Pengertian Enzim Arginase: Struktur, Fungsi Dan Cara Kerja

2 min read

Pengertian Enzim Arginase: Struktur, Fungsi Dan Cara Kerja

Pengertian Enzim Arginase: Struktur, Fungsi Dan Cara Kerja – Hati manusia memiliki fungsi untuk melancarkan metabolism tubuh. Selain itu hati manusia juga berfungsi untuk menyimpan glikogen, tempat pemecahan atau pembekuan protein, pembentukan atau perombakan sel darah merah, detoksifikasi tubuh, serta fungsi lain yang berefek positif bagi tubuh. Dalam memenuhi tugasnya tersebut, hati dibantu oleh system metabolisme yang di dalamnya melibatkan enzim. Enzim yang dihasilkan tersebut memiliki peran dalam fungsi metabolisme lainnya, yakni dalam system pencernaan. Salah satu enzim yang biasanya diproduksi oleh hati yaitu enzim arginase.

Dalam system metabolisme di dalam hati manusia, terdapat enzim yang berperan dalam proses tersebut. Hati merupakan salah satu kelenjar terbesar di dalam tubuh. Lebih singkatnya hati dapat berfungsi untuk mengeluarkan empedu serta mengalirkan zat beracun dalam tubuh bersama dengan urin dan feses. Penjelasan mengenai Pengertian Enzim Arginase: Struktur, Fungsi Dan Cara Kerja akan diuraikan seperti berikut ini.

Pengertian Enzim Arginase

Enzim arginase yaitu enzim katalis yang dalam proses hidrolisis senyawa arginine menjadi orthinia serta urea. Enzim arginase terbagi menjadi dua jenis yaitu yang pertama ARG 1 yang merupakan enzim sisoksik. Enzim arginase atau ARG 1 merupakan enzim sisoksik yang banyak terdapat pada hati sebagai komonen dalam proses pembentukan urea. Jika kekurangan enzim arginase jenis ini akan dapat memicu gejala hiperamonia. Sedangkan enzim yang kedua yaitu ARG 2 yang terdapat pada mitrokondia jaringan ekstra hepatic terutama terdapat pada ginjal. Enzim ARG ini emiliki peran di dalam metabolisme NO (nitrid oxide) dan poliamina.

Baca Juga :   Fungsi Mulut Dan Rongga Mulut Manusia

Fungsi Dan Cara Kerja

Enzim arginase salah satu enzim yang dihasilkan oleh hati, juga termasuk dalam substrat yang membantu proses ekskresi manusia. Hati mempunyai pelindung seperti selaput yang memiliki fungsi untuk menyuplai darah dari pembuluh darah vena porta dan arteri. Tujuan hati dalam menghasilkan enzim arginase tersebut untuk melakukan proses penguraian atau pemecahan asam amino. Selanjutnya asam amino akan diuraikan dengan mengubah arginine menjadi ornitin dan urea. Ketika proses deaminasi enzim arginase ini akan mengikat ammonia dan karbon dioksida agar ornitin dapat menjadi netral dan kemudian daoat mengendap di dalam hati.

Kemudian urea akan diserap oleh organ ginjal yang bertujuan agar tidak merusak hati. Selanjutnya setelah diserap oleh ginjal urea akan dikeluarkan melewati proses ekskresi berupa fessed dan urin. Feses dan urin tersebut sebagai hasil dari proses seluruh metabolisme tubuh yang membawa zzat-zat toksik di dalam tubuh yang perlu untuk dibuang.

Struktur Enzim Arginase Dalam Hati

Tahap akhir dari siklus urea dalam enzim arginase disebut dengan proses kalatisasi. Lebih jelasnya arginase akan membentuk L-arginane ke L-ornithine dan urea. Enzim tersebut mempunyai dua molekul metal dari mangan yang berguna untuk mengontrol fungsinya. Ion Mn2+ bekerjasama dengan air yang kemudian berorientasi dan menyetabilkan molekul serta memberikan ijin pada air untuk merespon sebagai nukleopi dan kemusian melawan L-arninine, menghidrolisasikannya sebagai ornithine dan urea.

ARG 1 memiliki peran dalam siklus urea, berlokasi pada sitoplasma primer di dalam hati. Isozyme yang kedua, yakni ARG 2 yang ditampilkan ke dalam regulasi arginine dalam sel. Enzim ini terletak pada mitokonria dari beberapa jaringan dalam tubuh, yang paling banyak terdapat pada ginjal dan prostat. Hal tersebut juga dapat ditemukan pada level makrofag yang rendah, otak, dan kelenjar laktasi mammae. ARG 1 dan ARG dua mempunyai encode yang gen-nya berbeda. Arginase 1 berperan dalam siklus urea dalam hati yang terletak di sitoplasma. Sedangkan ARG 2 enzim mitokondria yang berperan primer di dalam ginjal.

Baca Juga :   Mollusca - Pengertian, Ciri, Peranan atau Manfaatnya Lengkap

Menurut analisis sequence, enzim arginase merupakan enzim primordial yang menunjukkan universal common ancestor. Arginase 1 gen yang berada di dalam beberapa spesies termasuk juga manusia, tikus, anjing, zebrafish, dan S. Cerevisiae. Gen ini di induksi pada periode fetal akhir serta teregulasi oleh asupan nutrisi tinggi protein. Hal tersebut dimediasi oleh glucocorticoids dan glucagon.

Patologi Dan Defisiensi Enzim Arginase

Setelah mengetaui Pengertian Enzim Arginase: Struktur, Fungsi Dan Cara Kerja seperti penjelasan di atas, alngkah baiknya kita ketahui reaksi pada saat seseorang kekurangan enzim tersebut. Ketika kekurangan enzim arginase akan mengarah pada pengurangan fungsi dari ARG 1, isoform hati pada arginase. Kekurangan enzim ini akan menyebabkan hiperarginemia atau argininemia. Kelainan herediter serta bersifat resesif. Hal tersebut menjadi gangguan yang pada umumnya jarang terjadi pada ureagenesis. Tujuan dari fungsi enzim arginase ini untuk meningkatkan aktivitas ARG 2 pada ginjal dengan deficiency arginase 1. Secara seksual, enzim arginase ini juga memberikan peranan. ARG 1 akan berperan dengan sintesis NO (nitric oxide) pada jaringan otot polos.

Enzim arginase akan menghasilkan asam laktat pada tumor san menstimulasi makrofag untuk membantu tumor tumbuh. Pada saat arginase 1 diinhibisikan pada tikus model dengan tumor akan memberikan hasil yang sangat besar dengan ukuran tumor yang berkurang. Secara in vitro arginase juga telah diteliti untuk dijadikan beberapa obat tipe kanker seperti kanker rektal, kanker payudara, dan kanker kolon.

Itulah, penjelasan menganai Pengertian Enzim Arginase: Struktur, Fungsi Dan Cara Kerja. Enzim arginase merupakan salah satu enzim yang dihasilkan oleh organ hati serta memiliki fungsi dalam menetralkan toksik tubuh. Semoga pembahasann tersebut dapat memberikan informasi dan bermanfaat.

Baca Juga :   47 Cabang Ilmu Biologi yang Perlu Diketahui

Baca juga: