangan.
  • Melakukan latihan passing atas dengan cara menggunakan bola basket sebagai pengganti dari bola voli. Bola basket Mini mempunyai berat yang lebih besar Apabila dibandingkan dengan bola voli sehingga jari-jari pun akan menjadi lebih kuat.
  • Melakukan latihan push up dengan menggunakan jari-jari supaya kekuatan akan terlatih dan menjadi kuat.
  • Melakukan latihan pada pergelangan tangan dengan cara menggunakan bantuan botol. Isi botol kosong dengan menggunakan pasir hingga penuh lalu berputar botol tersebut dengan menggunakan pergelangan tangan titik latihan ini akan sangat membantu dalam meningkatkan kestabilan serta kekuatan dalam mengoper bola.
  • Melakukan latihan lompat tali titik latihan lompat tali akan sangat membantu dalam meningkatkan kelincahan pada saat bermain voli.
  • Melatih insting. Selain melakukan latihan latihan teknik melatih insting juga akan sangat penting dalam bola voli.
Baca Juga :   √ Macam - macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Nama dan Tugasnya

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh kemampuan passing yang baik bagi seorang pengumpan. akan tetapi tidak hanya harus mampu dalam melakukan passing yang baik, seorang pengumpan pun harus wajib mempunyai kemampuan dalam melakukan blocking.

Pertahanan tim juga akan sangat tergantung pada kemampuan blocking dari seorang pengumpan. Tentunya seorang pengumpan harus bisa melakukan blok pada saat bola masuk dari arah yang tidak bisa dijangkau oleh pemain voli yang lainnya.

Sekian artikel kali ini menjelaskan mengenai peran pengumpan dalam bola voli. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna di dalam menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua. Terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat yang lainnya, sampai jumpa dan salam olahraga.

Baca Juga :