Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

2 min read

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Menurunkan Berat Badan saat Puasa –pada artikel kali ini admin akan memberikan tips mengenai menurunkan berat badan ketika puasa yang patut anda Simak terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan Anda. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Apabila anda selama ini telah berencana untuk melakukan diet koma akan tetapi belum sempat terlaksana akan engkau manakah bulan ramadhan dapat menjadi momen yang tepat bagi anda untuk mencoba kembali dalam mewujudkan berencana anda tersebut.

Puasa memang dikenal mengandung banyak sekali manfaat dalam upaya menurunkan berat badan. Tidak makan dan minum sama sekali selama lebih dari 12 jam maka tentunya akan membuat berat badan Anda menjadi berkurang.

Akan tetapi anda juga perlu mengetahui bagaimana cara-cara dalam menjalankan puasa yang sehat supaya bisa efektif dalam menurunkan berat badan. karena banyak orang yang justru berat badannya juga malah Bertambah naik selama puasa. Jadi, anda perlu menyimak tips-tips berikut ini dalam menurunkan  berat badan saat puasa.

Cara Menurunkan Berat Badan Ketika Berpuasa

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan saat berpuasa :

Memperbanyak Konsumsi Serat dan Protein Saat Sahur dan Buka Puasa

Ketika sahur dan juga buka puasa, maka pastikan agar kamu mengkonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung serat dan juga protein dibandingkan dengan makanan yang berkalori tinggi. Hal ini dikarenakan makanan yang berserat tinggi tentunya akan diserap dan disalurkan oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama, Sehingga anda tidak mudah cepat lapar dan juga dapat tahan berpuasa sepanjang hari.

Baca Juga :   Makanan Yang Baik Di konsumsi Sebelum Lari Jarak Jauh

Makanan yang tinggi akan serat dan juga protein tentunya akan membantu dalam menekan nafsu makan Anda, sehingga pada saat waktu berbuka puasa tiba Anda tidak akan berlebihan dalam makan.

Batasi Makanan dan Minuman Manis

Selama berpuasa tentunya anda tetap memerlukan asupan gula ketika berbuka puasa untuk mengembalikan energi tubuh. Hal ini dikarenakan berpuasa selama belasan jam bisa membuat kadar gula darah dalam tubuh anda menjadi menurun, Sehingga anda perlu mengembalikannya dengan makan makanan ataupun minuman yang manis. Namun perlu diingat bahwa Anda harus membatasi asupan gula yang anda konsumsi. Apabila terlalu banyak makan makanan atau minuman yang manis maka justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh serta dapat mengucapkan diet.

Oleh sebab itu, maka sebaiknya Pilihlah makanan yang berkarbohidrat Kompleks untuk menambah energi sesudah berpuasa, contohnya saja seperti sayur, buah, dan juga nasi merah.

Hindari Makan Gorengan

Sudah menahan lapar seharian, gorengan merupakan salah satu jenis makanan yang tampak menggiurkan untuk disantap ketika berbuka puasa. Akan tetapi anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan serba digoreng yang kaya dengan lemak jahat atau lemak jenuh di bulan puasa karena dapat membuat tubuh anda menjadi gemuk.

Jadi lebih baik anda menghindari gorengan dan juga makanan yang berlemak lainnya supaya berat badan ketika puasa dapat berkurang. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ketika puasa, maka gantilah lemak jenuh tersebut dengan lemak tidak jenuh yang tentunya akan lebih baik bagi kesehatan anda. Hal ini dikarenakan lemak tidak jenuh yang tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Anda dapat memperoleh asupan lemak tidak jenuh yaitu dari ikan, kacang-kacangan, dan alpukat.

Baca Juga :   Pengaruh Gizi Makanan Dan Usaha Dalam Perbaikan Gizi

Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Walaupun anda tidak makan dan minum seharian, akan tetapi bukan berarti Anda boleh balas dendam ketika waktu berbuka puasa. Makan dengan porsi yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula secara drastis. Padahal, tubuh tidak memproduksi banyak insulin Pada saat Anda berpuasa. Kelebihan gula justru akan diubah menjadi lemak di dalam tubuh.

Jadi anda harus tetap menjaga porsi makan ketika sahur dan juga buka . anda tidak tergoda untuk makan yang berlebihan, maka cobalah untuk menggunakan pikiran yang ukurannya lebih kecil untuk makan. Disamping itu, Anda juga bisa sahur ataupun berbuka puasa dengan makanan yang dapat membuat anda menjadi lebih cepat kenyang, seperti sup.

Tetap Rutin Berolahraga

Puasa sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, dengan tetap berolahraga secara rutin maka anda justru  dapat menurunkan berat badan secara efektif selama berpuasa.

Biasanya, tubuh akan menjadikan glukosa ataupun gula sebagai sumber dari energi pertama yang kemudian diolah untuk menghasilkan energi. Akan tetapi pada saat Anda berpuasa serta tidak memperoleh asupan gula selama dalam kurun waktu belasan jam, maka di saat itu tubuh akan mencari sumber energi yang lainnya, yaitu cadangan lemak. Maka, berolahraga ketika berpuasa dapat memicu dalam proses pembakaran lemak di dalam jumlah yang lebih banyak dalam tubuh anda.

Demikianlah pembahasan kali ini yang menjelaskan mengenai menurunkan berat badan saat puasa. Dengan mengikuti cara-cara tersebut serta melakukannya dengan teratur maka anda tentunya akan berhasil dalam mengurangi berat badan Anda. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel yang bermanfaat lainnya, terima kasih.

Baca Juga :

Baca Juga :   Ketahuilah ! Bahaya Merokok Untuk Kesehatan