5 Jenis Warna Bola Mata Manusia – Mengatasi Mata Sensitif dan Pencegahannya

2 min read

Jenis Warna Bola Mata Manusia Dan Penjelasannya

Jenis warna bola mata manusia dan penjelasannya – mata merupakan peranan mata penting untuk manusia. Bila kita berbicara tentang mata, sudah pasti sering melihat perbedaan dari satu orang dan lainnya. Adapun perubahan hal ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Seperti faktor genetik, pigmen, atau melanin di dalam tubuh penyakit serta usianya seseorang juga. Berikut ini jenis warna bola mata manusia dan penjelasannya.

5 Jenis Warna Bola Mata Manusia - Mengatasi Mata Sensitif dan Pencegahannya

1. Warna coklat

Adapun bola mata coklat tersebut muncul karena melanin mata yang muncul dengan lebih banyak di daerah stomata iris mata, jadi semakin banyak pula kandungan melanin maka semakin gelap juga warna bola mata itu.

2. Warna hitam

Disebut hitam akan tetapi bukan berarti bahwa bola matanya dengan keselruhan hitam pekat ya sobat. Akan tetapi warna hitam yang dikenal ini warnanya coklat tua dan terlihat seperti hitam khususnya ketika ada di daerah kurang cahaya.

3. Warna biru

Pemilik bola mata biru tersebut kadang asalnya dari benua eropa di bagian utara dan sekitarnya laut baltik misalnya denmark, norwegia dan swedia serta sejumlah negara yang lainnya.
Atau bisa lebih tepatnya bola mata yang warnanya biru tersebut dimiliki oleh mereka yang mempunyai warna kulit putih. Mata biru tersebut dialami sebab kekurangan pigmen serta melamin dalam mata.

Baca Juga :   4 Anatomi Kulit Manusia - Pengertian dan Fungsi Pentingnya Lengkap

4. Warna hijau

Sama halnya dengan warna biru adalah warna hijau, yakni bukan warna pigmen asli berasal dari mata itu sendiri. Akan tetapi bola mata yang warnanya hijau tersebut terbentuk sebab kandungan melanin yang rendah sekali di stomata iris mata.

5. Warna hazel

Warna mata hazel adalah salah satu warna mata yang langka karena jumlah dari melanin yang ada dalam stomata iris mata jauh lebih rendah dibandingkan dalam bola mata warnanya hijau dan biru. Warna mata yang seperti ini maka ditemukan pada amerika dan eropa.

Cara mengatasi mata sensitif dan kering

Kalian mungkin tak sadar dengan kebiasaan khusus yang kurang baik bagi mata dan bisa mengganggu fungsinya.

1. Jarang minum air, makan sayur dan buah

Air memang sebagai sumber kehidupan. Sebab, kalian tak bisa hidup tanpa air. Begitu besar peran dari air untuk kehidupan kalian, termasuk pula kesehatan mata, kenapa demikian?
Sebab mata memerlukan air mata guna menjaga kelembababn serta kebersihan mata dari kotoran. Agar produksi dari air mata ini tercukupi, maka kalian pastinya harus mencukupi keperluan dari cairan. Caranya mudah saja yakni dengan rajin meminum air putih.

Selain tersebut air putih dalam cairan tubuh pun dapat kalian peroleh dari sayuran dan buah-uahan. Nutrisi yang diperlukan mata pun akan tercukupi. Walau dengan tak langsung akan memebrikan dampak pada mata, jarang minum serta makan buah bisa menurunkan kesehatan mata.

2. Asal pilih kacamata

Walaupun kalian tak mempunyai masalah mata, namun kalian tetap memerlukan kacamata, yakni warna hitam. Kacamata ini tak hanya bisa menghalangi sinar yang dapat membuat mata silau serta mengganggu kalian melihat gambar maupun benda yang lain.
Hal ini pun bisa melindungi kalian terhadap paparan sinar ultravioler yang bisa merusak mata. Sayangnya, masih banya orang yang salah dalam memilih kacamata hitam.

Baca Juga :   Iris : Pengertian, Bagian-Bagian Dan Fungsinya Terlengkap

3. Menggunakan obat mala berlebihan

Di pasaran, ada banyak obat tetes mata yang dapat mengobati beragam gangguan mata. Kemudahan memperoleh obat tetes mata tersebut membuat banyak orang malas dalam berobat didokter. Padahal dengan memilih obat tetes mata yang tidak direkomondasikan dokter belum pasti ampuh.
Bila hal tersebut dilakukan dengan berkepanjangan, maka kesehatan mata dapat terancam. Sejumlah obat tetes mata mempunyai kandungan pengawet didalamnya.

4. Sering mengucek mata

Selain debu dan juga kotoran, mata kalian pun sensitif dengan virus dan bakteri. Walaupun terlihat spele, namun dengan sering menyentuh dan menggosok mata dapat membuat mata bermasalah. Khususnya bila kalian tak mencuci tangan sebelumnya.
Pasalnya, kuku dan tangan kalian merupakan bagian tubuh termudah ditempeli bakteri maupun virus. Ketika kalian menyentuh maupun menggosok mata dengan tangan itu. Sehingga mata mungkin terasa gatal serta dapat iritasi.

5. Tak merawat lensa kontak secara baik

Banyak orang memakai lensa mata akan tetapi tak tau perawatannya dengan benar. Contohnya, tak membersihkan wadah kotak lensa dengan lebih dari 4 bulan. Maka bakteri akan berkembang biak dimanapun, termasuk wadah kotak lenda kalian.
Lalu dengan terus memakai lensa kotak lama dengan batas waktu pemakaian yang tak diganti maka mata akan menjadi bermasalah. Bahkan ketika memakai kotak lensa kalian pun memakai kotak lensa, kalian pun menggunakan maskara water proof. Residu pun dalam mata bisa menumpuk di lensa mata serta mempengaruhi produksi mata kalian.

Cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat

  1. Makan makanan yang sehat
    Untuk mencegahnya, maka sebaiknya kalian harus makan dengan sayuran, ikan, telur dan susu.
  2. Rutin memeriksakan di dokter
    Dokter meminta kalian menjelaskan medis atau keluarga khususnya masalah mata.
  3. Berhenti merokok
    Zat kimia berbahaya hasil dari sebuah rokok masuk di tubuh dapat merusakan jaringan mata.
  4. Batasi screen time
    Studi menunjukkan paparan cahaya biru gadget dlam meningkatkan manuka yang bisa berakhir kebutaan.
Baca Juga :   3 Pewarisan Sifat Pada Manusia : Pengertian, Macam - Macam dan Contohnya Terlengkap

Nah, itu tadi informasi tentang Jenis warna bola mata manusia dan penjelasannya. Bola mata setiap manusia ini berbeda beda, sebab hal ini dikarenakan beberapa faktor, diantaranya genetik, pigmen maupun melanin dalam tubuh penyakit dan usia seseorang. Semoga bermanfaat.

Baca juga: