Tips Menjaga Imun Tubuh Agar Tetap Sehat Untuk Melawan Virus Corona

2 min read

Tips Menjaga Imun Tubuh Agar Tetap Sehat Untuk Melawan Virus Corona

Menjaga Imun Untuk Melawan Virus Corona – pada pembahasan kali ini admin akan memberikan tips mengenai menjaga imun tubuh agar tetap sehat untuk melawan virus Corona. untuk informasi lebih lengkapnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami.

Agar dapat melindungi diri dari paparan virus Corona, Banyak masyarakat di dunia yang sudah menjalankan langkah pencegahan yang utama. Sebut saja seperti dengan cara berdiam diri dirumah, menjaga jarak dari orang lain, sampai rajin dalam mencuci tangan. Di samping langkah-langkah pencegahan utama ini terdapat satu hal lagi yang sangat penting untuk dilakukan yaitu adalah dengan cara menjaga sistem imun ataupun daya tahan tubuh supaya tetap sehat.

Tentunya sangat penting untuk diketahui bahwa belum adanya vaksin yang dapat mencegah covid 19 ini. Mengukur imun yang sehat ataupun tidak tentunya akan sulit untuk dilakukan, yang terpenting adalah Anda harus menghindari paparan dari virus tersebut, dan juga tetap menjaga imun tubuh agar tetap sehat dan juga Fit.

Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan dalam menjaga sistem imun tubuh agar tetap sehat dalam melawan virus Corona diantaranya:

Cukup tidur

Perlu diketahui bahwa tidur mempunyai hubungan yang sangat erat dengan sistem imun. Dengan Tidur yang cukup tentunya menjadi salah satu cara supaya regulasi pada sistem imun agar tetap terjaga. Dan Sebaliknya, apabila kurang tidur maka imun akan menurun.

Tidur yang cukup sangat membantu dalam Tidur yang cukup sangat membantu dalam Menjaga imun agar tetap sehat. Kurang tidur dapat membuat seseorang menjadi rentan terhadap infeksi oleh patogen, seperti dikarenakan menurunnya proliferasi limfosit yang menjadikan bagian dari sistem imun. Disamping itu, tubuh juga tentunya akan melepaskan sejenis protein yang disebut dengan sitokin yang terjadi hanya ketika tidur. Sitokin tersebut berperan sangat penting didalam sistem imun manusia. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tidur anda, maka tentunya anda hanya cukup tidur minimal 7- 9  jam dalam satu hari.

Baca Juga :   Cara - Cara Menghindari Penyalahgunaan Narkoba

 

Konsumsi makanan sehat

Dengan menghabiskan waktu di rumah tentunya akan lebih mudah bagi anda untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Sistem imun yang sehat tentunya juga akan membutuhkan nutrisi dari makanan yang bernutrisi titik terdapat banyak sekali nutrisi yang penting bagi tubuh mulai dari mineral, vitamin sampai dengan molekul antioksidan. Anda bisa membuat makanan anda lebih berwarna dengan buah dan juga sayuran, seperti alpukat, buah-buahan beri, wortel, jeruk hingga tomat yang mudah untuk dicari atau ditemukan.

Konsumsi multivitamin

Mengkonsumsi multivitamin tentunya sangat dibutuhkan apabila anda merasa tidak sanggup dalam memperoleh nutrisi dengan makanan yang sehat itik mengkonsumsi multivitamin juga dapat menjadi alternatif dalam memperkuat daya tahan tubuh anda. Pastikan anda telah berkonsultasi dengan dokter sebelum anda mengkonsumsi suplemen tertentu hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari resiko atau efek samping dari mengkonsumsi nya.

Olahraga di rumah

Di dalam menjaga sistem imun tubuh, maka latihan fisik tidak perlu dilakukan secara berlebihan dan juga harus disesuaikan dengan kemampuan diri. Untuk latihan nya sendiri dapat dilakukan dengan intensitas yang sedang di rumah,  salah satunya Yaitu anda dapat melakukan dengan berjalan kaki mengelilingi pekarangan rumah.

Kendalikan stres

Banyak orang yang mungkin tidak menyadari bahwa stres sebenarnya sangat berkaitan dengan sistem imun tubuh. Terdapat banyak cara dalam mengendalikan stres, seperti dengan melakukan meditasi, berolahraga ringan, serta menjalankan aktivitas atau kegiatan yang positif selama berada di rumah.

Berhenti merokok

Tentunya anda sudah mengetahui bahwa rokok sama sekali tidak mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Rokok sendiri justru dikaitkan dengan penyakit paru, jantung koroner dan juga kanker. Dalam hubungannya dengan sistem imun, rokok bisa mengganggu berbagai sel imun, seperti sel CD4 +,sel T – Helper, saling positif B, dan sel limfosit t memori. Para ahli juga telah menyebutkan bahwa merokok dapat meningkatkan resiko komplikasi covid-19.

Baca Juga :   Kekebalan Adaptif : Inilah Penjelasan Lengkapnya

Berjemur di bawah sinar matahari

Tentunya anda sudah sering mendengar anjuran untuk berjemur sebentar di bawah sinar matahari. Sinar matahari yang Sebutkan bisa memberikan energi yaitu salah satu sel imun, berupa sel T, dengan berjemur sebentar pun sudah dapat membantu mood anda agar menjadi lebih baik.

Lupakan nama aku sebentar saja untuk memperoleh sedikit sinar matahari di pagi hari sebelum jam 10 selama 15 menit menjadi waktu yang sangat berpotensi paling baik untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Jauhi lemak jahat

Lemak sehat sangat membantu dalam meningkatkan respon imun tubuh dengan mengurangi peradangan. Hal ini dikarenakan peradangan kronis tentunya dapat melemahkan sistem imun tubuh. Terdapat banyak sekali sumber lemak yang sehat yang dapat anda konsumsi, seperti ikan berlemak seperti ikan salmon, minyak zaitun, hingga yang paling sederhana yaitu adalah buah alpukat.

Demikianlah pembahasan kali ini yang menjelaskan mengenai menjaga imun untuk melawan virus Corona. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna di dalam menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua, Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat yang lainnya.

Baca Juga :