6 Manfaat “Penting” Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan

2 min read

Manfaat Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan

Manfaat menanam satu juta pohon bagi lingkungan – sudah tidak jadi rahasia lagi indonesia ini me’njadi salah satu negara yang mempunyai hutan luas sekali. Sampai di tahun 2017, sudah tercatat data kementrian lingkungan hidup serta kehutanan bahwa indonesia sudah mencapai (125.922.474 h).

Walaupun angka ini sudah dibilang lumayan besar, namun pada umumnya hutan yang ada di indonesia terjadi penyusutan tahun demi tahunnya. Di tahun 2015 hutan di indonesia ini masih ada diangka 128 h. Hal ini dikarenakan menyusutnya hutan di indonesia tak lain sebab penebangan liar serta kebakaran hutan.

Manfaat Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan

Berikut ini sejumlah Manfaat menanam satu juta pohon bagi lingkungan, diantaranya :

1. Menyediakan pasokan oksigen maupun udara segar (paru-paru dunia)

Ketika kita dibangku sekolah sudah dipelajari mengenai sebuah pohon yang mempunyai fungsi menjadi penghasil oksigen alami. Dari sebuah proses fotosintesis yang dijalankan pohon dan juga dibantu menggunakan sinar matahari, maka sebuah karbohidrat diudara sehingga berubah pohon jadi oksigen untuk bahan utama bagi makhluk hidup.

Untuk sebuah pohon yang masih rindang dewasa dapat menghasilkan oksigen 2 orang dewasa, dapat kita bayangkan perlu berapa banyak pohon guna persediaan oksigen untuk semua umat manusia di semua dunia. Sebab fungsinya pohon ialah menghasilkan oksigen.

Baca Juga :   Bagaimana Tumbuhan Menyerap Nutrisi Untuk Bahan Bakar

Tanpa adanya proses yang dijalankan pohon yakni fotosintesis, maka manusia dan juga makhluk hidup lainnya bisa dipastikan tak bisa bernafas secara lega. Indonesia sendiri mempunyai sebuah progam menanam pohon menggunakan tajuk menanam seribu pohon, akan tetapi dengan melihat lahan hutan yang makin susut progam ini berganti jadi “menanam satu juta pohon”.

Tujuan diadakannya program ini ialah untuk perbaikan kualitas lingkungan serta lahan melalui kegiatan menanam pohon cepat tumbuh. 10 negara ini ialah negara yang menyumbang lahan hutan paling luas antara lain brazil, rusia, kanada, china, amerika serikat, australia, indonesia, republik congo, inda dan peru.

2. Merindangkan dan menyejukkan lingkungan

Dengan cara menghasilkan banyak oksigen lingkungan, maka satu juta pohon ini harapannya mampu membuat sejuk dan rindang lingkungan sekeliling kita.
Dengan menyerap banyak karbondioksida serta sejumlah polusi polusi udara yang bisa mengakibatkan lingkungan menjadi panas, maka harus ada pohon yang bisa menyerap udara kotor itu lalu dikembalikan lagi di udara bebas berwujud udara segar dan bersih yakni oksigen.

Apalagi di kota besar ini pun banyak sekali lingkungan hutan kota yang dicarikan lahan khusus lalu ditanamai beberapa pohon. Sebab dikota ada banyak sekali kendaraan lalu lalang dan banyaknya pabrik berdiri sehingga melalui bantuan hutan kota ini bisa mendinginkan suasana di kota.
Tidak hanya disediakan lahan khusus misalnya hutan kota, dipinggir jalan, taman pun tumbuh banyak. Jadi bisa disebut dengan adanya pohon bisa mengurangi pencemaran udara.

3. Melindungi lingkungan terhadap banjir dan tanah longsor

Selain daun yang asalnya dri pohon yang mempunyai fungsi mengubah karbondioksida serta polutan diudara jadi oksigen lewat fotosintesis, maka fungsi sejuta pohon lainnya ialah menyimpan air.
Dari SD kita juga sudah diajarkan mengenai menebang pohon dengan sembarangan bisa mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Hal ini sebab fungsi akar phon dewasa bisa menyerap dan menyimpan air.
Saat hujan datang bersama air masuk di dalam tanah maka diserap akar pohon dan sebagiannya lagi mengalir di sungai. Meskipun debit dari air hujan banyak, bersama bantuan akar pohon debit air tak akan meluap sampai di lingkungan warga.

Baca Juga :   Jamur : Pengertian, Ciri Ciri, Cara Hidup dan Kegunaannya Terlengkap

Namun, lain halnya lagi tidak ada pohon, maka air tersebut yang masuk di dalam tanah tak akan ada serapan dan seluruhnya mengalir langsung di sungai. Dengan curah hujan bear maka sungai tak dapat menampung dan timbullah banjir.
Selain tersebut debit besar dalam tanah bila tak ada akar yang menyerap air ini akan mengakibatkan tanah jadi longsor terutama di daerah tebing dan dataran tinggi.

4. Jadi tempat tinggal satwa

Ada sejumlah hewan memang bisa bertempat tingga dipohon dan hutan. Tahun akhir kemarin banyak pemberitaan tentang turunnya hewan liar di pemukiman warga, nah ini pasti hewan turun tidak ada alasannya. Mereka turun sebab lingkungannya tempat tinggal yang ditinggal berganti jadi lahan perkebunan, penebangan hutan liar dan kebakaran hutan. Jadi hewan ini tidak mempunyai tempat tinggal.

Dengan kita melakukan penanaman sejuta pohon ini dengan tidak langsung kita sudah berpartisipasti ikut dalam mengembalikan tempat tinggal untuk satwa serta mengembalikan ekosistem sudah dirusak pohak tak bertanggungjawab.

5. Menyediakan air bersih

Air yang masuk didalam tanah dengan tak langsung lewat proses filtrasi alami yang dijalankan pohon dihutan.
Untuk itu sejumlah pohon yang banyak bisa berfungsi menjadi tempat pasokan air bersih di mata air terutama dataran tinggi. Selain menyediakan udara bersih pohon pun menyediakan air bersih bagi makhluk hidup.

6. Bisa menegah erosi

Akar kuat bakau bisa menghalau gelombang serta pasang air laut yang mengikis tanah maupun pasir di pinggiran laut jadi luas daratan tetap dan tidak terjadi penyusutan.

Inilah tadi penjelasan tentang Manfaat menanam satu juta pohon bagi lingkungan. Harapan kami dengan adanya materi mencintai dan menghargai lingkungan beserta pohonnya semenjak dini bisa menyadarkan para generasi penerus untuk selalu menjaga lingkungan sekelilingnya. Terutama untuk menjaga kelestarian pohon bagi kepentingan semua makhluk hidup yang berada di seluruh dunia. Terima kasih.

Baca Juga :   Kemosintesis : Pengertian, Contoh Dan Reaksi Proses Terjadinya Secara Lengkap

Baca juga:

Proses Pertumbuhan Tanaman Selada Air Paling Lengkap

Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Matahari Paling Lengkap