Makanan Penambah Sistem Imun Tubuh

3 min read

Makanan Penambah Sistem Imun Tubuh

Makanan Penambah Sistem Imun Tubuh – memiliki kondisi tubuh yang tetap sehat adalah hal yang di inginkan. Namun bagaimana jika system imun tubuh mulai menurun? Apakah kita bisa menambahnya dengan mengkonsumsi makanan tertentu? Tentu bisa. Berikut ini ada beberapa jenis makanan penambah sistem imun tubuh yang bisa kita konsumsi untuk menjaga ketahanan tubuh.

1. Buah Sitrus

Banyak masyarakat yang sakit lalu memilih konsumsi vitamin c untuk solusinya. Ini karena bisa membantu membangun imun dalam tubuh. Kandungan vitamin C disebut mampu meningkatkan produk sel darah putih yang bisa memerangi infeksi.

Adapun buah sitrus yang sangat populer ialah lemon, jeruk bali, Clementine, jeruk keprok, dan jeruk nipis. Disebabkan tubuh tak memproduksi bahkan menyimpannya, maka kita perlu vitamin C harian demi kesehatan yang berkelanjutan. Kebanyakan jenis jeruk mengandung banyak vitamin C. Kita bisa bebas memiliki jenis jeruk yang disuka untuk menambah imun tubuh.

2. Paprika Merah

Nah, selain jeruk, masih ada buah yang mengandung vitamin C tinggi yang dapat dijadikan untuk penambah imun. Buah tersebut adalah buah paprika. Terdapat kandungan vitamin C 2 kali lipat lebih besar dari pada buah jeruk dalam buah paprika merah ini. Bahkan buah paprika merah juga sebagai salah satu sumber beta karoten sangat banyak.

Bukan hanya bisa meningkatkan imun tubuh, kandungan vitamin C pada paprika merah juga dapat menjaga kesehatan kulit anda. Sementara kandungan beta karoten ini mampu menjaga kesehatan mata maupun kulit Anda.

Baca Juga :   Gizi Buruk : Gejala, Tanda-Tanda Klinis, Bahaya Dan Cara Pencegahannya

3. Brokoli

Selanjutnya adalah brokoli yang didalamnya sudah dilengkapi kandungan vitamin maupun mineral. Didalamnya ada beberapa kandungan vitamin yaitu vitamin A, C, & E, sekaligus mengandung banyak antioksidan & serat lain. Sehingga sayur brokoli ini merupakan sayuran tersehat sekarang ini.
Namun kunci untuk mempertahankan kandungan yang ada didalamnya ialah memasak secepat mungkin bahkan tidak dimasak sama sekali juga sangat bagus untuk tubuh.

4. Bawang Putih

Kita bisa menemukan bawang putih setiap hari di dapur. Namun ternyata bawang putih juga memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh, khususnya untuk memerangi infeksi.
Berdasarkan National Center for Complementary & Integrative Health Trusted Source, menyatakan jika bawang putih juga bisa menurunkan tekanan darah serta memperlambat pengerasan pada pembuluh darah manusia.
Adapun sifat bawang putih yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh diyakini dari konsentrasi yang sangat tinggi dari sebuah senyawa yang mengandung zat belerang, bernama allicin.

5. Jahe

Bahan lain yang di pakai untuk menyembuhkan sakit adalah jahe. Karena jahe bisa mengurangi peradangan, sehingga bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan maupun penyakit radang lain serta mengurangi mual seseorang.

6. Bayam

Sayur bayam bukan cuma mengandung vitamin C yang banyak, namun juga mengandung antioksidan serta betakaroten. Sehingga bisa bisa membantu dalam melawan infeksi terhadap sistem kekebalan tubuh seseorang.
Hampir sama dengan sayur brokoli, sayur bayam juga sehat jika dimasak dengan cepat. Supaya nutrisi tetap terjaga, maka dianjurkan memasak dengan cepat. Akan tetapi, masakan ringan akan meningkatkan vitamin A serta memungkinkan nutrisi lainnya dilepas dari asam oksalat.

