Manfaat Senam Kegel Untuk Wanita Yang Perlu Diketahui

2 min read

Manfaat Senam Kegel Untuk Wanita Yang Perlu Diketahui Dan Cara Melakukannya

Manfaat Senam Kegel – Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi kepada kalian semua mengenai manfaat dari senam kegel untuk wanita. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Pengertian Senam Kegel

Senam kegel adalah senam yang gerakannya ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bagian bawah. Aktivitas atau kegiatan ini sangat bermanfaat dalam mengencangkan otot pada bagian bawah rahim, kantung kemih, serta usus.

Bagi seorang wanita yang sudah melahirkan maka senam ini dapat memperkuat otot vagina, sedangkan bagi yang belum menikah senam kegel ini juga dapat melatih otot pinggul agar terlihat lebih seksi.

Selain dapat memperkuat otot vagina, Berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya dari senam kegel untuk wanita.

Manfaat Senam Kegel

Mencegah inkontinensia urine

Jika seseorang sering mengalami Inkontinensia urine atau yang dikenal dengan mudah mengompol ketika bersin, tertawa, atau batu, maka senam kegel ini dapat dijadikan sebagai latihan untuk mengatasi hal tersebut. Di samping itu orang yang mengalami urinary urge incontinence atau keinginan untuk kembali buang air kecil Padahal baru saja usai buang air kecil juga dapat memperoleh manfaat dari melakukan senam kegel ini.

Mengatasi lemahnya otot panggul

Terdapat beberapa kondisi yang membuat otot panggul menjadi lemas seperti pasca persalinan, mengejan secara berlebihan akibat konstipasi, ataupun berat badan yang berlebih. Manfaat dari senam kegel secara rutin yaitu adalah dapat mengatasi lemahnya otot pada panggul terutama setelah melewati beberapa kondisi yang telah disebutkan.

Baca Juga :   Macam – Macam Gerakan Dasar Dalam Senam Irama

Menguatkan otot panggul saat bercinta

Manfaat yang berikutnya dari melakukan senam kegel yaitu adalah, latihan Kegel juga dapat memperkuat otot dasar panggul pada sekeliling vagina. Walaupun demikian, senam kegel ini bukanlah latihan untuk membuat vagina menjadi lebih rapat.

Cara melakukan senam kegel

Senam kegel sebenarnya hanya terdiri atas mengerutkan otot panggul yang dikenal dengan istilah “ jepit “ serta melepaskannya secara berulang-ulang. Akan tetapi, supaya mampu dalam melakukan senam ini secara benar, maka tentunya Anda harus tahu otot mana saja yang harus dikeluarkan serta dilepaskan. Berikut ini adalah cara melakukan kegel:

  • Kencangkan otot panggul bagian bawah selama kira-kira 3 detik. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagian mana yang disebut otot panggul bawah, maka Coba bayangkan lah seperti menahan air urine ketika ingin buang air kecil. Otot yang menahan air pipis itulah yang disebut dengan otot panggul bagian bawah.
  • Selama dalam proses mengencangkan otot ini, maka usahakan agar jangan menahan napas ataupun mengencangkan otot perut paha serta pantat.
  • Lepaskanlah kembali otot panggul bawah selama kurang lebih 3 detik.
  • Ulangi lagi latihan otot ini sampai 10 kali.

Setelah anda sudah cukup terbiasa dalam melakukan senam kegel, maka cobalah untuk menahan otot dasar panggul dengan lebih lama lagi titik Anda dapat melakukan latihan ini dimana saja dan kapan saja. Sehingga, Anda disarankan untuk berlatih secara rutin supaya dapat memperoleh manfaatnya secara optimal.

Setelah kamu cukup terbiasa melakukan senam Kegel, cobalah untuk menahan otot dasar panggul lebih lama lagi. Kamu bisa melakukan latihan ini di mana dan kapan saja. Jadi, kamu disarankan untuk berlatih secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga :   Teknik Dasar Senam Akrobatik, Penjelasan Lengkap

Perlu diingat bahwa selama melakukan senam kegel ini, otot lain di perut, punggung, serta pantat harus berada dalam kondisi yang tetap rileks. Anda juga jangan sampai melakukan gerakan senam kegel ini secara berlebihan dikarenakan atau juga dapat menjadi lelah serta justru tidak dapat menjalankan fungsi utamanya dengan baik.

Demikianlah artikel kali ini yang menjelaskan mengenai manfaat senam kegel. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna di dalam menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda semua, Sekian dan terima kasih banyak atas kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat yang lainnya.

Baca Juga :