Macam – Macam Senam Ritmik Menggunakan Alat Yang Perlu Diketahui

1 min read

Macam – Macam Senam Ritmik Menggunakan Alat Yang Perlu Diketahui

Senam Ritmik Menggunakan Alat – pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai macam-macam senam ritmik menggunakan alat yang perlu untuk diketahui. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Pengertian Senam Ritmik

Senam ritmik merupakan senam yang dilakukan dengan menggunakan iringan Irama ataupun musik. Senam ini pada umumnya mengutamakan kelihayan, kelenturan serta keindahan gerakan. terdapat beberapa macam dari senam ritmik yang sering diperlombakan di dalam berbagai kompetisi.  berikut ini adalah macam-macam dari senam ritmik tersebut diantaranya:

Senam ritmik dengan bola

Senam ritmik yang satunya yang memakai bantal bola sebagai alat bantunya. Apabila senam ritmik yang dipertunjukkan merupakan senam individu, maka alat yang digunakan hanyalah memerlukan satu bola saja titik akan tetapi apabila berkelompok, maka senam ini menggunakan beberapa bola.

Boleh dipakai biasanya berukuran sedang sehingga mudah untuk di lemparkan dan juga dimainkan.  bola tersebut juga terbuat dari bahan plastik ataupun karet sehingga boleh dipakai biasanya berukuran sedang sehingga mudah untuk di lemparkan dan juga dimainkan . bola tersebut juga terbuat dari bahan plastik ataupun karet sehingga sangat mudah untuk digunakan. Di dalam pertunjukan senam ritmik dengan menggunakan bola, dengan semakin rumitnya gerakan yang dilakukan dengan menggunakan bola, maka akan semakin tinggi pula nilai yang diperoleh.

Baca Juga :   √ Senam Aerobik │ Pengertian dan Sejarah Senam Aerobik

Senam ritmik dengan pita

Senam ritmik dengan menggunakan bantuan pita adalah salah satu dari jenis senam ritmik yang banyak dipertentangkan dikarenakan banyak sekali penikmatnya .  keindahan dari Gerakan tubuh yang diselaraskan dengan gerakan pita yang menjuntai jumpai serta melilit dapat membuat mata setiap orang akan terpana dengan melihatnya.

Untuk jenis bedanya sendiri yang digunakan adalah bukan peta sembarangan . peta tersebut harus terbuat dari bahan yang mudah untuk dilukis seperti bahan satin. Dan panjang dari pita juga harus sesuai dengan tinggi badan dari sangat luas sehingga kita tersebut tidak akan menyulitkan sang atlet ketika memainkannya.

Senam ritmik dengan tali

Sama halnya dengan menggunakan pita, senam ritmik dengan menggunakan tali juga harus menggunakan tali yang mudah untuk diluncurkan . Akan tetapi perbedaan itu adalah tali yang dipakai tidak mempunyai pegangan seperti yang berada pada pita.

Senam ritmik dengan gada

Gada yang dipakai dalam senam ritmik biasanya terbuat dari bahan plastik ataupun kayu yang ringan sehingga sangat mudah untuk di lempar dan juga dimainkan layaknya seperti sebuah akrobat. yang dipakai pada umumnya berbentuk seperti botol dengan panjangnya yaitu sekitar 4 sampai 50 cm serta berat 150 gram.

Senam ritmik dengan simpai

Simpai atau yang lebih dikenal dengan Hula Hoop juga sering dijadikan tontonan yang paling ditunggu titik simpai atau Hula Hoop akan dipakai untuk dilempar , diputar atau ditangkap dengan menggunakan bagian tubuh tertentu seperti tangan ataupun kaki. Ukuran dari standar dari Simpati yang digunakan itu adalah simpai dengan berat 300 gram serta diameter 80 sampai 90 cm.

Demikian penjelasan mengenai senam ritmik menggunakan alat. semoga informasi yang diberikan mudah untuk dipahami dan dimengerti dan juga dapat berguna di dalam menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda semua Sekian dan terima kasih banyak atas kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat yang lainnya, sampai jumpa dan salam olahraga.

Baca Juga :   Macam-Macam Senam Ritmik Dan Penjelasannya

Baca Juga :