Macam-Macam Hormon Manusia Dan Fungsinya

3 min read

Macam-Macam Hormon Manusia Dan Fungsinya

Macam-Macam Hormone Manusia Dan Fungsinya – Mungkin beberapa diantara kalian belum terlalu mengenal dengan istilaah hormone. Hormone merupakan senyawa yang dihasilkan oleh tubuh manusia sebagai pemacu organ dalam tubuh agar dapat bekerja dengan maksimal dan melakukan perannya masing-masing. Terdapat berbagai macam hormone yang ada di dalam tubuh manusia.

Bahkan setiap hormone tersebut mempunyai perann dan fungsi yang berbeda. Semua hormone memiliki peran yang sangat penting dan memberikan efek yang baik. Apabila kita tidak memiliki hormone maka tubuh dan organ lainnya tidak dapat berfungsi secara efektif.

Hormone dapat juga diartikan sebagai zat kimia yang dapat dihasilkan organ dalam tubuh manusia, yakni dari kelenjar endokrin yang berfungsi untuk membantu dalam memicu fungsi organ di dalam tubuh manusia. Zat ini secara otomatis telah dihasilkan oleh tubuh sebagai proses pertumbuhan, metabolisme, reproduksi, kekebalam tubuh dan menghasilkan pola hidup manusia. Berikut ulasan mengenai Macam-Macam Hormone Manusia Dan Fungsinya yang perlu untuk kita ketahui.

1. Hormon Steroid (Aldesteron)

Hormone steroid atau hormone aldesteron merupakan suatu zat yang terletak diluar korteks adrenal kelenjar adrenal. Hormone ini memiliki fungsi dan peran sebagai pendorong reabsorsi natrium di dalam ginjal dan mampu meningkatkan volume darah. Sehingga pelepasan dari kalium dan hydrogen dapat melalui ginjal, dapat meningkatkann kadar retensi air, serta dapat meningkatkan tingkat tekanan darah.

Baca Juga :   Apa Perbedaan Flora Dan Fauna? Yuk Simak Selengkapnya Dibawah Ini !!!

2. Hormon Kortisol

Hormone kortisol merupakan hormone yang terdapat di dalam korteks adrenal. Hormone jenis ini memiliki fungsi untuk menghasilkan respon sters dan tingkat glukokortikoid dalam darah dapat menurun. Selain itu juga berfungsi sebagai pengatur metabolisme glukosa serta mampu menekan sistem kekebalan tubuh. fungsi lainnya hormone kortisol dapat mendorong metabolism lemak, karbohidrat dan protein, mengurangi pembentukan tulang serta apabila dalam keadaan wanita hamil, hormone ini berperan dalam merangsang pematangan paru-paru janin.

3. Hormon Adiponektin

Macam-Macam Hormone Manusia Dan Fungsinya yang selanjutnya adalah hormone adiponektin. Hormone ini memiliki peran dan fungsi untuk mengontrol sebagian proses metabolisme seperti misalnya regulasi glukosa dan katabolisme lipid, mampu mencegah berbagai penyakit seperti penyakit hati berlemak, obesitas, diabetes tipe 2 dan lainnya. Hormone adiponektin merupakan hormone jenis protein yang berasal dari jaringan adipose atau disebut lemak yang ada di dalam tubuh manusia.

4. Hormon Antidiuretik

Hormone antidiuretic adalah hormone yang berada dalam hipofisis posterior. Hormone jenis ini mempunyai fungsi untuk mengeluarkan ACTH di dala hipofisis interior. Selain itu, berfungsi juga dalam menyebabkan vasokontriksi hingga ke tingkat menengah dan mampu menyebabkan atau mempengaruhi retensi air di dalam ginjal.

