8 Macam Hewan Dengan Gigitan Terkuat Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Macam Hewan Dengan Gigitan Terkuat Dan Penjelasannya

Macam hewan dengan gigitan terkuat dan penjelasannya – secara umum, gigitan manusia bila dibandingkan dengan gigitan hewan bisa 10 sampai 20 kali lipat lebih kuat gigitannya hewan. Sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali jenis hewan saling memanngsa satu dengan lainnya melalui kekuatan gigitannya. Nah, disini penulis akan menyajikan sedikit materi mengenai Macam hewan dengan gigitan terkuat dan penjelasannya.

8 Macam Hewan Dengan Gigitan Terkuat

Dikarenakan gigitannya yang paling kuat itu, maka sudah pasti gigi hewan tersebut pun mempunyai gigi paling kuat. Nah, untuk mengetahui jenis hewan yang gigitannya paling kuat mari simak ulasan dibawah ini.
Beberapa hewan yang mempunyai gigitan luar biasa antara lain :

1. Singa (panthera leo)

Adapun jenis hewan satu ini mempunyai kekuatan gigi kurang lebih 650 psi. Singa adalah jenis hewan yang paling buah dan kuat sekali jadi ia diberi nama “raja hutan”. Cara tumbuhan memikan hewan guna memakan buahnya dapat kalian pakai sebagai informasi tambahan.

Singa sendiri secara umum hidup dengan mengelompok dan mempunyai jenis mangsa yang besar. Seperti saja kerbau dan juga gajah, walaupun mereka ini lebih besar tetapi bila berbicara tentang gigitan paling kuat, sehingga singa tersebut menjadi rajanya. Tidak salah bila singa ini menjadi rajasa hutan sebab kebuasannya dalam menggigit dan menerkam.

Baca Juga :   Bahaya Air Liur Hewan Komodo Secara Biologi

2. Harimau (panthera tigris)

Memang hewan yang ini tidaklah menjadi raja hutan, akan tetapi kalian harus hati-hati dari kekuatan giginya harimau yang masih bisa mengalahkan singa dengan notabenenya ialah sang raja hutan. Kekuatan dari gigitan harimau tersebut sendiri bisa mencapai 1050 psi. Hewan yang sangat lambat di dunia dapat kalian jadikan pula sebagai informasi tambahan.

Salah satu jenis harimau yang sangat besar ialah harimau siberia dengan emmpunyai bobot kurang lebih 423 kg. Akan tetapi berbeda dari singat, harimau tersebut meruupakan jenis hewan tersoliter serta terkenal sebagai hewan yang menyendiri, terkecuali pada waktu musim kawin.

3. Dubuk tutul (hyaenidae)

Hewan satu ini merupakan hewan yang asalnya dari benua afrika. Untuk di daerah afrika sendiri hewan satu ini terkenal dengan hewan pemulung sebab hewan tersebut kerap memakan sisa dari hewan lainnya.
Kekuatan rahang maupun gigita dari hewan tutul tersebut dapat mencapai 1100 psi dan hingga masih bisa mengalahkan singa serta harimau pula. Duduk tutul tersebut sendiri merupakan jenis hewan yang mengelompok dan suka untuk berburu kerbau, badak dan rusa kutub.

4. Beruang grizzly (ursus arctos ssp)

Untuk jenis binatang satu ini adalah salah satu jenis beruang berwarna cokelat dengan tinggal pada daerah benua afrika utara. Untuk jenis satu tersebut mempunyai tinggi kurang lebih 2 meter dan mempunyai berat kurang lebih 363 kg.

Dari bobot itu, maka sudah dapat kita bayangkan bahwa beruang satu tersebut tidak hanya besar ya. Akan tetapi tinggi serta mempunyai penciuman paling tajam sekali dan mempunyai kekuatan gigitan hingga mencapai 1200 psi.

5. Gorilla (gorilla gorilla)

Siapa yang tidak kenal dengan hewan satu ini. Gorilla mempunyai tinggi sapai 1,73 m serta beratnya sampai 160 kg. Hewan tersebut adalah hewan primata yang paling besar yang ada di dunia. Kekuatannya gigitan ini sendiri mencapau 1300 psi.

Baca Juga :   Bagian Tubuh Hewan : Pengertian, Golongan, Jenis dan Fungsinya Lengkap

6. Jaguar (panthera onca)

Jaguarmerupakan kucing paling besar yang mempunyai gigitan paling kuat. Kekuatannya dapat mencapai 2000 psi. Dapat disebut ini 2 kali lipatny dari harimau. Jaguar sendiri mempunyai otot rahang terkuat. Walaupun demikian dia termasuk hewan penyendiri.

Jaguar ialah pemburu paling kuat bahkan ia tak segan segan dalam memangsa buaya serta kura-kura. Kekuatan dari rahang jaguar tersebut dapat menghancurkan tengkorak kepala serta cangkak kura-kuura yang paling kuat.

7. Kuda nil

Kuda nil ialah mamalia yang mempuunyai gigitan paling kuat bisa mencapai 1825 psi. Mulut besarnya ini berisi gigi seri serta taring berukuran 4,3 meter serta 5,5 meter. Nyataya, mereka ini pun kadang biasa mengasah sendiri gigi mereka. Gigi besar tersebut dipakai bertarung serta berlindung terhadap lawan. Hewan tersebut memiliki perawakan kekar serta berat badan hingga 1800 kg!

Walaupun kakinya ini pendek, namun kuda nill dapat berlari dengan kecepatannya yakni 30,6 km/ jam. Kuda nil paling agresif serta sukar untuk diprediksi. Tanpa diprovokasi juga dia dapat tiba-tiba menyerang. Itulah kenapa kuda nil menjadi salah satu hewan berbahaya sekali di benua afrika.

8. Buaya amerika (alligator mississippiensis)

Dengan berat 454 kg dan panjang 34 meter, buaya amerika merupakan reptil paling besar di benua amerika. Tidak hanya itu, gigitannya ini juga memukau sebab dapat mencapai 2125 psi. Dengan rahang yang paling kuat, maka buaya amerika ini dapat menyobek mangsanya jadi beberapa bagian saja.

Buaya amerika sendiri mempunyai 75-84 gigi. Sekali gigitan mereka rusak, maka akan secara mudah tumbuh baru. Bahkan satu ekor buaya amerika ini mempunyai 2000-3000 gigi selama mereka hidup. Walau rahangnya kuat, namun otot mereka ketika membuka rahang nyatanya lemah dan hanya menggunakan tangan kalian sudah dapat membungkam mulut mereka.

Baca Juga :   Fauna – Pengertian, Pengelompokan dan Persebarannya

Itulah sobat beberapa macam hewan dengan gigitan terkuat dan penjelasannya. Hewa hewan itu bisa membahayakan kita bila tidak waspada. Sebab sebagian dari hewan besar merupakan hewan buas. Sehingga kalian harus hati-hati bila ingin mendekat. Bila kita lengah sedikit, bisa bisa nanti diterkam oleh mereka. Semoga informasi ini bisa membantu kalian. Terima kasih.

Baca juga: