Tips Berlatih Lari 12 Menit Agar Dapat Bertahan Lama

1 min read

Tips Berlatih Lari 12 Menit Agar Dapat Bertahan Lama

Latihan Lari 12 Menit –  pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai tips berlatih lari 12 menit supaya bisa bertahan lama. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar lebih mudah untuk dipahami dan juga dimengerti.

Latihan lari 12 menit merupakan salah satu dari tes kemampuan yang biasanya dipakai untuk penyaringan anggota pada bidang militer seperti Polri ataupun TNI. Pada umumnya teh seperti ini disebut juga dengan tes SamaptaA yang mana peserta akan diminta untuk melakukan lari dengan jarak sepanjang 3200 meter ataupun sekitar 8 kali putaran lapangan bola.

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes lari 12 menit, maka anda harus melakukan latihan yang ekstra dan juga rutin. Untuk itu Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan agar dapat tetap kuat dalam latihan lari 12 menit.

Latihan Jogging

Apabila Anda ingin memperoleh stamina yang kuat di dalam menjalin tes lari 12 menit, maka anda harus mampu dalam melakukan latihan lari. Latihan jogging merupakan salah satu cara ataupun latihan yang dapat anda lakukan serta sangat penting bagi anda lakukan untuk dapat meningkatkan ketahanan tubuh di dalam berlari.

Anda tidak perlu melakukan latihan lari di dalam porsi yang berat anda hanya cukup melakukan latihan jogging itu selama 30 menit di setiap harinya. Akan tetapi perlu diingat juga bahwa Anda harus melakukan latihan ini setiap hari tanpa henti atau secara rutin.

Baca Juga :   √ Loncat Harimau │Pengertian dan Cara Melakukan Loncat Harimau ( Tiger Sprong )

Lari Tanpa Waktu

Jam berikutnya yaitu adalah biasakan diri agar dapat berlari di lapangan sebagaimana tes lari 12 menit dilakukan titik larilah dengan memutari lapangan hingga sebanyak 2 kali tanpa melihat waktu. pada hari yang berikutnya Anda dapat menambahkan menjadi tiga sampai empat putaran. Anda juga tidak perlu berlari dalam kecepatan yang tinggi Anda hanya cukup berlari seperti biasa saja. Hal ini disebabkan oleh latihan ini yaitu bertujuan agar dapat menguatkan otot kaki.

Pada minggu ke 3, sebaiknya Anda mencampur latihan hari ini dengan lari cepat. Melakukan 4 putaran dengan kecepatan lari yang sedang, Lalu 2 putaran dengan kecepatan lari yang ditambah setiap harinya. Dengan begini maka anda akan terbiasa untuk berlari dengan cepat.

Konsumsi Makanan Bergizi

Daya tahan tubuh pada saat berlari tidak dapat ditempa hanya dengan melakukan latihan lari saja. Akan tetapi anda juga harus memberikan energi yang cukup bagi tubuh Anda supaya bisa berlari dengan baik dan maksimal.

Oleh sebab itu anda perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi Agar dapat menyuplai energi ke otot anda.  utamakan agar memakan makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Serta pada saat berlari, otot akan sangat membutuhkan zat protein agar bisa bekerja dengan maksimal.

Hindari minuman diuretik

Dalam hal ini juga Anda perlu menghindari minuman diuretik. Perlu diketahui bahwa minuman diuretik merupakan minuman yang merangsang anda untuk buang air kecil lebih banyak.  minuman ini yaitu adalah kopi dan teh. Anda memerlukan banyak sekali cairan untuk bisa berlari, Apabila Anda terlalu banyak meminum minuman ini maka tubuh anda pun akan mudah untuk kekurangan cairan ketika berlari.

Baca Juga :   √ Tenis Meja │ Sejarah Tenis Meja di Indonesia Secara Singkat dan Lengkap

Demikianlah pembahasan kali ini yang menjelaskan mengenai Latihan lari 12 menit, semoga informasi yang diberikan mudah untuk dipahami dan dimengerti .  Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel artikel bermanfaat yang lainnya, terima kasih sampai jumpa dan salam olahraga.

Baca Juga :