Macam-Macam Kelenjar Endokrin Dan Fungsinya

2 min read

Macam-Macam Kelenjar Endokrin Dan Fungsinya

Macam-Macam Kelenjar Endokrin Dan Fungsinya – Dalam setiap menjalankan segala peran dan fungsinya agar dapat bekerja dengan baik, tubuh akan dibantu oleh kerja kelenjar utama. Kelenjar utama di dalam tubuh manusia terdiri dari 9 kelenjar endokrin dan 5 kelenjar eksokrin. Namun, sebelum mempelajari tentang kelenjar endokrin ada baiknya apabila kita mengetahui pengertian dari kelenjar itu sendiri.

Kelenjar merupakan jaringan yang menyerupai kantung terbuat dari sel-sel sekresi yang terletak diberbagai lokasi di dalam tubuh yang aman akan tetapi tetap menonjol. Kelenjar di dalam tubuh berfungsi dalam menghasilkan suatu zat tertentu yang bertugas untuk mengatur berbagai fungsi fisiologis serta aktivitas tubuh. zat yang dapat dikeluarkan oleh kelenjar yaitu hormone, enzim dan atau cairan lainnya yang mempunyai peran dan fungsi masing-masing.

Terdapat berbagai macam kelenjar yang memiliki tugas diseuaikan dengan tipe sekresi, lokasi, dan sistem organ yang dikendalikan. Apabila tidak ada pengeluaran sekresi yang cukup, maka akan terjadi ganguan kesehatan yang terkait dengan defisiensi enzim dan juga hormone. Mengenai Macam-Macam Kelenjar Endokrin Dan Fungsinya selanjutnya dapat anda simak dibawah ini.

1. Kelenjar Hipotalamus

Kelenjar hipotalamus adalah suatu kelenjar jenis endokrin yang berada dibawah otak besar atau celebrum. Kelenjar jenis ini memiliki fungsi dalam mengatur pertumbuhan dan perkembangan manusia. Hipotalamus akan mengeluarkan realizing hormin yang memiliki fungsi untuk merangsang kelenjar hipofisis yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Baca Juga :   Makalah Anatomi Mata Bagian Luar dan Dalam dan Penjelasan Lengkapnya

2. Kelenjar Tiroid Dan Paratiroid

Kelenjar tiroid dan paratiroid ini dua kelenjar yang tidak dapat dipisahkan. Kelenjar tiroid memiliki bentuk seperti huruf H yang berada di bagian leher atas trakea dimana dapat menghasilkan hormone tiroksin. Sedangkan kelenjar paratiroid adalah 4 kelenjar yang berada pada bagian belakang kelenjar tiroid dan termasuk kedalam kelenjar endokrin terkecil yang ada di dalam tubuh manusia. Kelenjar jenis ini mampu menghasilkan parathyroid hormone (PTH).

3. Kelenjar Adrenal

Kelenjar adrenal adalah jenis kelenjar berada dibagian atas setiap ginjal. Pada setiap kelenjar adrenal ini tersusun dari dua bagian, yakni korteks dan medulla. Korteks pada ginjal mempunyai fungsi sebagai penghasil hormone jenis kortikoid, sementara fungsi medulla pada ginjal dapat menghasilkan hormone jenis adrenalin. Kedua bagian ini berasal dari lapisan germinal yang berbeda, korteks berasal dari mesoderm, sementara medulla berasal dari sel-sel dari neuralis. Kelenjar adrenal itu sendiri dibungkus oleh simai jaringan ikat padat yang dapat mengirimkan septa tipis pada bagian dalam kelenjar sebagai trabekula.

4. Kelenjar Pancreas

Macam-Macam Kelenjar Endokrin Dan Fungsinya yang berikutnya adalah kelenjar pancreas. Kelenjar jenis ini terletak pada pulau-pulau haangerlandas yang terdiri dari dua tipe. Kedua tipe tersebut diantaranya, yaitu tipe alpa dan beta. Kelenjar pancreas mempunyai fungsi dan peran untuk memproduksi atau menghasilkan hormone insulin dan juga hormone glucagon. Apabila tidak ada hormone insulin, maka keseimbangan metabolisme tubuh manusia akan terganggu.

