Jenis – Jenis Alat yang Digunakan Dalam Senam Akrobatik

1 min read

Jenis – Jenis Alat yang Digunakan Dalam Senam Akrobatik

Jenis alat senam akrobatik – pada ulasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai jenis-jenis alat yang digunakan di dalam senam akrobatik. untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Senam Akrobatik

Senam akrobatik merupakan jenis senam yang membutuhkan keahlian serta keterampilan yang khusus yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan oleh senam akrobatik ini mempunyai beberapa gerakan yang sangat ekstrem atau rumit seperti salto ataupun berputar. Pada umumnya senam akrobatik biasanya juga menggunakan atau memakai beberapa alat dalam proses pelaksanaannya. Berikut ini adalah beberapa alat-alat yang digunakan di dalam senam akrobatik.

Alat Senam Akrobatik

Berikut ini adalah jenis – jenis alat senam akrobatik , diantaranya :

Pita

Di dalam pelaksanaannya senam akrobatik terkadang memakai pita sebagai salah satu dari alat di dalam pelaksanaannya. Pita yang digunakan di dalam senam akrobatik ini juga merupakan pita yang sering dipakai di dalam senam ritmik. Biasanya pita yang digunakan mempunyai ukuran yaitu 380 cm x 5 cm.

Piring

Senam akrobatik ini adalah senam yang dapat dikatakan sangat unik dan juga menarik. Penggunaan alat pada senam akrobatik yang dipakai juga terbilang unik, Salah satunya yaitu adalah piring. Piring yang digunakan dalam senam akrobatik yaitu merupakan piring kecil yang digunakan tersebut akan diputar dengan cara menggunakan tongkat kecil sehingga gerakan yang dihasilkan pun akan begitu indah dan juga menarik. Penggunaan dari piring dalam senam hanya terdapat di dalam senam akrobatik saja.

Ring

Senam akrobatik juga mempunyai gerakan yang menggantung di atas ketinggian. Gerakan yang berbahaya ini pada umumnya biasanya dilakukan dengan cara menggunakan bantuan ring senam. Akan tetapi perlu diketahui bahwa orang ini berbeda dengan ring senam yang lainnya, Ring yang dipakai di dalam senam akrobatik terbuat dari bahan yang lebih kuat seperti besi. Tali untuk menggantung kandang tersebut juga harus kuat supaya tubuh dapat ditopang dengan baik ketika berada di udara.

Baca Juga :   Macam – Macam Gerakan Dasar Dalam Senam Irama

Selain tergantung, terdapat juga Ring yang dipakai untuk Melakukan lompatan atau salto. Atlet senam akan Melakukan lompatan dengan melewati lubang yang berada pada ring. Secara umum jenis ini mempunyai ukuran yang tentunya lebih besar Apabila dibandingkan dengan yang dipakai untuk bergantungan dikarenakan akan dilewati oleh tubuh atlet senam tersebut. Untuk bayinya sendiri juga tidak khusus dan juga bervariasi, seperti plastik, kayu, ataupun besi.

Bola

Di dalam senam akrobatik, bola juga sangat sering dipakai sebagai alat bantu . bola yang dipakai di dalam senam akrobatik ini tidak mempunyai ukuran yang khusus, akan tetapi biasanya bola yang dipakai dalam senam akrobatik ini hanya yang seukuran dengan kepalan tangan supaya lebih mudah untuk didapat dan juga ditangkap kembali.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai jenis alat senam akrobatik . semoga informasi yang diberikan mudah untuk dipahami dan juga dimengerti serta dapat berguna di dalam menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua. Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat yang lainnya, terima kasih dan salam olahraga.

Baca Juga :