Nama Organ Dalam Perut Dan Fungsinya

2 min read

Nama Organ Dalam Perut Dan Fungsinya

Nama Organ Dalam Perut Dan Fungsinya – Perut atau biasa disebut sebagai abdomen merupakan ruang tubuh yang terletak antara dada (toraks) serta panggul. Diafragma akan membentuk permukaan atas perut. Tentu saja semua orang mengenal dengan organ yang satu ini. Bagian perut akan berakhir pada tulang panggu dan dimulai dari panggul. Didalam perut manusia terdapat berbagai macam organ yang cukup penting dalam proses pencernaan. Semua organ pencernaan tersebut adiantaranya adalah lambung, usus halus, usus besar, hati, pancreas, serta kantong empedu. dimana organ-organ tersebut disatukan secara longgar oleh jaringan-jaringaan atau mesenteri yang memungkinkan mereka untuk mampu mengembang dan bergeser satu sama lain. Tidak hanya organ pencernaan, ternyata perut juga mengandung lumfa dan ginjal.

Di dalam perut terdapat begitu banyak pembuluh darah yang penting, termasuk aorta, inverior vena cava serta puluhan cabang kecil mereka. Pada bagian depan perut dilindungi oleh lapisan tipis berupa jaringan keras yang dapat disebut sebagai fasia. Di bagian depan fasia terdapat kulit dan otot-otot perut. Sementara paada bagian belakang perut terdapat otot punggung dan tulang belakang. Di bawah ini penjelasan mengenai Nama Organ Dalam Perut Dan Fungsinya yang perlu anda ketahui.

1. Lambung

Organ lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang memiliki peran sangat penting, bahkan dapat dikatakan bahwa organ yang satu ini adalah kunci dalam sistem pencernaan. Organ yang satu ini mempunyai bentuk seperti buah pir yang terletak di rongga perut antara usus serta kerongkongan. Lambung sangat fleksibel dan dapat mengubah ukuran serta bentuknya tergantung jumlah makanan di dalamnya dan posisi tubuh manusia. Dikarenakan ukuran lambung cukup besar, di dalamnya terdapat banyak bilik yang menjadi rumah bakteri khusu penghasil enzim yang dibutuhkan ketika proses mencerna makanan.
Selain itu, organ lambung dalam proses pencernaan mampu mengeluarkan asam lambung, asam klorida, serta mampu menjaga tingkat pH sehingga dapat membantu mempermudah mencerna makanan.

Baca Juga :   Struktur Anatomi Mulut Manusia

2. Hati

Hati merupaakan organ manusia yang berada pada bagian sisi kanan rongga perut. Organ ini memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya, yaitu dapat menyaring zat berbahaya dari darah, mensekresi asam amino tertentu, menjaga kadar kolesterol dan glukosa dalam darah, menyimpan vitamins erta mineral, bahan kimia yang mensekresi dalam memecah lemak, serta mengkonversi glukosa menjadi glikogen.

3. Pancreas

Letak organ pancreas berada jauh did alam perut dan terjepit diantara lambung dan tulang belakang. Pancreas ini menjadi bagian internal dari sistem pencernaan. Pada bagian kepala pancreas mempunyai fungsi untuk mengeluarkan cairan insulin dan cairan pancreas, merupakan suatu hormone yang memengaruhi tingkat gula dalam darah. Dimana organ pancreas ini terdiri dari sejumlah sel yang dinamakan pulau Langerhans.

4. Limpa

Limpa merupakan organ manusia yang terletak disebelah kiri perut. Organ ini memiliki fungsi untuk menyering darah. Bahkan Trombosit bersama dengan sel darah putih tersimpan di dalam limpa. Daur ulang sel darah merah tua akan terjadi juga di dalam limpa. Organ inilah yang juga membantu dalam memerangi bakteri tertentu yang dapat menyebabkan pneumonia dan meningitis.

5. Kantung Empedu

Kantung empedu merupakan struktur otot seperti kantung yang melekat pada hati. Kantung empedu ini memiliki ukuran kurang lebih sekitar 4 cm dan 8 cm. Organ ini mempunyai beberapa fungsi utamanya adalah untuk menyimpan empedu yang sebelumnya telah disekresikan oleh hati sampai dibutuhkan dalam proses pencernaan. Kandung empedu ini dapat membantu dalam pencernaan lemak.

6. Usus Kecil

Usus kecil dapat juga disebut sebagai usus halus yang berfungsi dalam menghubungkan lambung dan usus besar. Panjang usus kecil ini sekitar 22 meter pada orang dewasa. Tugas utama usus kecil dalam proses pencernaan makanan. Dimana organ ini mambantu dalam menyerap nutrisi serta mineral dalam makanan dan melewati makanan yang dicerna ke usus besar.

Baca Juga :   Lambung : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Bagian Bagian, dan Gangguan Penyakitnya Lengkap

7. Usus Besar

Usus besar juga menjadi salah satu Nama Organ Dalam Perut Dan Fungsinya yang perlu dibahas. Karena organ yang satu ini memiliki peran yang cukup penting dalam prose pencernaan dan proses ekskresi. Usus besar ini merupakan bagian posterior usus yang mempunyai panjang sekitar kurang lebih 5 meter. Hal tersebut dibagi menjadi 4 bagian, sekum, kolokn, anus serta rectum. Fungsi utama dari usus besar yaitu berperan dalam menyerap air dan elektrolit dari sisa pencernaan makanan dan menyimpan kotoran hingga diekskresikan.

8. Ginjal

Ginjal merupakan organ manusia yang memiliki bentuk seperti kacang yang berperan dalam menyaring darah dalam tubuh manusia. Organ ini juga bertanggung jawab dalam mengeluarkan limbah serta mengatur keseimbangan dari elektrolit. Organ ginjal lah yang mengekskresikan urin ke ureter yang akan diteruskan keluar dari tubuh. fungsi lainnya yaitu mampu mengontrol keseimbangan cairan tubuh serta membantu dalam reabsorpsi air, glukosa dan asam amino.

Nama Organ Dalam Perut Dan Fungsinya tersebut memberikan kita pengetahuan bahwa tidak hanya lambung saja yang berperan dalam proses pencernaan. Ternyata masih terdapat berbagai macam lainnya yang membantu dalam proses pencernaan manusia yang ada didalam perut. Dalam cara kerjanya organ pencernaan dibantu oleh hormone dan sistem saraf yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Hormon berfungsi dalam memicu produksi komponen yang dapat membantu pencernaan dan mengirimkan sinyar kenyang serta lapar ke otak. Sementara sistem saraf berperan dalam proses mempercepat atau memperlambat pengolahan makanan di area tertentu. Selain itu, sistem hormone lah yang bertugas menghubungkan otak dan tulang belakang ke sistem pencernaan dan megontrolnya.

Baca juga:

Reaksi Biologi Pada Tubuh Saat Anda Makan Makanan Berformalin

Baca Juga :   5 Fungsi Darah Putih : Pengertian, Manfaat dan Ciri - Ciri Berdasarkan Jenisnya

Macam Macam Osmosis Dan Difusi