5. Hormon Adrenokortikotropik

Hormone adrenokortikotropik mempunyai fungsi sebagai peningkat penyerapan lipoprotein ke dalam sel kartikal sehingga terdapat lebih banyak kolstrol yang tersedia untuk dapat sel-sel korteks adrenal. Tidak hanya itu, hormone ini juga berfungsi sebagai alat untuk mendorong pengangkutan koletrol dibagian dalam mitokondria dan mampu merangsang dalam proses hidrolis. Hormone adrenokortikotropik itu sendiri adalah hormone yang terletak di dalam komponen dari sumbu hipotalamus – hipofisis – adrenal hipofisis anterior.

Baca Juga :   Jenis dan Bentuk Bentuk Molekul Terlengkap

6. Hormone Kalsitonim

Hormone kalsitonim mempunyai fungsi untuk menurunkan kadar kalsium darah dengan cara menghambat penerapan kalsium di dalam usus manusia. Tidak hanya itu, hormone ini berfungsi dan berperan dalam menghambat penyerapan kalsium di dalam ginjal hingga dapat mempromosikan ekskresi kalsium yang melewati urin dan dapat mencegah aktivitas oteoklas yang terdapat di tulang dan juga berperan dalam proses regulasi vitamin. Hormone kalsitonim ini terletak di dalam kelenjar tiroid.

7. Hormone atrial-natriuretik peptide (ANP)/Atriopeptine

Hormone atriopeptine berasal dari dalam organ jantung. Hormone ini memiliki peran dan fungsi untuk meningkatkan laju filtrasi glomerulus (GFR), yang menuju ke ekskresi besar membawa natrium dan juga air serta dapat meningkatkan pelepasan asam lemak yang berasal dari jaringan adipose.

8. Hormone peptide (Cholecystokinin)

Hormone peptide ini terletak di dalam usus 12 jari, bagian awaldari usus kecil (duodenum). Hormone jenis ini memiliki fungsi untuk mendorong pelepasan enzim di dalam pencernaan dalam pancreas serta empedu di dalam kantong empedu. Enzim ini berperan aktif dalam menekan kelaparan untuk toleransi obat yang bertanggung jawab dalam sistem pencernaan dengan porsi untuk mendapatkan kekenyangan dengan tepat.

9. Dhydroepiandrosterone (DHEA)

Hormone jenis ini terletak di dalam testis, ovarium dan ginjal. Mempunyai fungsi dan peran dalam mevirialisasi (perubahan prenatal yang dipakai dalam menentukan jenis kelamin, perubahan postnatal penyebab pubertas laki-laki normal, dan efek dari banyaknya androgen pada anak perempuan. Hormone dhydroepiandrosterone dapat juga dikatakan sebagai hormone yang berfungsi pada anabolisme (melibatkan proses perkembangan dalam organ serta jaringan).

10. Dihidrostestoteron (DHT)

Hormone DHT terletak didalam enzim 5a-reduktase. Dimana hormone ini memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi hormone yang berada di prostat, testis, folikel rambut, serta pada kelenjar andrenal. Selain itu, juga berperan sebagai penanggungjawab untuk pola kebotakan laki-laki. Dalam perannya hormone ini ikut serta daalam pertumbuhan prostat (benih prostatic hyperplasia serta kanker prostat) dan diferensiasi.

Baca Juga :   Mengenal Enzim Hati

11. Dopamine (prolaktine penghambat hormone)

Hormone dopamine berada di dalam hipotalamus dan organ ginjal. Hormonn ini berperan dan berfungsi dalam menentukan perilaku, gerakan sadar dan kognisi. Mampu meningkatkan tekanan yang terjadi pada denyut jantung serta tekanan darah. Selain itu, hormone ini juga berperan dalam fitur psikologi, contohnya motivasi hukuman dan imbalan. Berperan dalam mengotrol pola tidur, memori kerja, mood dan konsentrasi dan ketrampilan di dalam belajar.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Macam-Macam Hormon Manusia Dan Fungsinya. Dengan demikian kita dapat mengetahui bahwa hormone mempunyai fungsi yang sangat penting dalam berbagai proses di dalam tubuh manusia. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat memberikan wawasan.

Baca juga:

Macam-Macam Kelenjar Endokrin Dan Fungsinya

Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Indra