Pengertian Sukrosa

2 min read

Pengertian Sukrosa

Pengertian Sukrosa – Sukrosa senyawa organic yang menjadi salah satu sumber energy larut dalam air dan termasuk dalam disakarida. Sukrosa dapat juga diartikan sebagai disakarida, yakni karbohidrat yang terbentuk dari gabungan atau penyatuan dua gula monosakarida, yang terbentuk oleh alfa-glukopiranosa serta beta-fruktofuranosa. Sukrosa berbentuk Kristal transparan, dan memiliki warna putih yang disebabkan oleh beberapa difraksi cahaya dalam kelompok Kristal.

Gula meja atau gula yang biasa digunakan sebagai pemanis makanan merupakan salah satu contoh dari sukrosa. Gula meja terbuat dari 20% berat tebu dan 15% dari berat bit. Selain gula meja, madu adalah contoh lain atau mengandung sukrosa terhidrolisis sebagain dalam jumlah yang cukup besar. Apabila dilihat berdasarkan penelitiannya, maka Pengertian Sukrosa dapat dijelaskan sebagai berikut.

Sukrosa merupakan molekul yang terdiri dari dua monosakarida, yakni glukosa dan fruktosa. Disakarida mempunyai rumus kimia C12H22O11. Biasanya sukrosa disebut sebagai gula tebu atau gula meja. Molekul glukosa dan fruktosa akan terhubung melalui ikatan yang disebut sebagai glikosidik, Seorang ahli kimia inggris menciptakan kata sukrosa di tahun 1857. Sukrosa sendiri banyak digunakan sebagai pemanis makanan dan diperoleh dari tebu atau bit yang masih harus disempurnakan agar layak untuk dikonsumsi manusia.

Fungsi Dan Struktur Sukrosa

Mengenai struktur dan fungsi dari sukrosa penjelasannya adalah sukrosa yang memiliki struktur disakarida glukosa dan fruktosa tersebut disintesis pada tumbuhan dan tidak berlaku pada hewan tingkat tinggi. Kandungan yang terdapat pada sukrosa tidak mengandung atom karbon anomer bebas, dikarenakan karbon anomerik dari dua unit penyusunnya adalah monosakarida yang dihubungkan bersama secara kovalen oleh ikatan O-glikosidik. Maka dari itu, dari alasan tersebutlah sukrosa bukanlah gula oereduksi dan tidak mempunyai hasil pereduksi.

Baca Juga :   Sistem Ekskresi pada Aves dan Pisces

Dapat dikatakan bahwa sukrosa dibentuk oleh tumbuhan melalui fotosintesis yang menjadi bentuk utama pengangkutan gula dari daun ke bagian lain dari tumbuhan tersebut. dalam biji tumbuhan yang berkecambah, protein dan lemak yang disimpan akan dikonversi menjadi sukrosa untuk transportasi dari tanaman yang sedang berkembang.

Manfaat Sukrosa

Selain mengetahui Pengertian Sukrosa ada baiknya jika kita mempelajari juga tentang manfaat dari sukrosa. Meskipun berbentuk gula tebu atau gula meja, terdapat beberapa manfaat yang dapat diambil dari sukrosa, manfaat tersebut yaitu:

  1. Sukrosa menjadi salah satu komponen terpenting dari berbagai minuman ringan dan minum lainnya.
  2. Senyawa ini banyak dipakai dalam berbagai macam produk farmasi
  3. Selain sebagai pemanis sukrosa juga berfungsi sebagai perantara kimia bagi banyak agen deterjen dan pengemulsi.
  4. Sebagai pengental makanan dan berfungsi juga sebagai penstabil makanan.
  5. Senyawa sukrosa dapat memperpanjang umur simpan dari berbagai banyak produk makanan, seperti jeli dan selai.
  6. Akan menghasilkan warna coklat pada produk yang dipanggang.
  7. Berfungsi sebagai antioksidan yaitu senyawa yang mampu menghambat oksidasi.
  8. Sukrosa bermanfaat juga sebagai pengawet makanan.