5. Kelenjar Kelamin (Gonad)

Sama dengan namanya, kelenjar gonad ini adalah kelenjar yang memiliki fungsi dalam menghasilkan kelenjar hormone kelamin. Pada wanita gonad terletak pada bagian ovarium, sementara pada pria kelenjar ini terletak pada bagian testis. Apabila terjadi gangguan pada kelenjar ini, akan menyebabkan rangsangan yang ada menjadi terganggu.

Baca Juga :   Logam Berat Pada Manusia : Pengertian, Jenis, Manfaat dan Cara Mengindarinya lengkap

6. Kelenjar Pineal

Kelenjar pada tubuh manusia selanjutnya yaitu kelenjar pineal. Kelenjar jenis ini berada pada tengah-tengah otak dan dapat menghasilkan hormone timosin yang berperan dalam mengatur ritme biologis, contohnya ketika sedang tidur. Ketika malam hari, konsentrasi melatonin akan mengalami peningkatan sehingga mengakibatkan seseorang akan mengantuk dan akhirnya tidur. Sementara ketika siang hari, konsentrasi melatonin akan menurun dan membuat orang menjadi terjaga. Maka dari itu, fungsi dari jenis hormone ini sangatlah penting bagi aktivitas manusia setiap harinya.

7. Kelenjar Timus

Kelenjar timus adalah suatu jenis kelenjar yang berada dibagian atas rongga dada. Kelenjar ini berfungsi dalam menghasilkan hormone timosi yang berperan dalam pematangan limfosit T. limfosit itu sendiri adalah sejenis sel darah putih yang berfungsi dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh (imunitas).

8. Kelenjar hipofisis (kelenjar pituitary)

Kelenjar hipofisi meru[akan suatu kelenjar yang berada di dalam otak. Dimana kelenjar ini akan memproduksi hormone yang berperan dalam membantu mengatur pertumbuhan, tekanan darah, produksi dan pembakaran energy serta berbagai macam fungsi organ tubuh lainnya. Kelenjar ini terdiri dari dua bagian, yaitu kelenjar anterior dan posterior yang mana masing-masing mempunyai jenis sekresi yang berbeda.

  1. Kelenjar anterior, terletak di bagian depan puitari yang dapat mengahsilkan berbagai macam hormone. Hormone tersebut diantaranya, perangsang hormone adrenal, hormone perangsang folikel (mengatur produksi estrogen dan progesterone di dalam tubuh wanita serta produksi testosterone pada tubuh pria), homron pertumbuhan, hormone prolactin, dan hormone perangsang tiroid.
  2. Kelenjar posterior, hormone jenis ini terletak di belakang bagian depan puitari. Kelenjar ini berfungsi dalam mengsekresikan hormone antidiuretic (ADH) yang dihasilkan oleh ginjal berperan dalam meningkatkan penyerapan air dalam darah, mengurangi jumlah air yang keluar dalam urin, serta membantu menyimpan air di dalam tubuh. selain itu kelenjar ini dapat mengsekresikan oksitosin. Oksitosin ini berperan dalam memberi sinyal pada Rahim dalam memulai proses persalinan. Hormone ini juga berperan dan bertanggung jawab dalam merangsang produksi ASI.
Baca Juga :   Apa Saja Jaringan Pada Lambung

Demikian ulasan mengenai Macam-Macam Kelenjar Endokrin Dan Fungsinya yang dapat kami uraikan. Dimana kelenjar-kelanjar tersebut memiliki peran dan fungsi masing-masing yang sama bermanfaatnya bagi pertumbuhan dan perkembangaan tubuh manusia.

Baca juga:

Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Indra

Struktur Fungsi Ovarium Bunga