Jenis Protozoa Penyebab Penyakit Pada Manusia

2 min read

Jenis Protozoa Penyebab Penyakit Pada Manusia

Jenis protozoa penyebab penyakit pada manusia – protozoa adalah makhluk yang selnya tunggal, sebagiannya mengakibatkan penyakit pada manusia. Penyakit protozoa bisa ebrvariasi dari ringan hingga mengancam jiwa. Hampir seluruh manusia mempunyai protozoa dalam tubuh mereka di sejumlah titik hidup mereka. Berikut ini beberapa Jenis protozoa penyebab penyakit pada manusia.

Setidaknya, terdpat lebih dari 30.000 spesies protozoa, namun tidak semua sifatnya parasit. Organisme tersebut mempunyai flagella menjadi alat gerak khusus. Berukuran kecil dan hanya bisa dilihat lewat mikroskop.
Protozoa bisa dijumpai pada setiap tempat dibumi. Mulai bagian samudra terdalam sampai puncak gunung paling tinggi. Bahkan, organisme ini dapat kalian temukan dikolam, rawa, aliran sunga dan tanah. Air yang tercemar juga mengandung sejumlah protozoa.

Jenis Jenis Protozoa Penyebab Penyakit Pada Manusia

1. Malaria

Malaria adalah salah satu diantara 5 penyakit menular “pembunuh”. Penyebab agennya genus plasmodium yang berasal dari filum protozoa. Termasuk P. Falciparum, P. Vivax, P. Malariae dan P. Ovale. Hampir 800 orang meninggal sebab malaria setiap tahunnya. Hal tersebut ditularkan dari nyamuk anopheles betina.
Sesudah mereka masuk dalam tubuh manusia, maka akan mematangkan sel sel hati dan darah. Gejalanya mencakup demam disertai menggigil dan keringat berlebihan. P. Falciparum bila tak terdeteksi di tahap awal maka bisa mengakibatkan malaria otak hingga kematian.
Terapinya ialah memakai 4-aminoquinoliner yang mencakup klorokui serta lakton sesquiterpine baru misalnya artemeter dan artesunate.

Baca Juga :   Tauco : Pengertian, Manfaat dan Proses Pembuatan Terlengkap

2. Amoebiasis

Amoebiasis merupakan penyakit yang dikarenakan protozoa entamoeba histolycita. Ini termasuk pula disentri amuba abses dan umum di hati, limpa, paru-paru dan kulit.
Disentri amuba tandanya dengan mencret darah dan lendir didalamnya. Nyeri perut spasmodik umum. Hal tersebut didiagnosis dengan memeriksa tinja bawah mikroskop. Bila tak terobati maka bisa mengakibatkan borok di usus besar dan ebses tempatt lain dalam tubuh.
Disentri amuba terkadang diobati menggunakan nitromidazoles misalnya metronidazole serta tinidazol.

3. Penyakit tidur

Penyakit tersebut dikarenakan protozoa trypanosoma brucei yang menular dari lalat tsetse. Berawal gejala demam, sakit kepala serta nyeri sendi. Bila tak diobati segera maka bisa melibatkan organ lainnya seperti ginjal dan jantung. Hingga organisme menembus sawar darah otak, kemudian mengekibatkan gejala kebingungan di siang hari dan malamnya insomnia.
Penyakit ini bisa diobati menggunakan obat yang mempunyai kandungan arsenik misalnya suramin.

4. Toksoplasmosis

Penyakit protozoa tersebut dikarenakan toxoplasma gondi. Infeksi dikarenakan makan daging terkontaminasi, konsumsi tanpa sengaja kotoran kucing maupun makan sayuran belum dicuci. Untuk orang sehat, tanpa mempunyai gejala bisa mengakibatkan flu. Akan tetapi untuk orang HIV bisa berakibat fatal.
Pengobatannya bisa menggunakan spiramisin dan klindamisin.