7. Yogurt

Selain beberapa jenis makanan di atas, yogurt juga bisa merangsang sistem kekebalan dalam tubuh kita dalam membantu melawan penyakit. Namun kita disarankan untuk memilih yogurt tawar dibandingkan dengan jenis-jenis yogurt yang sarat akan gula.

Baca Juga :   Vitamin A: Pengertian, Sumber Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia

Namun kita juga bisa membuat manis yogurt tawar sendiri. Caranya dengan memasukkan buah-buahan yang sehat serta menambahkan madu. Yoghurt juga dapat dijadikan sebagai sumber vitamin D, jadi, pilihlah jenis yogurt yang didalamnya mengandung vitamin D. Dengan begitu akan mengatur sistem kekebalan tubuh serta bisa meningkatkan pertahanan alami didalam tubuh kita dalam melawan penyakit.

Terutama bagi si Kecil yang usianya masih 1-3 tahun, guna meningkatkan sistem imun mereka, kita bisa memberinya susu formula yang mengandung gizi yang cukup. Didalamnya harus mengandung vitamin C & E guna mendukung ketahanan tubuhnya serta mengandung Omega 3 dan 6, zat besi, dan DHA, guna mendukung kemampuannya dalam berpikir supaya lebih optimal.

8. Almond

Jika tubuh terserang pilek, atau hanya ingin mencegahnya, biasanya dibutuhkan vitamin C seperti diatas. Namun untuk vitamin E disini merupakan kunci bagi sistem kekebalan tubuh anda supaya sehat dan larut pada lemak. Itu artinya memerlukan adanya kandungan lemak agar diserap secara benar.
Untuk memenuhi kebutuhannya, kita bisa mengkonsumsi kacang-kacangan misalnya almond, karena didalamnya mengandung vitamin sekaligus lemak yang sehat.

Makanan yang Melemahkan Sistem Imun Tubuh

Jika di atas adalah makanan yang bisa meningkatkan system imun tubuh, maka sebaliknya berikut beberapa jenis makanan yang bisa melemahkan system imun tubuh. Karena system imun tubuh yang lemah bisa menjadikan tubuh rentan terkena infeksi virus maupun bakteri, hingga peradangan. Untuk itu, hindari kebiasaan makan dibawah ini karena bisa melemahkan sistem kekebalan didalam tubuh manusia.

1. Terlalu banyak konsumsi garam

Salah satu makanan yang kerap dikonsumsi dan tidak baik jika berlebihan adalah garam. Dilansir dari Health, studi telah menunjukkan jika terlalu banyak mengkonsumsi garam Bisa mengakibatkan defisiensi imun. Sehingga kemampuan tubuh dalam melawan infeksi bakteri pun menjadi berkurang.
Sementara itu, kementerian kesehatan juga merekomendasikan takaran konsumsi garam cuma 5 gram ataupun 1 sendok teh per harinya. Kita juga harus memperhatikan lagi ketika mengkonsumsi garam, yang berasal dari makanan olahan yang tidak kita sadari.

Baca Juga :   √ Pengertian Olahraga Dayung , Sejarah, Teknik, Manfaat, Tujuan,  dan Peraturan

2. Terlalu banyak gula

Selain garam, mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih juga bisa melemahkan system imun sekaligus memperburuk kesehatan mental kita.
Studi menyatakan jika mengkonsumsi gula berlebih menjadikan kemampuan sel kekebalan tubuh yang bertugas menelan bakteri berkurang. Namun efek terbesarnya bisa muncul 1 atau 2 jam sesudah mengkonsumsi gula, bahkan bisa bertahan sampai 5 jam.

Kebutuhan gula per hari menurut rekomendasi Kemenkes ialah paling banyak 50 gram setiap harinya (setara dengan 4 sdm). Sebab itu, perhatikan takaran gula untuk minuman teh, kopi, maupun camilan manis anda.

Itulah pembahasan tentang Makanan Penambah Sistem Imun Tubuh dan makanan yang bisa menurunkan imun tubuh. Selain kedua jenis makanan penurun imun tersebut, kita juga tidak boleh berlebihan mengkonsumsi kafein, alkohol dan terlalu banyak lemak.

Baca juga:

Jenis Sel Epidermis Pada Kulit Manusia

Metabolisme Protein dalam Tubuh