Inilah 10 Hewan Langka yang Dilindungi di Indonesia Terlengkap

2 min read

10 Hewan Langka yang Dilindungi di Indonesia

Inilah 10 hewan langka yang dilindungi di Indonesia – Indonesia kaya akan keanekaragaman fauna, tetapi salah satunya merupakan satwa langka/ populasinya terancam punah. Beberapa satwa yang langka/ terancam punah ini paling dilindungi di Indonesia. Hingga memberikan sebuah sanksi serius bagi masyarakat yang masih nekat untuk berburu satwa yang terlindungi tersebut.

Kita yang sebagai warga Negara Indonesia wajib mengetahui beberapa hewan yang sangat dilindungi tersebut. Nah, inilah 10 hewan langka yang dilindungi di Indonesia yang akan dibahas pada artikel kali ini. Yuk, simak lengkapnya dibawah ini! Daftar hewan langka yang sangat dilindungi di Indonesia, diantaranya :

1. Orang Utan

Orang utan mempunyai lengan panjang dengan bulu cokelat kemerahan. Hewan yang sangat dilindungi di Indonesia satu ini hanya dapat ditemui di hutan tropis sumatera dan Kalimantan.
Hewan ini kondisinya sangat memprihatinkan, sehingga sangat dilindungi di Indonesia. Para pemburu hewan ini biasanya menjualnya lalu mengambil dagingnya.

2. Komodo

Komodo merupakan kadal terbesar di dunia yang dipercaya telah hidup sejak zaman dinosaurus. Komodo mempunyai panjang kurang lebih 2-3 meter dan bobotnya 100kg. hewan ini kakinya ada 4 buah serta mulutnya terus mengeluarkan lidah. Hewan ini juga termasuk sebagai hewan langka, jadi harus dilindungi.

3. Badak bercula Satu

Badak jawa atau disebut dengan badak bercula satu ini sangat dilindungi di Indonesia sebab populasinya yang juga sangat memperihatinkan. Di taman nasional bagian ujung kulon, banten badak bercula satu ini jumlahnya hanya menyisakan beberapa ekor saja.
Hal ini disebabkan penyakit dan bencana alam, selain itu disebabkan oleh perburuan liar. Mereka yang memburu hewan ini hanya mengambil culanya, sebab cula ini dapat dijual dengan harga yang fantastis.

Baca Juga :   Daur Hidup Nyamuk, Cara Berkembang, Penyakit dan Cara Mengatasinya Lengkap

4. Harimau

Harimau sumatera masuk dalam kategori merah IUCN sebagai hewan dengan jumlah populasi paling kritis. Untuk membedakan jenis harimau ini dengan lainnya ialah bulunya yang dominan berwarna lebih gelap. Kulitnya berpola hitam dengan ukuran lebar dan jaraknya paling rapat satu sama lainnya.
Namun, mirisnya harimau ini kerap menjadi target para pemburu guna mengambil kulitnya. Kulit harimau dapat digunakan karpet, tas, pakaian, atau hanya sekedar pajangan. Bahkan, sampai taringnya juga dijual dengan harga antara 400rb – 1,5 juta rupiah. Waoowww!!

5. Anoa

Onoa sekilas terlihat seperti kerbau kerdil yang berjumlah < 5.000 ekor saja di Indonesia. Sebagai hewan langka, satwa tersebut memang paling menarik bagi para pemburu. Mereka memanfaatkan tanduk, daging, serta kulitnya guna dijual kembali.

6. Elang Jawa

Predator udara satu ini dianggap menjadi maskot hewan langka di Indonesia. Apabila diperhatikan, penampilan dari elang jawa tersebut mirip dengan burung sebagai lambang Negara kita, yakni garuda.
Pada jaman dulu, hewan endemic ini dijumpai dengan mudah di area huta pegunungan yang ada di jawa. namun, perburuan liar serta perusakan habitat asli membuat burung tersebut terancam punah. Sekarang ini, elang jawa hanya dapat ditemukan di gunung kawi, gunung slamet, taman nasional gunung gedhe, taman nasional ujung kulon dan taman nasional muara betiri.

7. Tarsius

Berikutnya, terdapat hewan yang sangat dilindungi di Indonesia yang menjadi primate dengan ukuran sangat kecil dibanding dengan spesies primate lainnya, yakni tarsius/ singapuar. Tarsius hanya dapat dijumpai di Sulawesi utara. Biasanya hewan ini mengonsumsi serangga, namun mereka dapat pula memangsa ular, kadal, burung dan kelelawar.

Makhluk mungil yang satu ini sangat dilindungi sebab jumlah populasinya terus mengalami kemerosotan pada tiap tahunnya. IUCN menetapkan bahwa hewan ini merupakan hewan yang jumlah populasinya terancam punah dan wajib dilindungi. Namun, belum ad ausaha serius dari pemerintah Indonesia guna membuat sebuahpenangkaran khusus untuk hewan ini.

Baca Juga :   Hormon Tiroksin Pada Hewan : Pengertian, Karakteristik dan Contohnya Lengkap

8. Jalak Bali

Burung kicau yang memiliki penampilan sangat menarik ini terkesan membuat banyak pemburu mengincarnya. Hal inilah yang menjadi alasan bahwa hewan jalak bali sangat dilindungi oleh Indonesia. Perburuan ini membuat angka populasi burung ini semakin merosot.

Berdasarkan dari data terakhir dari PEH bali barat pada tahun 2006, jumlah dari jalak bali ini menyebar di wilayah bagian barat di pulau dewata dengan tersisa 6 ekor saja. Oleh sebab itu, kebun binatang dan jug ataman nasional bali barat berupaya menangkarkan satwa tersebut supaya tidak terjadi kepunahan.

9. Trenggiling

Memng sekilas tampilan trenggiling serupa dengan musang. Hanya ja ahewan tersebut mempunyai kukit keras dan bersisik. Habitat asli trenggilng ada di jawa dan sumatera. Jaman dulu, hewan ini kerap berkeliaran dan dapat dijumpau dengan sangat mudah.
Namun, akhir-akhir ini sudah menjadi sulit ditemukan hingga saat dicari kesarangnya. Konon, para pemburu liar itu menjual daging trenggiling paling laku di psar impor, khususnya di cina. 1 kg dagingnya mencapai harga 600-1jt rupiah.

10. Babirusa

Berbeda halnya dengan baburusa/ babi ternak. Babirusa ini mempunyai tampilan lebih “sangar” daripada jenis babi lainnya. Hewan ini mempunyai ciri khas taring mencuat keatas, sehingga banyak diburu oleh manusia sebab menjadi hewan pengganggu. Selain itu, mereka mengambil dagingnya untuk dimakan.

Inilah 10 hewan langka yang dilindungi di Indonesia. Sebagian besanya ialah hewan yang populasinya tak banya serta terancam punah. Jadi, alangkah baiknya bila kita turut berpartisipasi guna menjaga kelestarian fauna-fauna itu supaya generasi kita nanti tetap bisa melihat wujud nyatanya. Terimakasih selamat belajar!

Baca juga:

Baca Juga :   Sistem Peredaran Darah Pada Hewan Beserta Gambarnya