8 Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi Serta Tujuan Imunisasi Lengkap

2 min read

Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi dan Tujuan Pemberian Imunisasi

8 penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi – saat ini banyak sekali jenis penyakit yang sudah merebah kemana-mana. Penyakit menular dapat dicegah dengan menjalani imunisasi di usia – usia khusus. Misalnya seperti campak dan difteri. Nah, lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini mengenai 8 penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi dan Tujuan Pemberian Imunisasi

Untuk anak – anak, imunisasi merupakan hal wajib yang harus mereka jalani. Imunisasi campak dna juga difteri kadang dijalani pada anak usia 6 – 7 tahun. Memasuki bulan imunisasi sekolah ini atau dikenal dengan Bias, dinas kesehatan provinsi jawa tengah telah mengoptimiskan dapat melampaui target lagi.

Seperti pendapt kasi suveilance serta imunisasi dinkes provinsi jateng, yakni subur hadi marhaento, mengemukakan bahwasannya dari kementrian kesehatan mempunyai target 98 persen. Pada tahun 2017 di provinsi jawa tengah akan melampaui target kemenkes yaitu 99,61 persen. Tahun tersebut mereka akan optimis dapat melampaui target lagi.

Nah, lantas apa saja sih penyakit yang menular tersebut dan bagaimana pencegahannya menggunakan imunisasi ini? yuk langsung saja simak dibawah ini.
Masyarakat harus tahu bahwasannya hal ini ada sejumlah jenis penyakit yang bisa disembuhkan melalui imunisasi, diantaranya sebagai berikut :

1. Hepatitis B

Bayi yang masih baru lahir wajib untuk memperoleh hepatitis B. ada 3 kali imunisasi untuk hepatitits ini, yaitu ketika masih bayi dengan usia satu bulan dan juga tiga atau enam bulan. Penularan dari virus tersebut bisa melewati seorang ibu dan bayi, lalu dengan kontak seksual serta dengan menggunakan jarum suntik.

Baca Juga :   5 akibat Kurang Air : Pengertian dan Fungsi Air Minum Bagi Tubuh Terlengkap

2. Difteri

Infeksi yang dikarenakan oleh bakteri ini adalah corynebacterium dan ini dapat dicegah dengan diberikan sebuah vaksin ketika menjalani imunisasi. Di Negara Indonesia bayi pun sudah harus wajib untuk menjalani vaksin tersebut di usianya 2 – 18 bulan dan juga 5 – 6 tahun.
Faktor pemicu yang menjadi kendala dari bakteri difteri tersebut adalah lokasi yang mereka tinggali sebab padatnya penduduk dan juga lingkungan yang kotor, sehingga mereka tida bisa memperoleh baksinasi difteri yang terbaru, sehingga merekan akan mempunyai gangguan dalam sistem imun tubuhnya dan imun menjadi melemah maupun kejadian lainnya.

3. Tetanus

Di Indonesia, vaksin dari tetanus ini sudah menjaid hal yang wajib dilakukan oleh masyarakat. Vaksin tetanus dijalankan untuk DPT ( difteri, tetanus dan pertussis ). Jadi disini nanti ada 4 tahapan ketika memberikan sebuah vaksin tersebut.

4. TBC

Pemberian vaksin tersebut juga masuk dalam kategori yang wajib untuk dijalani masyarakat Indonesia. Penyakit yang disebabkan sebab dari basil basil dari mycobacterium tuberculosis tersebut dapat dicegah dengan cara diberikan sebuah vaksin ketika seseorang tersebut masih dalam kondisi bayi dengan usia 1 – 2 bulan.

5. Campak

Kadang vaksin dari campak ini akan diberikan selama dua kali ketika masih dalam usia anak anak. Penyakit yang menular ini yang dikarenakan oleh sebuah virus tersebut ini di tandai dengan adanya mata yang memerah, lalu mata sensitive pada sebuah cahata, kemudian radang tenggorokan di sertai hidung yang beringus dan adanya demam yang tinggi.

Virus campak bisa saja akan di tularkan kepada penderita ketika mereka sedag batuk maupun bersin. Oleh sebab itu, maka diberikan vaksin MMR tersebut karena sangat pentingnya bagi pencegahan campak oleh anak nanti.

Baca Juga :   Indra Penciuman Pada Manusia : Pengertian, Bagian, Fungsi dan Gangguannya Lengkap

6. Batuk rejan ( pertussis )

Bakteri bordetella pertusiss ialah penyebab dari adanya batuk rejan. Penularan dari penyakity ini yakni melalui udara. Untuk menjalani pencegahan dari penyakit ini bisa melalui sebuah vaksin dengan memberikan kadang bersamaan dengan sebuah vaksin DPT.

7. Polio

Penyakit menular yang dikarenakan oleh sebuah virus polio tersebut dapat dicegah dengan cara memberikan sebuah imunisasi. Penularannya ini dapat melalui kontak bersama dengan penderita, lalu makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Di Indonesia ini vaksin polio akan diberikan selama empat kali.

8. Hemofilus influenza

Penyakit yang ditimbulkan sebab bakteri dari hemofilus influenza ialah meningitis, lalu sinusitis dan juga artrisitis infeksiosa. Untuk pencegahannya sendiri yaitu dengan cara memberikan sebuah vaksin ketika masih anak anak. Penularan pada virus yang ini dapat melalui udara.
Selain jenis diatas tadi masih ada yang lain, seperti tuberculosis.

Tujuan Pemberian Imunisasi Pada Penyakit

Imunisasi bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit khusus bagi seseorang dan bisa menghilangkan penyakit khusus dalam sekelompok masyarakat yang populasinya atau juga baisa menghilangkan penyakit khusus yang ada di dunia.

Misalnya seperti yang sudah disinggung diatas tadi bahwa progam imunisasi ini tujuannya ialah untuk membasmi penyakit yang telah merebak di tengah masyarakat daerah maupun Negara khusus. Tidak hanya itu, kalian pun harus memperoleh imunisasi ulang dalam sewaktu waktu khusus demi untuk menjaga maupun menaikkan sebuah sistem kekebalan dalam tubuh.

Nah, bila jumlah penyakit ini bisa dicegah dengan jalan imunisasi ini maka sistem kekebalan tubuh kalian ini akan bereaksi dalam membentuk antibody. Proses ini mirip dengan reksi tubuh ketika memperoleh adanya bakteri maupun virus. Antibody ini kemudian akan membangun imunitas pada sebuah bakteri atau juga virus yang akan membahayakan itu.Jadi, seperti itu ya sobat penjelasannya mengenai ke 8 penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Baca Juga :   Alat Pernapasan Manusia (Eskternal dan Internal) : Pengertian serta Bagian - Bagiannya Lengkap

Sejumlah penyakit yang menular dapat dicegah dengan jalan imunisasi ketika masih anak-anak. Dengan jalan ini maka sistem kekebalan tubuh kalian bisa membentuk antibody. Mari imunisasikan anak anak kalian sejak balita. Untuk Indonesia sehat.

Baca juga: