Jenis Hewan yang Memiliki Sidik Jari Seperti Manusia

2 min read

Jenis Hewan yang Memiliki Sidik Jari Seperti Manusia

Jenis Hewan yang Memiliki Sidik Jari Seperti Manusia – Setiap manusia memiliki tanda pengenal khusus yang dimiliki selain tanda lahir. Sidik jari merupakan sebuah pola tertentu yang terbentuk di ujung jari manusia. Proses dari terbentuknya sebuah sidik jari dimulai ketika masih janin yaitu saat janin di minggu ke-10 kehamilan. Pola dari sidik jari tersebut terbentuk karena adanya lapisan basal kulit yang tumbuh lebih cepat. Poladari sidik jari juga dipengaruhi oleh DNA dan lingkungan di dalam kandungan, maka dari itu tidak akan ada dua sidik jari yang sama persis di dunia.

Selain itu, Sidik jari bisa membantu kita agar benda yang dipegang tidak mudah jatuh, atau menjaga kita tidak terpeleset ketika berjalan. Sidik jari juga digunakan untuk membantu identifikasi identitas seseorang yang biasa digunakan oleh petugas kepolisian ataupun dinas kependudukan.

Tetapi, tidak semua orang memiliki sidik jari.Kelainan yang tidak memiliki sidik jaridisebut dengan adermatoglyphia, yang terjadi sejak seseorang lahir. Adermatoglyphia merupakan kelainan langka yang terjadi karena adanya mutasi DNA sehingga membuat seseorang tidak memiliki sidik jari di ujung jarinya, baik itu jari tangan mupun jari kaki.Dari uraian di atas dapat disimpulkan,bahwa sidik jari adalah salah satu bagianyang digunakan sebagai pengenal identitas seseorang. Di mana tanda pengenal tersebut adalah tanda yang memiliki pola berbeda pada setiap orang

Baca Juga :   Perbedaan Hewan Diploblastik Dengan Triploblastic

Jika, berbicara mengenai sidik jari, pernahkah Anda memiliki pertanyaan tentang, Apakah hanya manusia saja yang memiliki sidik jari? atau apakah hewan juga memiliki sidik jari?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, akan lebih bila kita langsung saja simak ulasan selengkapnya mengenai Jenis Hewan yang Memiliki Jari Seperti Manusia berikut ini.

Apakah Hewan Memiliki Sidik Jari ?

Menurut dari hasil nemuan yang ada, ternyata ada beberapa jenis hewan yang juga memiliki sidik jari. Hasil penemuan tersebutberhasil diungkapan oleh para ilmuan yang juga sebagai ahli anatomi. Tetapi, walaupun hewan tersebut memiliki sidik jari bukan berarti fungsi dari sidik jari tersebut dapat difungsikan sebagaisalah satu tanda pengenal atau identitas mereka.

Hal tersebut dikarenakan mereka tentunya tidak akan pernah membuat surat atau kartu tanda pengenal seperti yang dilakukan oleh manusia. Tetapi, fungsi dari sidik jari tersebutsering digunakan oleh para ilmuwan sebagai alat untuk membedakan species hewan satu dengan yang lainnya, sehingga lebih mudah untuk dilakukan identifikasi.

Lalu dari uraian di atas hewan Apa Saja Yang Memiliki Sidik jari ?

Secara umum, hewan yang memiliki sidik jari adalah jenis hewan yang hidupnya berada di hutan ataupun di pepohonan. Berikut ini adalah beberapa Jenis Hewan yang Memiliki Sidik Jari Seperti Manusia, simak ulasannya di bawah ini :

1. Koala

Hewan yang pertama adalah si cantik Koala binatang marsupialia dari Australia. Sidik jari koala juga memiliki pola yang mirip dengan sidik jari manusia. Sidik jari koala memiliki posisi unik dibandingkan sidik jari pada hewan lain karena mengalami evolusi yang terpisah. Primata dan binatang berkantong itu terpisah sekitar 70 juta tahun silam, hal tersebut terdapat dalam pohon evolusi kehidupan.

Baca Juga :   4 Sebab Gigitan Serangga Membuat Kulit Memerah Dan Gatal

Dalam perkembangan evolusi binatang berkantong menunjukkan, bahwa hanya koala yang memiliki guratan unik yang terdapat di ujung jarinya.

Selama beberapa abad yang lalu, para ahli anatomi berdebat mengenai fungsi sidik jari pada binatang. Tim anatomi dari Universitas Adelaide, Australia, sebagai penemu sidik jari koala pada tahun 1996, mmberikan sebuah dugaan tentang tekstur di ujung jari koala berfungsi untuk memperkuat renggutan binatang ini ketika meraih dedaunan.

Ketika mencari makanan, koala harus memanjat pohon eukaliptus sampai di cabang-cabang terkecil, kemudian tangannya mulai menjangkau dedaunan, merenggut segenggam dedaunan tersebut, dan setelah itu baru memasukkan ke mulut.

Berdasarkan dari pengamatan perilaku koala, para peneliti menyimpulkan bahwa sidik jari pada koala muncul akibat dari adanya adaptasi dalam proses mengumpulkan makanan. Supaya daundapat menempel dengan erat pada permukaan kulitnya untuk itu dibutuhkan tekstur khusus yang kesat seperti sidik jari. Sidik jari koala menimbulkan tekanan statis.

Terdapat satu hal yang menarik yaitu sidik jari koala memiliki kemiripan dengan sidik jari manusia. Para peneliti menggunakan sebuah mikroskop elektron untuk mengetahuinya, dengan alat itu maka pada lapisan epidermis ujung jari koala, akan terlihat memiliki tonjolan yang mirip seperti sidik jari manusia sehingga menghasilkan jejak jari yang hampir sama pula.

2. Panda

Hewan kedua yang memiliki jari seperti manusia adalah Panda. Hewan yang sering sekali dibuat menjadi boneka ini, ternyata juga memiliki sidik jari. Hewan yang sangat menyukai bambu muda ini, ternyata juga tidak jauh berbeda dari Koala yang memiliki sidik jari. Ukuran serta bentuk dari sidik jariitu sendiri tentunya berbeda dengan

Koala meskipun dari segi tubuhnya mereka tergolong ada kemiripan. Sidik jari yang dimiliki oleh Panda juga bisa digunakan sebagai alat pengenal cara mereka hidup, cara memanjat dan juga sebagai alat untuk menetukan species mereka sehingga bisa mengenal sesamanya dengan lebih mudah.

Baca Juga :   Sistem Pencernaan Serangga : Pengertian, Struktur, Bagian - Bagian dan Fungsinya Lengkap

3. Kuskus

Hewan ketiga yang memiliki sidik jari seperti manusia yaitu Kuskus. Hewan yang tergolong dalam jenis tupai-tupaian ini juga memiliki sidik jari. Tetapi meksipun demikain sidik jari yang dimiliki oleh Kuskus tidak sejelas sidik jari yang dimiliki oleh Panda ataupun Koala

Demikianlah ulasan tentang Jenis Hewan yang Memiliki Sidik Jari Seperti Manusia yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat dan menambahkan wawasan bagi Anda yang sudah membaca. Terima kasih.

Baca juga:

Definisi Fotosintesis ( Fungsi, Proses, Reaksi Dan Faktor )

Mekanisme Pertanian Yang Wajib Diketahui