Mempelajari Struktur Dan Fungsi Mata Secara Mudah

2 min read

Mempelajari Struktur Dan Fungsi Mata Secara Mudah

Mempelajari struktur dan fungsi mata secara mudah – mata merupakan jendela dunia. Mata mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Indera penglihatan ini dikenal menjadi organ vital untuk manusia sebab jika ada gangguan dalam fungsi mata, maka kegiatan yang kita jalani menjadi terganggu. Berikut ini kita akan Mempelajari struktur dan fungsi mata secara mudah.

Apabila kalian menderita iritasi mata saja, maka kalian tak akan bisa melihat kondisi sekeliling kalian serta membaca secara baik. Sebagaimana yang telah diketahui, mata mempunyai struktur menyeluruh yang terdiri atas sejumlah bagian dan masing perannya sendiri.

Mata merupakan organ tubuh yang letaknya ada di bagian kepala manusia yang berfungsi menjadi indera penglihatan. Selain untuk melihat, fungsi mata lainnya ini pun termasuk menjadi fungsi sekunder, sebut saja misalnya fungsi keindahan, fungsi komunikasi sampai fungsi dalam hal pembelajaran bagi manusia.

Cara kerja mata ini memang menyeluruh, sebab perlu kontribusi serta fungsi bagian mata ini pun menyeluruh. Struktur mata dibedakan menjadi dua, yaitu mata luar dan organ dalam mata, nah kita harus merawat bagian kesehatan mata tersebut sebab bila tak dirawat akan mudah terserang sejumlah penyakit mata, misalnya katarak, rabun sampai kebutaan.

Fungsi mata secara umum

Lantas apa saja sih fungsi mata manusia ini? pastinya kita tau bahwa mata dipakai manusia sebagai indra penglihatan. Namun, ternyata ada pula fungsi lain untuk manusia yang lain. Berikut fungsi fungsinya mata pada umumnya dan struktur penjelasannya :

Baca Juga :   Penyakit ISPA : Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya Terlengkap

1. Menjadi alat indera penglihatan

Fungsi mata pertama yakni menjadi alat indra penglihatan. Maksudnya ialah untuk melihat objek lain. Cara kerja ini lumayan menyeluruh dimana setiap bagian mata mempunai fungsi masing-masing sampai sebuah onjek dapat dilihat dengan mata sehinga dapat menikmati pandangan visual.

2. Menjadi alat komunikasi

Mata ternyata dapat dipakai pula sebagai alat komunikasi, walaupun tak ada komunikasi langsung. Mata kita dapat memberikan sebuah signal kepada lawan bicara kita, misalnya dengan mengedipkan mata maupun dengan memelototkan mata. Dalam kondisi khusus, maka komunikasi mata jadi lebih cepat serta efisien.

3. Menjadi fungsi keindahan

Bagi manusia, mata pun dapat mengandung fungsi keindahan. Adanya mata yang letaknya pada bagian wajah khusus mempunyai kandungan unsur artistic. Bagi pecinta kecantikan, terkadang memberikan hiasan hiasan khusus di bagian mata misalnya dengan memberikan lensa kontak, maupun dengan perawatan yang lainnya.

4. Menjadi alat pembelajaran manusia

Manusia merupakan makhluk yang akan terus belajar. Mata bisa menjaid alat utama untuk manusia dalam belajar apapun. Dengan melihat beberapa hal baru yang akan dipelajari maka manusia ini dapat terus berkembang serta belajar untuk memeperoleh kemampuan yang baru. dalam hal tersebut maka manusia pun akan memerlukan bagian tubuh yang lain misalnya seperti telinga otak dan masih banyak lagi lainnya.

Bagian bagian mata beserta fungsinya

Pada umumnya terdapat dua bagian mata, yaitu bagian dalam dan bagian luar mata. Bagian luar mata ini dipakai sebagai proteksi serta perlindungan terhadap objek asing misalnya debu, asap serta keringat. Sedangkan organ dalam mata ini fungsinya di dalam proses cara kerja mata supaya mata kalian ini dapat melihat.

Baca Juga :   Air Sadah : Pengertian, Jenis dan Cara Menghilangkan Sifat Kesadahannya Terlengkap

1. Bagian luar mata

Bagian organ ini terdiri atas bagian yaitu :

  • Bulu mata fungsinya guna menyaring cahaya yang akan kita terima
  • Alis mata fungsinya untuk menahan keringat supaya tak masuk di dalam bola mata
  • Kelopak mata fungsinya untuk penutup serta perlindungan terhadap mata
  • Kelenjar air mata fungsinya untuk menghasilkan air mata serta menjaga kelembaban mata

2. Mata bagian dalam

Organ tersebut terdiri atas sejumlah bagian, yakni :

  • Sclera terkenal menjadi selaput putih yang fungsinya melindungi bagian luar mata (kornea).
  • Kornea adalah bagian luar sekali mata yang fungsinya menangkap cahaya dan melindungi bagian sensitive belakangnya.
  • Iris ialah selaput mata yang berasal dari selaput hitam dengan fungsi mengatur banyaknya cahaya masuk di mata. Iris mempunyai kandungan pigmen warna di mata manusia.
  • Pupil adalah lubang kecil yang terdapat di tengah iris dengan fungsi menjadi tempat masuknya cahaya. Pupil akan melebar bila terdapat cahaya yang terlalu gelap lalu akan menyempit sendiri bila cahaya juga terlalu terang.
  • Lensa mata letaknya ada di belakang pupil dan fungsinya memfokuskan di cahaya menuju retina.
  • Jasad adalah lapisan otot yang fungsinya mengontrol adanya gerakan di lensa. Ia akan mengatur besar dan kecilnya lensa serta sebagai penyangga lensa kristalin.
  • Retina adalah lapisan yang fungsinya menangkap cahaya di mata guna dikirimkan otak dan berakhir di saraf mata.
  • Saraf optic fungsinya untuk menghubungkan rangsangan cahaya menuju retina di otak.
  • Vitreus yakni meneruskan cahaya dari lensa ke retina.

Fungsi mata pada umumnya memang untuk melihat, akan tetapi hal ini bisa terjadi sebab kerja bagian bagian mata misalnya kornea, iris, pupil serta retina.

Demikianlah tadi cara Mempelajari struktur dan fungsi mata secara mudah. Pernan mata ini penting sekali untuk alat penangkap yang akan direkam dalam otak. Kesehatan mata merupakan hal penting sekali untuk dijaga, sebab dari mata yang sehat maka seseorang bisa menikmati kehidupannya dengan lebih baik. Maka dari itu, sesudah kalian tau betapa kompleksnya struktur mata serta fungsinya, lebih baik jika kita bersyukur atas nikmat tuhan ini atas nikmat yang telah diberikan serta komitmen dalam menjaganya secara baik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :   Pengertian Radiasi Adaptif Dan Contoh Terlengkap

Baca juga:

Pengertian Sukrosa

Sistem Saraf Pusat Manusia Dan Fungsinya