Jaringan Pengikat Longgar Di Bawah Kulit : Penjelasan Dan Fungsinya

2 min read

Jaringan Pengikat Longgar Di Bawah Kulit : Penjelasan Dan Fungsinya

Jaringan pengikat longgar di bawah kulit : penjelasan dan fungsinya – seperti yang telah kita tau dengan bersama bahwa biologi merupakan pembahasan yang erat sekali dengan keseahatan serta anggota tubuh kita. Semuanya ini mempunyai fungsi berbeda beda, akan tetapi mempunyai hubungan sama dalam menjalankan fungsinya masing-masing dalam tubuh.

Jaringan Pengikat Longgar Di Bawah Kulit

Jaringan ikat bisa digolongkan dalam 6 kelompok khusus yakni jaringan ikat longgar, jaringan ikat padat, jaringan lemak, jaringan tulang rawan, jaringan tulang dan jaringan darah. Namun, pada kesempatan kali ini penulis akan membagi informasi tentang Jaringan pengikat longgar di bawah kulit : penjelasan dan fungsinya.

Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa dalam tubuh kita terdapat banyak jaringan yang pastinya mempunyai fungsi khusus untuk tubuh kita. Salah satu jaringan ini ialah jaringan pengikat longgar dibawah kulit. Nah, apa sahabat semua pernah mendengar jaringan ini? Bila belum maka sebaiknya kalian simak dengan bersama sama ulasan berikut ini :

Adapun yang dimaksud jaringan ikat longgar ialah salah satu bagian jaringan ikan, akan tetapi jaringan satu ini bersidat longgar sama kayak namanya. Adapun jaringan ikat sendiri adalah jaringan yang tak terlihat di permukaan luar tubuh, namun ada dibawah permukaan kulit.

Pada bagian jaringan ikat tersebut ada pembuluh darah kecuali jaringan ikat yang ada di tulang rawan. Banyak sle yang ada di jaringan pengikat longgar tersebut dengan menyebar serta dominan lebih jarang bila dibandingkan sel yang ada di jaringan lainnya.

Baca Juga :   Jaringan Ikat pada Manusia : Pengertian, Fungsi, dan Macam Macamnya Lengkap

Jaringan pengikat longgar tersebut terdiri dari serabut elastin, serabut kolagen dan serabut retikuler. Serabut kolagen tersebut memiliki daya renggang tinggi dan juga elastisitasnya rendah. Seperti yang telah penulis sampaikan diatas tadi bahwa jaringan pengikat longgar tersebut merupakan satu jaringan dari pengikat lemak, jaringan darah, jaringan tulang rawan, jaringan ikat padat dan masih banyak jaringan pengikat lain.

Fungsi Jaringan Pengikat Longgar Bawah Kulit

Berikut ini sejumlah fungsi jaringan pengikat longgar bawah kulit, diantaranya :

  • Menjadi jaringan yang fungsinya menyokong, menghubungka dan mengikat antara satu jaringan dengan jaringan yang lain.
  • Menjadi jaringan yang fungsinya guna mengikat jaringan bawah organ dan jaringan epitel guna melindungi organ dalam tubuh.
  • Menjadi jaringan yang fungsinya guna menyimpan glukosa dalam tubuh.
  • Menjadi jaringan yang fungsinya guna menyimpan air serta mineral air dalam tubuh.
  • Menjadi jaringan yang fungsinya guna menyimpan air serta mineral air dalam tubuh.
  • Menjadi jaringan yang fungsinya guna menyimpan garam sera zat enzim lainnya dalam tubuh.
  • Menjadi jaringan yang fungsinya guna membentuk kesatuan sejumlah jaringan lainnya guna saling melaksanakan masing-masing tubuh manusia.
  • Menjadi jaringan yang fungsinya guna memberi bentuk di sejumlah organ dalam serat menyokong serta menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya.
  • Sesuai namanya, jaringan ikat longgar bawah kulit yang tersusun dari jaringan maupun serat yang longgar. Selain tersebut, jaringan pengikat longgar tersebut terdiri dari berbagai serabut dan bermacam – macam sel.

Fungsi Jaringan Ikat

Pada dasarnya, jaringan ikat mempunyai fungsi diantaranya :

1. Penyokong, pengikat dan pengisi

Jaringan epitel, jaringan saraf dan jaringan otot satu sama lain terhubung oleh jaringan penyambung. Selain itu, jaringan penyambung akan mengisi sejumlah ruang sel-sel. Tendo maupun urat adalah jaringan penyambung yang menyokong maupun menghubungkan antara jaringan otot serta tulang.

Baca Juga :   Perkembangan Manusia Dari Bayi Sampai Dewasa Beserta Gambarnya

2. Pembungkus

Jaringa ikat yang memebungkus jaringan lain, kadang termasuk bentuk selaput maupun kapusl yang mengelilingi organ tubuh. Misalnya seperti ginjal dan kapsula maupun maninges dengan membungkus otak.

3. Penyimpanan

Beragam jenis lipida terpenting menjadi cadangan makanan yang telah disimpan dalam wujud adipose yang kaya akan glikosaminoglikan. Jaringan ikat kendur fungsinya menjadi penyimpanan cadangan air serta elektrolit, khususnya ion Na+. Sepertiga bagian dari protein plasma tubuh akan disimpan di dalam ruang-ruang intraseluler jaringan ikat.

4. Pertahanan

Peranan jaringan penyambung di dalam mempertahankan ini bergantung dengan komponen selulernya. Jaringan penyambung mengandung sejumlah sel fagositik yang bernama makrofag yang dapat memakan sejumlah partikel serta mikroorganisme yang masuk di dalam tubuh.

Sel plasma menghasilkan protein khusus yang bernama antibodi. Antibodi penting guna pertahanan tubuh. Selain tersebut, komponen matriks jaringan penyambung adlaah sebuah rintangan fisik yang menghalangi penyebaran mikroorganisme yang menembus sebuah rintangan epitel. Sejumlah sel limfoosit bis amelintasi kapiler darah caranya dengan diapedisis serta berperan dalam peondaan tubuh.

5. Perbaikan (reparasi)

Kemampuan regenerasi jaringan ikat tinggi yang bisa secara mudah memperbaiki jaringan yang terjadi kerusakan (luka). Luka dalam jaringan yang selnya tak dapat membelah diri lagi akan terisi dengan jaringan ikat kemudian membentuk sebuah parutan.

6. Transportasi

Ada kaitannya erat antara kapiler darah, jaringan ikat dan pembuluh darah. Kedua pembuluh tersebut selalu berhubungan dengan jaringan penyambung yang membantu membawa nutrisi terhadap pembuluh darah menuju ke jaringan yang lain.

7. Nutrisi

Matriks jaringan penyambung yang fungsinya menjadi media yang mana nutrien serta sampah metabolisme dipertukarkan dengan sejumlah sel dan suplai darah dengan kandungan sejumlah zat gizi.

Baca Juga :   8 Jenis Penyakit Kulit Yang Paling Sering Menyerang

Sekian informasinya tentang Jaringan pengikat longgar di bawah kulit : penjelasan dan fungsinya. Jaringan ikat longgar ini bagian dari jaringan ikat akan tetapi jaringan satu ini tak berlonggar sama halnya dengan namanya. Semoga artikel ini dapat membantu serta membawa banyak manfaat untuk kalian semua yang membacanya. Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Terima kasih telah berkunjung serta meluangkan waktu guna membaca artikel kali ini.

Baca juga: