Klasifikasi Dan Morfologi Bunga Matahari (Kandungan Dan Manfaatnya)

2 min read

Klasifikasi Dan Morfologi Bunga Matahari (Kandungan Dan Manfaatnya)

Klasifikasi dan morfologi bunga matahari (kandungan dan manfaatnya) – bunga matahari adalah bunga yang lumayan populer bagi kalangan tanaman hias. Awal mulanya bunga ini hanya dijumpai pada negara peru, meksiko serta amerika tengah saja. Namun, seiring jalannya waktu di tahun 1800an bunga ini tersebar di beragam wilayah dunia termasuk pula indonesia. Oke, kali ini penulis akan menyampaikan informasi mengenai Klasifikasi dan morfologi bunga matahari (kandungan dan manfaatnya).

Karena bunga ini sudah tersebar di beragam penjuru dunia, maka tak heran jika masing masing daerah mempnyai sebutan sendiri pada bunga ini. Beberapa sebutan ituu diantaranya ialah ( negara inggris bernama sun flower, di negara filiphina dikenal dengan mirasol, lalu di negara jepang bernama himawari serta china bernama xuang ri kui). Bunga matahari termasuk menjadi bunga majemuk yang sama dengan morfologi pada bunga mawar. Kemudian, bagaimanakah morfologi pada bunga matahari ini? Berikut ini penjelasannya.

Karakteristik Bunga Matahari

Nama latin bunga matahari ialah helianthus annus L, yang mana heli berarti matahari serta annus berarti semusim. Sehingga bisa disimpulkan bahwa bunga matahari ini merupakan bunga semusim. Karakteristik yang dipunya oleh bunga matahari ialah mempunyai warna bunga kuning terang, berdiameter kepala bunga hingga mencapai 30 cm serta yang sangat mudah dikenal ialah buganya selalu menghadap arah sinar matahari. Hal ini membuat sebagian orang perancis mengenal sebagai pengelana matahari.

Bunga matahari asalnya dari negara meksiko dengan ketinggian mencapai 5 cm, namun hal ini bergantung dengan jenis varietasnya. Di dalam bunga matahari ada 2 macam bunga, yakni bunga tepi serta buga tabung. Bunga tepi ialah bunga dengan kelopak yang besar berwarna kuning, sementara bunga tabung ialah bunga yang dipakai guna menghasilkan biji. Di dalam tabung tersebut kurang lebih ada 2000 kuntum pada 1 bunga.

Baca Juga :   Ciri Dan Contoh Tumbuhan Nonvaskuler Serta Perannya

Kemudian akar yang ada pada bunga tersebut mempunyai panjang kurang lebih 3-4 m dalam tanah, jadi hal tersebut membuat bunga ini bisa tumbuh secara kokoh dengan ketinggian 5m/ lebih. Adapun penyerbukan bunga ini menggunaka bantuan serangga misalnya seperti kupu-kupu dan lebah. Yang harus kalian catat ialah bahwa biji bunga matahari yang sebetulnya bisa kita jumpai dalam tempurung bunga dilindungi oleh buah.

Klasifikasi Bunga Matahari

Klasifikasi ilmu biologi ialah mengenal susunan makhluk hidup itu. Contohnya ialah bunga mawar yang masuk dalam family genus rose, kemudian ayam masuk kelas aves dll. Berikut ini penjelasan lengkapnya :

  • Kingdom : plantae
  • Kelas : magnoliopsida
  • Divisi : magnolipyta
  • Ordo : asterales
  • Genis helianthus
  • Famili : asteracear
  • Spesies helianthus annus L

Nah, menurut klasifikasi diatas tadi, bunga matahari masuk ke dalam kelas magnoliopsida yang berarti bahwa tumbuhan ini contoh tumbuhan jenis dikotil bersepasang kotiledon. Kemudian genusnya helianthus merupakan nama marganya serta spesies ialah nama latin menurut persepsi cronquist tahun 1981 dan neti tahun 2013.

Kandungan Bunga Matahari

Setiap tumbuhan pastinya mempunyai manfaat berbeda-beda, hal ini bergantung dengan kandungan dalam setiap tumbuhan. Untuk jenis bunga matahari sekitar 584 kalori lebih tiap 100 gramnya. Selain itu, biji ini mempunyai segudang vitamin, nutrisi, mineral serta vitamin lainnya yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Lebih jelasnya berikut kandungan pada biji bunga matahari di setiap 100 gramnya :

  • Karbohidrat : 20 gr
  • Energi : 584 kal
  • Serat : 8,6 gr
  • Lemak 51,46 gr
  • Protein : 20,78 gr
  • Selenium : 53 µg
  • Vitamin E : 35,17 gr
  • Vitamin C : 1,4 gr
  • Vitamin A : 50 IU
  • Thiamin : 1,480 mg
  • Potassium : 645 mg
  • Sodium : 9 mg
  • Zat Besi : 5,25 mg
  • Beta Karoten : 30 µg
  • Zinc : 5.00 mg
  • Magnesium : 1,950 mg
  • Kalsium : 78 mg
Baca Juga :   Tahapan Fotosintesis : Reaksi Terang Dan Reaksi Gelap Terlengkap

Manfaat Bunga Matahari

Setelah kalian mengenal tentang bunga matahari dan kandungan apa saja yang ada didalamnya, kemudian kaian harus tau pula manfaat apa yang terkandung dalam bunga matahari, antara lain :

  1. Untuk mencegah penyakit kardiovaskuler
    Vitamin E mempunyai manfaat untuk mencegah terserang penyyakit kardiovaskuler. Menurut penelitian, seseorang yang kekurangan vitamin E maka ia akan rentan terserang penyakit jantung. Selain itu vitamin ini juga bisa meangkal radikal bebas terhadap serangan kolestrol.
  2. Untuk menurunkan kolestrol
    Menurut sebuah penelitian bahwa biji bunga matahari ini bisa menurunkan kolestrol dalam tubuh. Didalam biji bunga matahari ada kurang lebih pitosterol berjumlah 270-289 per 100 gramnya yang baik bagi tubuh.
  3. Mencegah kanker
    Kandungan selenium pada buga matahari mempunyai peran perbaikan kerusakan DNA sel, menghambat sel kanker serta menghilangkan sel abnormal. Sehingga hal ini baik sekali guna menjaga kesehatan kalian terhadap serangan kanker maupun meningkatkan detoksifikasi dalam tubuh.
  4. Menurunkan gula darah
    Sejumlah senyawa zat kimia yang terkandung dalam biji bunga matahari bisa menurunkan gula darah dalam tubuh manusia. Selain itu bisa dimanfaatkan menjadi antiksidan dalam tubuh.
  5. Baik bagi sistem saraf
    Kandungan magnesium yang tinggi terbukti mampu merefleksikan otot kram, membantu kinerja pada sistem saraf dan mencegah terserang penyakit darah tinggi maupun migrain.

Itulah pembahasan materi mengenai Klasifikasi dan morfologi bunga matahari (kandungan dan manfaatnya). Kandungan zat kimia pada biji bunga matahari ini memberikan dampak positif bagi kesehatan manusia. Selain yang disebutkan diatas juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit dan anti inflamasi. Smeoga materi ini menambah wawasan kalian.

Baca juga:

Baca Juga :   5 Peran Cahaya Dalam Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman "Lengkap"