5. Trichomoniasis

Trichomonas faginalis merupakan protozoa yang memicu trikomoniasis. Walau sebagain besanya tak ada gejala namun harus diperhatikan sebab bisa memfasilitasi penularan HIV.
Gejala vaginitis termasuk pula mengakibatkan keputihan organ wanita dan uretritis yang mengakibatkan rasa terbakar di kemih pria. Pengobatannya bisa menggunakan metronidazol.

Giardiasis dikarenakan lamblia hiardia dan penyebarannya bisa mencemari kala azar, air yang disebabkan leishmania, dan yang menyebarkan lalat pasiryakni jenis lain penyakit protozoa.

Bahaya Protozoa Bagi Tubuh

Walaupun begitu, jenis protozoa bisa membahayakan tubuh manusia. Karena dapat memicu terjadinya penyakit fatal. Bahaya protozoa dalam tubuh manusia terlihat dari jenis protozoa yang masuk serta menginfeksi tubuh, diantaranya :

  1. Balantidium coli. Protozoa ini hidup serta menginfeksi saluran pernapasan yang mengakibatkan penyakit balantidiasis.
  2. Entamoeba histolytica. Untuk jenis protozoa ini mengakibatkan terjadinya penyakita amoebiasis di usus.
  3. Giardia intestinalis. Jenis protozoa ini bereproduksi di usus halus, mengakibatkan penyakit giardisis/ diare. Mempunyai nama lain giardia duodenalis atau disebut giardia intestinalis yakni dijumpai dipermukaan tanah, air dan makanaan yang sudah terkontaminasi kotoran manusia maupun hewan.
  4. Leishmania yakni parasit mikroskopis yang ada dalam aliran darah, mengakibatkan penyakit leishmaniasis. Penularannya di manusia lewat gigitan spesies khusus dari hewan yang sudah terinfeksi. Terdapat 3 bentuk infesi akibat parasit tersebut, yakni mukosa, leishmaniasis kulit dan visceral.
  5. Plasmodium falciparum. Protozoa tersebut mengakibatkan penyakit malaria di manusia.
  6. Toxoplasma gondii, adalah parasit intraseluler yang mengakibatkan terjadinya toksoplasmosis.
  7. Trypanosoma brucei, mengakibatkan penyakit trypanosomiasis afrika maupun penyakit tidur.
Baca Juga :   Contoh Protozoa Dan Jenisnya Terlengkap

Dikarenakan protozoa menyebar dimana-mana, maka penting bagi kita untuk hati-hati serta mencoba menghambat bahayanya protozoa. Sealu ingat mencuci tangan selepas aktivitas, memakai toilet dan sebelum makan. Masak makanan, khsusuna daging smapai matang sepenuhnya. Cucilah sayur dan buah sampai bersih dan pastikan airnya ini benar-benar matang.

Bila kalian berenang dikolam renang, kemungkinan kalian minum air kolam dengan tak sengaja. Berhati-hatilah sebab air kolam renang maupun danau mempunyai kandungan protozoa banyak. Satu tegukan saja dapat membahayakan bahkan saat air yang kalian lihat itu kondisinya bersih serta jernih. Protozoa hanya dapat dilihat lewat mikroskop jadi jangan hanya jernih kalian bisa terlena.

Bila kalian merasa sedang terjadi gejala Jenis protozoa penyebab penyakit pada manusia diatas tadi maka kalian dapat membuat janji dengan dokter guna mengetahui kondisi atau diagnosa lebih lanjut. Penanganan dapat meminimalkan dampak negatifnya dan komplikasi, selain itu pengobatan dapat dijalankan sesegera mungkin. Kalian harus membuat janji bersama dokter langsung di rumah sakit maupun dilokasi dokter praktik rumah. Semoga beberapa wawasan diatas tadi bisa membantu kalian dan bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

Baca juga:

Habitat Protozoa Dan Peran Bagi Kehidupan Manusia

Ciri Ciri Sporozoa