13 Pencemaran Udara Kegiatan Biologis – Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

2 min read

Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Pencemaran Udara Oleh Kegiatan Biologis

Pencemaran udara oleh kegiatan biologis – pencemaran udara dialami sebab terdapat satu substansi maupun lebih baik kimia, biologi maupun kimia di atmosfer dengan jumlah yang dapat memberikan dampak negatif serta berbahaya bagi kesehatan manusia, tumbuhan serta hewan. Selain itu bisa merusak properti maupun mengganggu kenyamanan. Pada kesempatan kali ini akan kami bahas seputar Pencemaran udara oleh kegiatan biologis.

Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Pencemaran Udara Oleh Kegiatan Biologis

Pencemaran udara ialah adanya satu maupun lebih dari satu substansi kimia, fisika maupun biologi di atmosfer bumi dengan jumlah yang bisa membayakan kesehatan manusia maupun lingkungan. Penyebab pencemaran udara pun sebab faktor alami maupun kegiatan manusia. Dampaknya pencemaran udara juga akan memicu kerugian yang banyak.

Penyebab pencemaran udara

1. Kegiatan industri

Kegiatan industri telah menjelma sebagai icon yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia. Ada banyak sekali industri di dunia yang mempunyai peran dalam mencemari atmosfer mulai dari industri obat-obatan, pakaian, makanan, peralatan rumah tangga serta lainnya.

Walaupun industri bisa meningkatkan nilai ekonomi suatu negara, faktanya masih banyak industri yang mempunyai cerobong asap pabrik. Nah, asap inilah yang memberikan efek buruk sekali pada udara. Pemakaian sejumlahh zat berbahaya yang digunakan selama proses industri akan naik diudara dan merusaknya.

Baca Juga :   Pengertian Lingkungan Hidup - Unsur, Faktor Kerusakan dan Upaya Pelestariannya

2. Padatnya lalu lintas

Penyebab pencemaran udara berikutnya ialah kepadatan lalu lintas. Asap kendaraan baik mobil dan motor bisa mengakibatkan munculnya polusi udara. Hal ini disebabkan bahan bakar kendaraan yang bisa menghasilkan hidrokarbon akibat pembakaran yang tak sempurna. Zat tersebut yang akan mengotori udara. Dampaknya yang akut akan mengganggu kesehatan.

3. Letusan gunung berapi

Udara pun bisa tercemar sebab letusan gunung berapi. Kadang gas gas yang keluar di gunung berapi saat meletusnya yang akan mengakibatkan udara sebagai kotor maupun polusi.

4. Pembangkit listrik

Pencemaran udara pun dapat disebabkan oleh pemakaian listrik. Khususnya untuk pembangkit listrik yang masih konvensional dengan menggunakan gas, minyak serta batu bara dalam pengoperasiannya.
Di dalam proses pembangkit listrik kadang menghasilkan pembakaran yang tak sempurna. Hal tersebut yang membuat gas-gas yang membahayakan terhadap proses pembangkit listrik itu terbuang di atmosfer serta merusaknya.

5. Kebakaran hutan

Kebakaran hutan terjadi dikarenakan faktor cuaca serta kesengajaan manusia yang akan melakukan pembukaan lahan dengan cara cepat. Dampaknya yang diberikan di udara signifikan sekali. Tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, namun bisa pula memicu keracunan dalam tempo cepat.

Dampak pencemaran udara

Ada sejumlah dampak serta akibat pencemaran udara yang dapat merugikan. Dmapak negatif pencemaran udara tersebut bisa membahayakan untuk manusia, makhluk hidup dan lingkungan sekelilingnya.

1. Gangguan pernapasan

Pencemaran udara memicu efek membahayakan untuk kesehatan manusia. Misalnya seperti timbulnya gangguan saluran pernapasan. Sejumlah penyakit saluran pernapasan atas yang bisa terjadi diantaranya bronkitis, asma, serta gangguan pernapasan lain.

2. Efek untuk kesehatan kulit

Masih dalam bidang kesehatan manusia, pencemaran udara pun bisa memberikan dampak dalam kesehatan kulit. Adanya polusi udara bisa mengakibatkan kulit jadi kusam, penuaan dini, elastisitas merosot, keriput dini dan flek hitam sampai penyakit kanker kulit.

Baca Juga :   Pencemaran Air : Pengaruh Detergen Terhadap Aktivitas Ikan Dan Penjelasannya

3. Dampak ekonomi

Efek pencemaran udara memberikan dampak dalam bidang ekonomi, yaitu menurunkan produktivitas kerja. Alasannya sebab seseorang bisa merasa terganggu kesehatannya maupun dalam perjalanan terganggu pandangannya sebab polusi udara. Dampaknya menurunkan produktivitas kerja.

4. Kualitas udara menurun

Salah satu dampak udara yang pasti terjadi ialah menurunnnya kualitas udara. Pencemaran udara membuat kualitas udara menurun serta berbahaya bagi manusia ketika menghirupnya. Salah satu solusinya ialah dengan menggunakan masker.

5. Kerusakan tanaman

Akibat pencemara udara yang memberikan dampak dalam tanaman jadi rusak. Tanaman yang terkena pencemaran udara tinggi ini bisa mengganggu pertumbuhannya dan rawan penyakit, diantaranya nekrosis, klorosis, dan bintik hitam. Apalagi pencemaran udara bisa menghambat proses dari fotosintesis pula.

6. Hujan asam

Dampak pencemaran udara selanjutnya ialah hujan asam. Pencemaran udara seperti NO2 dan SO2 bereaksi dengana air hujan dan membentuk asam serta menurunkan pH air hujan. Dampak hujan asam diantaranya menurunkan kualitas air, merusak tanamana dan bisa merusak material serta bangunan.

7. Efek rumah kaca

Efek rumah kaca sebagai salah satu dampak polusi udara menjadi bagian pemanasan global. Hal tersebut dikarenakan adnaya CO2, CFC, ozon, metana, dan N2O pada lapisan troposfer yang menyerap radiasi panas matahari dengan memantulkan dipermukaan bumi. Pemanasan global bisa meningkatkan suhu rata rata di bumi, penaciran es di kutub serta perubahan iklim global.

8. Kerusakan lapisan ozon

Kerusakan lapisan ozon pun dapat terjadi akibat dari pencemaran udara. Lapisan ozon ialah pelindung alami bumi yang fungsinya memfilter radiasi ultraviolet terhadap matahari. Adanya emisi CFC bisa mengakibatkan lajur penguraian sejumlah molekul ozon akan lebih cepat terhadap pembentukannya, jadi terbentulah sejumlah lubang lapisan ozon.

Baca Juga :   7 Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan Sekitar

Cara mengatasi pencemaran udara

Berikut beberapa cara mengatasi pencemaran udara, diantaranya :

  • Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil khusus yang mengandung asap dan gas gas polutan lain supaya tak mencemarkan lingkungan
  • Mengurangi sistem transportasi dengan efisien
  • Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi
  • Memperbanyak tanaman hijau
  • Memakai sumber energi yang bisa diperbarui
  • Memasang bahan penyerap polutan
  • Dll

Nah, itu tadi pembahasan lengkapnya mengenai Pencemaran udara oleh kegiatan biologis. Karena banyaknya kegiatan industri dan banyaknya kendaraan yang makin tidak bisa dikendalikan maka menyebabkan udara menjadi tercemar. Salah satunya untuk mengatasi ini bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan sumber energi yang tak terpakai. Semoga bermanfaat

Baca juga: