Jenis-Jenis Tumbuhan

2 min read

Jenis-Jenis Tumbuhan

Jenis-Jenis Tumbuhan – Tumbuhan merupakan organisme yang tergolong dalam kerajaan Plantae. Dimana didalam kerajaan tersebut terdiri dari beberapa klad, diantaranya tanaman berbunga, tumbuhan berbiji terbuka atau Gymnospermae, paku-pakuan, lumut Lycopodiopsida, dan sejumlah alga hijau. Tanaman hijau ini mempunyai diding sel yang kokoh serta mengandung selulosa. Hampir semua anggota tumbuha ini memiliki sifat autotroph yang artinya dapat memproduksi energi sendiri dengan mengubah energy cahaya matahari melewati proses yang kita kenal dengan sebutan fotosintesis dalam organel sel bernama kloroplas.

Telah tercatat kurang lebih sekitar 350.000 spesies organisme Jenis-Jenis Tumbuhan namun tidak termasuk di dalamnya alga hijau. Dari jumlah tersebut sekitar 258.650 merupakan jenis tumbuhan berbunga, sementara 18.000 termasuk dalam jenis tumbuhan lumut. Semua tumbuhan hijau dapat menghasilkan hampir seluruh molekul oksigen di bumi ini serta telah menjadi bagian terpenting dalam sistem ekologi bumi. Tumbuh-tumbuhan yang telah melalui proses domestikasi dapat menghasilkan biji, buah-buahan serta sayuran yang bermanfaat sebagai bahan dasar pangan manusia dan makhluk hidup lainnya. Tidak hanya sebagai sayur, beberapa tumbuhan juga bermanfaat dan dapat digunakan sebagai tanaman hias dan banyak juga dijadikan sebagai bahan obat herbal dan digunakan dalam ilmu medis.

Dikarenakan begitu banyaknya spesies tumbuhan yang ada dimuka bumi ini, para peneliti sepakat untuk mengelompokkan berbagai macam tumbuhan tersebut. Beberapa cara mengelompokkan tumbuhan dapat diklasifikasikan menjadi sejumlah divisi. Dimana divisi tersebut nantinya akan dibagi lagi menjadi tingkatan yang lebih rendah, diantaranya berdasarkan kelas, bangsa, suku, marga dan terkahir jenisnya. Masing-masing dari klasifikasi tersebut diberikan nama sesuai dengan kode International Tata Nama Tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai sarana referensi serta indikasi untuk pengelompokkan nama takson yang sesuai.

Baca Juga :   Daur Hidup Bunga Bangkai Terlengkap Beserta Penjelasannya

Jenis Jenis Tumbuhan Berdasarkan Sistem Filogenik

Sementara jika dilihat berdasarkan sistem filogeniknya tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi beberapa divisi, yaitu:
• Tumbuhan belah yang memiliki nama latin Schizophyta meliputi dari sekitar 35.000 jenis tumbuhan.
• Tumbuhan talus dengan nama latin Thallophyta ini kurang lebih sekitar 60.000 jenis tumbuhan.
• Tumbuhan lumut atau Bryophyta memiliki kurang leboh 25.000 jenis tumbuhan.
• Tumbuhan paku yang memiliki nama latin Pteridophyta mempunyai sekitar 10.000 jenis tumbuhan.
• Tumbuhan biji dengan nama latin Spermatophyta memiliki kurang lebih sekitar 170.000 jenis tumbuhan.

Dari klasifikasi tersebut diatas, kita mengetahui bahwa paling banyak divisi tumbuhan yang ada dimuka bumi adalah tumbuhan biji. Disebabkan tumbuhan ini memiliki tubuh yang besar dan mudah untuk dikenali. Sementara apabila kita lihat kelompok tumbuhan yang diklasifikasikan menurut morfologinya dapat dibagi menjadi 3 golongan, yaitu bertalus, berbiji dan berkormus.

Jenis Jenis Tumbuhan Berdasarkan Ciri Fisik

Namun, selain dapat dikelompokkan bersasarkaan filogenik dan morfologinya Jenis-Jenis Tumbuhan juga bisa dikelompokkan berdasarkan ciri fisiknya, yaitu bentuk akar, bentuk tulang, serta jumlah biji dari tumbuhan tersebut. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Jenis tumbuhan dilihat dari bentuk akarnya

Jika dilihat secara mendalam dan lebih jelas, semua masing-masing tumbuhan mempunyai bentuk dan ciri-ciri yang berbeda. Sehingga beberapa ahli berpendapat untuk menggolongkan dalam satu rumpun agar lebih mudah untuk dilakukan penelitioan lanjutan, yaitu dengan melihat ciri akarnya. Akar adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang paling penting. Bagian ini berperan dalam menyerap makanan serta air yang tersimpan di dalam tanah, dan kemudian akan disebarkan kebagian-bagian tumbuhan lainnya oleh batang.

Apabila dilihat dari akarnya tumbuhan memiliki dua jenis akar, yaitu akar tunggang dan akar serabut. Tanaman berakar serabutbiasanya merupakaan tanaman yang berbiji tunggal, yaitu seperti kelapa, oadi dan juga jagung. Sementara tumbuhan yang berakar tunggang adalah memiliki bentuk akar yang bercabang-cabang dengan satu akar yang sangat besar sebagai pangkalnya. Contoh tanman yang berakar tunggang, yaitu tumbuhan mangga, kacang-kacangan dan cabai.

Baca Juga :   Proses Pertumbuhan Tanaman Enceng Gondok Dan Penjelasannya

2. Jenis tumbuhan dilihat dari bentuk tulang daun

Jika membedakan tumbuhan dapat juga dilakukan dengan cara melihat bentuk tulang daunnya. Terdapat beberapa bentuk tulang daun yang umumnya pernah kita jumpai, yaitu tulang daun menjari, menyirip, melengkung dan sejajar.

Tumbuhan dengan tulang daun menjari, yaitu memiliki bentuk daun yang menjari mirip dengan jari manusia. Contohnya yaitu pohon singkong, pohon papaya, dan semangka. Tulang daun menyirip memiliki bentuk yang hampir mirip dengan sirip ikan. Misalnya tumbuhan mangga, nangka serta jambu. Sedangkan bentuk tulang daun yang melengkung dapat dilihat pada tanaman sirih serta genjer. Sementara yang terakhir yaitu tumbuhan dengan bentuk daun yang sejajar. Bentuk daun sejajar ini bisa kita amati pada tumbuhan jagung, tebu, serta beberapa daun serai.

3. Jenis tumbuhan dilihat dari kepingan biji

Selanjutnya jenis tumbuhan bisa kita lihat dari bentuk biji atau kepingan bijinya. Jumlah kepingan biji umummhya dibedakan menjadi dua, yaitu tumbuhan dikotil dan monokotil. Tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang mempunyai biji berkeping dua, misalnya adalah tanaman jeruk, belimbing, mangga, durian, dan lain sebagainya. Sementara tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan yang mempunyai biji dengan hanya berkeping satu. Misalnya adalah padi, salak, dan juga bawang merah serta lain sebagainya.

Banyak berbagai tumbuhan yang memang sengaja untuk dikelompokkan. Hal ini agar memudahkan kita dalam mengklasifikasikannya. Pengelompokkan tumbuhan dari ciri-cirinya memang sangat mudah, karena dapat dilihat dari ciri luarnya saja. Namun, apabila kita teliti secara mendalam masih banyak cara lainnya untuk mengelompokkan tumbuhan, misalnya dengan melihat kandungan dalam tumbuhan, tempat hidup, sifat batang dan juga manfaatnya.

Nah, itulah ulasan Jenis-Jenis Tumbuhan yang bisa kita lihat dari mengelompokkan berdasarkann ciri fisik, morfologi dan juga filogeniknya. Semoga pembahasan tersebut bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat.

Baca Juga :   6 Mahkota Bunga - Pengertian, Variasi, Karakteristik dan Fungsinya

Baca juga:

Sistem Ekskresi Pada Reptil Terlengkap

Apa Perbedaan Mamalia Dan Reptile