Cara Menjaga Nutrisi Tubuh Ketika Puasa

1 min read

Cara Menjaga Nutrisi Tubuh Ketika Puasa

Menjaga Nutrisi Tubuh Saat Puasa – pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai cara menjaga nutrisi tubuh ketika puasa.  untuk memformat lebih lengkapnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Menjaga nutrisi tubuh adalah salah satu dari syarat penting untuk mempertahankan stamina serta tenaga ketika beraktivitas baik itu di siang hari ataupun di malam hari. Tidak berbeda halnya dengan hari biasa, aktivitas atau kegiatan yang dilakukan selama berpuasa tentunya juga menuntut asupan nutrisi yang cukup supaya aktivitas atau kegiatan ibadah serta bekerja tidak akan terganggu.

Berikut ini adalah cara untuk menjaga nutrisi dengan tepat selama berpuasa.

Tips menjaga nutrisi secara tepat saat berpuasa

Prinsip gizi seimbang

Walaupun adanya Keterbatasan waktu makan ketika berpuasa Apabila dibandingkan dengan hari biasa, kebutuhan akan nutrisi tubuh pun tidak berubah titik Oleh sebab itu, kita tetap perlu menjaga asupan gizi supaya agar tetap seimbang yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi di dalam jenis serta jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Jumlah energi

Energi yang diperlukan oleh tubuh selama berpuasa tidak berbeda dengan halnya ketika hari biasa, yaitu 1500 kalori per harinya.

Tidak melewatkan waktu makan

Walaupun mempunyai banyak sekali kegiatan yang sering menyita waktu, namun Usahakanlah untuk tidak melewatkan waktu makan ketika berpuasa yaitu ketika sahur dan juga ketika berbuka puasa.

Sahur

Ketika sahur, tubuh kita perlu memperoleh asupan nutrisi karbohidrat serta protein yang cukup. Di samping itu kita juga perlu mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan supaya tubuh tidak mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan ketika beraktivitas atau berkegiatan di siang hari.

Baca Juga :   Manfaat Bersepeda Setiap Hari Bagi Tubuh

Hindari makanan berlemak tinggi

Makanan yang mengandung lemak tinggi adalah salah satu makanan yang perlu kita hindari selama berpuasa, diantaranya adalah gorengan ataupun makanan lain yang bersantan.

Hindari konsumsi teh dan kopi saat sahur

Ketika makan sahur maka kita ada baiknya apabila tidak mau minum teh ataupun kopi karena keduanya merupakan minuman yang dapat mengurangi cairan pada tubuh.

Karbohidrat dan protein

Makanan yang perlu dikonsumsi ketika berpuasa itu adalah makanan yang mengandung karbohidrat simpleks seperti buah potong kurma kertas susu yang tentunya berprotein.

Makan malam

Ketika makan malam, anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein serta karbohidrat kompleks seperti ayam, daging, Disamping itu juga anda tetap perlu mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat.

Aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang dapat dilakukan seperti berolahraga bisa dilakukan menjelang waktu berbuka ataupun Setelah berbuka dengan ketentuan waktu minimal untuk melakukannya itu adalah antara 30 sampai 40 menit.

Konsumsi air mineral

Yang terakhir yaitu adalah dengan tetap mencukupi kebutuhan akan cairan tubuh dengan cara mengkonsumsi air mineral minimal 2 liter atau per 18 perhari.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai menjaga nutrisi tubuh saat puasa. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna dalam menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua, Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat yang lainnya, terima kasih.

Baca Juga :

Baca Juga :   Yoga : 7 Gerakan Awal Yoga Untuk Pemula