Meskipun memberikan cukup banyak manfaat, seperti berbagai makanan yang menggunakan sukrosa sebagai bahan pemanis. Hal ini karena sukrosa merupakan pemanis makanan atau minuman yang memiliki harga relative lebih murah. Sehingga tidak heran apabila sukrosa paling banyak digunakan dalam dunia industry, meskipun sebagiannya telah diganti dalam persiapan industry makanan oleh pemanis lain, seperti sirup glukosa, oleh pemanis lainnya. Namun, terdapat kerugian atau efek yang ditimbulkan jika mengkonsumsi terlalu banyak sukrosa. Jadi, apabila manusia mengkonsmsi sukrosa secara berlebihan akan mengarahkan pada suatu berbagai gangguan kesehatan.

Akan tetapi, apabila dilihat dalamkehidupan sehari-harinya sukrosa memang banyak digunakan oleh semua orang dan kalangan. pengguanaan sukrosa secara luas ini disebabkan karena daya pemanis dan sifat fungsionalnya sebagai konsistensi yang tinggi.

Baca Juga :   Fungsi Enzim Tripsin Pada Sistem Pencernaan Manusia

Pengaruh Sukrosa Pada Metabolisme

Pada mamalia atau manusia, sukrosa dinyatakan sebagai gula monosakarida konstitutifnya, fruktosa dan glukosa melewati aksi enzim isomaltase (glukosidase) dan sukrosa. Enzim tersebut terletak pada membrane sel mikrovili duodenum. Sehingga mengakibatkan molekul glukosa dan fruktosa dapat diserap kedalam aliran darah. Apabilamengkonsumsi sukrosa terlalu berlebihan maka akan menimbulkan penyakit, seperti kerusakan gigi, disebabkan bakteri dan lumut yang mengubah gula menjadi asam dan menyerang email gigi.

Dikarenakan sukrosa merupakan karbohidrat murni yang mengandung 3,94 kkal per gramnya. Maka ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup besar, maka nutrisi yang sebelumnya bermanfaat akan bergeser dari pola makan yang berkontribusi pada masalah kesehatan. Misalnya seperti sukrosa yang terkandung pada minuman seperti soda ini berkaitan dengan obesitas dan dapat mengakibatkan resistensi insulin.

Seperti halnya suatu penelitian sukrosa yang berkontribusi untuk mengembangkan sindrom metabolic. Dalam suatu penelitian tersebut yang diterapkan pada seekor tikus yang diberi makan diet, dimana sepertiga makanannya adalah sukrosa. Maka yang pertama kali mereka tunjukan adalah kadar trigliserida tinggi yang menghasilkan lemak visceral dan diikuti oleh resistensi insulin. Hal ini juga berlaku pada pada tikus yang menemukan makanan berlebih dengan sukrosa maka akan mengembangkan hiperglikemia, hipertrigliseridemia, dan resistensi insulin.

Mengkonsumsi sukrosa yang berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, kerusakan gigi, diabetes dan lain sebagainya. Namun, apabila seseorang mengalami kekurangan enzim sukrosa dalam tubuhnya maka dapat menderita intolerasnsi sukrosa dan berakibat pada masalah usus. Untuk itu ada baiknya apabila kita lebih memperhatikan dan mencukupi kebutuhan tubuh kita agar tidak kelebihan dan kekurangan enzim yang dibutuhkan oleh tubuh. semoga ulasan mengenai Pengertian Sukrosa semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bahwa menjaga kesehatan tubuh dan kebutuhannya itu sangat penting.

Baca Juga :   Vitamin A: Pengertian, Sumber Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia

Baca juga:

Sistem Saraf Pusat Manusia Dan Fungsinya

Macam-Macam Sel Saraf Dan Fungsinya